5 Tempat Wisata Terbaik Untuk Keluarga di Semarang

Semarang, ibu kota Jawa Tengah, menjadi salah satu kota yang kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Dari wisata alam hingga sejarah dan budaya, tampaknya banyak yang bisa dijelajahi di kota Lumpia ini.

Apabila Sahabat Silir mengajak sang buah hati, Semarang juga mempunyai tujuan wisata edukasi yang layak dikunjungi. Berikut lima rekomendasi tempat wisata terbaik untuk keluarga selama berlibur di Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah itu.

Tempat Wisata Semarang
Tempat Wisata Semarang

5 Tempat Wisata Terbaik Untuk Keluarga di Semarang

1
Lawang Sewu

Sahabat Silir tentu tidak asing dengan nama ini bukan?! Gedung kuno yang banyak disebut menyimpan keangkeran ini dalan bahasa Indonesia artinya seribu pintu (Bahasa Jawa lawang=pintu sewu=seribu). Namun, nyatanya jumlah lubang pintu yang ada hanya 429 dan daun pintu 1,200.

Gedung ini dulunya adalah kantor NIS yaitu perusahaan jawatan kereta api Belanda. Namun di masa penjajahan Jepang, gedung ini berubah menjadi tempat penyiksaan para pejuang. Riwayat kelam itu konon membuat kerap kali membuat wisatawan mendengar suara jeritan, teriakan dan bau anyir darah! Hii, seram bukan?!

2
Kota Lama

Berlibur dimanapun Kawasan Kota Lama selalu menarik perhatian karena disinilah sejarah kota tersebut berasal. Kota Lama Semarang sering dikenal dengan sebutan  Little Netherlands karena gedung-gedung yang ada dibangun sejak jaman penjajahan  Hindia Belanda.

Seiring jalannya waktu, kawasan ini terpusat untuk daerah Sungai Mberok hingga Terboyo. Nah, di kawasan Kota Lama ini banyak bangunan sejarah yang pas untuk foto-foto lho Sahabat Silir!

BACA JUGA: Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Populer di Semarang

Sebut saja Gereja Blenduk, Masjid Menara, Masjid Agung yang sudah berdiri ratusan tahun dan pabrik rokok Praoe Lajar. Wah, kok baru dengar ya? Ya, pabrik rokok ini nyatanya sudah ada sejak jaman Hindia Belanda. Namun, kepopulerannya memang kalah dari nama merek kretek yang biasa kita dengar karena pemasarannya terbatas.

Bagi yang suka wisata kuliner, pilihan restoran di kawasan ini juga menarik. Dari Ikan Bakar Cianjur (IBC)  hingga Nasi Goreng Babat Pak Karmin serta Tekodeko bagi penggemar kopi, dan masih banyak lagi.

3
Klenteng Sam Poo Kong

Tak lengkap ke Semarang tanpa berkunjung ke tempat ikonis ini. Klenteng ini disebut juga dengan Klenteng Gedung Batu berlokasi di Bukit Simongan. Tidak hanya ada satu klenteng lho, melainkan empat; Klenteng Klenteng Sam Poo Tay Djien (yang terbesar), Klenteng Kyai Jangkar, Dewa Bumi, dan Klenteng Juru Mudi.

Di sini kita bisa melihat jejak penjelajah Muslim asal China yang namanya tak asing lagi; Laksamana Cheng Ho. Kawasan ini awalnya tempat berteduhnya kapal Cheng Ho karena juru mudi kapalnya yang bernama Ong Keng Hong sakit keras.

Setelah Ong Keng Hong sembuh, dia dan para awak kapal lainnya turut menyebarkan agama Islam dan menceritakan kisah Cheng Ho yang gagah berani.

Klenteng ini kini menjadi tempat ibadah penganut Buddhaisme, Konfusianisme,dan Taoisme. Namun, para penganut Islam Kejawan juga kerap menyambangi tempat ini untuk ke makan Ong Keng Hong.

4
Museum Kereta Ambarawa

Ingin merasakan naik kereta jaman penjajahan Belanda? Musium ini bisa menjadi pilihan karena dulu tempat ini adalah tempat singgah tentara yang datang dari Belanda ke Semarang.

Jika Sahabat Silir ingin berjalan-jalan menikmati keindahan Rawa Pening serta gunung Merbabu dari Ambarawa, bisa dengan kereta uap ini (yang sudah dimodifikasi).

5
Old Town 3D Art Trick Museum

Tempat ini cocok bagi anak muda yang suka seni fotografi plus berswafoto (selfie) ria. Museum ini memang lebih cocok disebut spot selfie karena banyak tempat yang cocok banget untuk foto-foto. (YR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru