5 Tempat Wisata Terbaik Medan untuk Keluarga dan Anak

Keberagaman yang nyata di kota ini membuat Medan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Terbaik Medan – Medan, ibukota Sumatera Utara, adalah kota multi etnis. Keberagaman yang nyata di kota ini membuat Medan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berbicara tentang wisata di Sumatera Utara,yang terlintas adalah Danau Toba. Padahal, masih banyak objek wisata yang layak dikunjungi di kota yang terkenal dengan kue Bika Ambon tersebut.

Berikut ini 5 tempat wisata terbaik untuk anak dan keluarga selama berada di Medan.

1
Istana Maimun

Bangunan ini adalah salah satu simbol kota Medan. Istana Maimun bahkan dijuluki salah satu istana terindah di dunia. Sahabat Silir bisa melihat perpaduan arsitektur Melayu, Eropa, India, dan Islam.

Warna kuning yang dominan menunjukkan unsur budaya Melayu. Sementara itu lampu, kursi, meja dan interior istana ini mencerminkan corak Eropa. Bagian atapnya menggambarkan desain khas Timur Tengah.

Sahabat Silir bisa melihat berbagai benda peninggalan di Istana Maimun yang masih dalam kondisi baik. Salah satu yang menarik perhatian adalah Meriam Puntung yang menurut kisah adalah jelmaan dari Putri Mambang Khayali dari Kerajaan Deli Tua.

2
Air Terjun Dua Warna Sibholangit

Wisata alam ini bisa dicapai sekitar dua jam dari Medan dengan motor atau mobil. Apabila Sahabat Silir ingin melepas kepenatan dengan menikmati keindahan alam,air terjun ini bisa menjadi pilihan.

Air terjun ini mempunyai dua warna,putih keabuan dan biru, yang berasal dari kandungan fosfor dan belerang. Keunikannya adalah air yang berwarna biru terasa lebih dingin dari yang putih abu-abu.

3
Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie adalah perantau asal China yang sukses menjadi pengusaha di berbagai sektor pada masa 1800an. Rumahnya yang berada di Jl. Ahmad Yani ini menggambarkan perpaduan budaya di kota Medan. Sahabat Silir bisa melihat sentuhan China, Melayu dan Eropa di rumah megah ini.

Tiket masuknya memang agak mahal dibanding dengan tur museum biasa (orang dewasa Rp 35,000 sementara pelajar Rp20,000). Namun,harga itu setara dengan apa yang bisa didapat.

BACA JUGA: 5 Tempat Nongkrong di Medan yang Cocok Dijadikan Lokasi Bersantai saat Liburan

Ada nuansa tersendiri jika memasuki rumah ini. Sahabat Silir bisa merasakan kehidupan sang saudagar di masa lampau. Sekalipun mempunyai harta berlimpah, Tjong A Fie tidak lupa akan mereka yang membutuhkan serta mengajarkan pada anak turunannya untuk membantu anak yatim dan kaum miskin.

Dia juga turut menyumbang pembangunan masjid, serta rumah ibadah lainnya di SumateraUtara. Hebat bukan?!

4
Kampung Keling

Ingin merasakan hal-hal berbau India? Coba deh ke Kampung Keling. Salah satu etnis yang tinggal di Medan adalah etnis India yang hidup damai berdampingan dengan etnis lainnya.

Ada bangunan yang menarik perhatian yaitu Kuil Shri Mariamman yang dibangun pada1884 yang merupakan kuil tertua di Medan. Sahabat Silir bisa melihat patung-patung dewa India di dalamnya.

Ingin merasakan kuliner India yang kaya rempah juga bisa disini. Atau mau menari-nari bak film Bollywood? Tidak masalah. Seru deh pokoknya.

5
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin menambah pengetahuan tentang satwa-satwa yang ada di dunia. Ada sekitar lebih dari 2,000 satwa buruan yang diawetkan di tempat ini.

Mau lihat binatang-binatang malam? Ada. Khas Indonesia?

Jelas ada. Kita bisa belajar betapa beragamanya satwa di dunia ini sekaligus mengagumi ciptaanNya. Pastinya Sahabat Silir akan melihat juga binatang-binatang yang terdengar asing yang wujudnya tidak pernah dilihat sebelumnya.(YR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru