5 Tips Aman Bagi Wanita Saat Melakukan Perjalanan Sendiri

Bagi para wanita, bepergian sendirian dirasa cukup rawan mengingat banyaknya tindak kriminalitas yang banyak melibatkan kaum hawa sebagai korban.

Sibuk Liburan – Traveling adalah salah kegiatan yang terkadang perlu dilakukan setelah berkutat dengan padatnya rutinitas sehari-hari. Namun begitu traveling memerlukan persiapan yang tak sedikit terutama dalam menyediakan waktu luang.

Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk bepergian sendiri. Bagi para wanita, bepergian sendirian dirasa cukup rawan mengingat banyaknya tindak kriminalitas yang banyak melibatkan kaum hawa sebagai korban.

Akan tetapi, tak sepatutnya hal tersebut malah membuat seorang wanita tak bisa menjadi seorang traveler mandiri. Maka dari itu, simak lima tips aman bepergian sendiri bagi para wanita:

5 Tips Aman Bagi Wanita Saat Melakukan Perjalanan Sendiri

Selalu Bawa Semprotan Cabe

Semprotan cabe adalah salah satu senjata pelindung yang mudah dibawa kemanapun. Oleh karena itu, sebaiknya bawa selalu benda yang satu ini untuk berjaga-jaga. Semprotan rambut juga bisa menjadi alternatif senjata dadakan yang bisa digunakan sebagai pengganti semprotan cabe.

Jaga Kondisi Baterai Ponsel selalu Penuh

Dalam keadaan terdesak, ponsel bisa menjadi alat komunikasi utama untuk meminta bantuan. Sering kali ditemui kondisi baterai melemah dalam keadaan yang sedang dibutuhkan.

BACA JUGA: 5 Tips Belanja dari Luar Negeri Agar Bebas Bea Cukai

Oleh karena itu, jaga daya ponsel agar tetap penuh minimal 60%. Hindari menggunakan ponsel untuk keperluan diluar komunikasi penting, seperti berfoto atau membuka sosial media. Disarankan menggunakan kamera terpisah, jika dirasa akan banyak melakukan kegiatan berfoto dan merekam.

Jangan lupa untuk menaruh daftar nomor penting menggunakan akses cepat melalui ponsel agar bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

Hindari Negara Tujuan yang Tidak Ramah Turis Perempuan

Sebelum berlibur, sebaiknya cari info kondisi yang terkait dengan negara yang akan dituju. Terdapat beberapa negara atau kota tertentu yang memang tidak aman jika seorang wanita berjalan sendirian.

Apabila memang memaksa untuk mengunjungi negara atau kota dengan kondisi tersebut, maka sedapat mungkin hindari melakukan perjalanan dengan transportasi umum pada malam hari. Bila menaiki transportasi massal seperti bus, carilah posisi yang dekat dengan pintu dan jangan sampai dalam posisi terjebak di dalamnya.

Hindari juga memasuki jalan-jalan sempit seperti gang atau celah kecil diantara dua bangunan meski pada siang hari.

Memakai Pakaian yang Aman dan Nyaman

Saat melakukan perjalanan sendirian, sebaiknya gunakan busana yang aman dan nyaman. Hindari menggunakan pakaian dan perhiasan yang mencolok. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Gunakan alas kaki semacam flat shoes, sepatu sket atau sneakers yang cukup nyaman digunakan untuk berlari.

Pilihlah Kriteria Tempat Penginapan yang Baik

Memilih kriteria tempat penginapan menjadi hal yang paling utama untuk dilakukan. Apabila menginap di penginapan dengan harga ekonomis seperti jenis kost, usahakan mencari yang menyediakan khusus untuk wanita.

BACA JUGA: Cara Mudah Packing Baju Saat Traveling

Selain itu, pilih juga penginapan dengan lokasi strategis yang dekat dengan jalan raya, mini market, tempat makan dan beberapa tempat kebutuhan lainnya. Hal ini akan meminimalisir kegiatan yang memerlukan perjalanan jauh agar tidak terlalu lama berada di luar.

[td_smart_list_end]

5 Tips Aman Bagi Wanita Saat Melakukan Perjalanan Sendiri

Penting untuk melakukan persiapan perjalanan dan mencari informasi tentang lokasi yang akan dituju. Jangan lupa, setiap kali akan menaiki transportasi umum seperti taksi, catat terlebih dahulu nomor plat dan nama pengemudinya lalu infokan hal tersebut pada orang terpercaya.

Perkaya pengetahuan bela diri yang bisa dilakukan dalam keadaan terdesak. Liburan tentunya akan terasa lebih menyenangkan jika perjalanan dapat dilalui dengan rasa aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Makin Mutakhir! Tekan Satu Tombol, Pesawat Mendarat

Pesawat masih menjadi moda transportasi unggulan cepat untuk jarak jauh. Meski harga tiket lebih mahal dibandingkan dengan alat transportasi lainnya, tetapi pesawat...

5 Kota di Dunia yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Solo Traveler

Menjadi solo traveler tentu saja memiliki kelebihannya sendiri. Salah satunya adalah Sahabat Silir bisa dengan bebas merencanakan segala sesuatunya sendirian. Namun...

Recommended! Ini 5 Tempat Berbelanja Oleh-oleh di Harbin

‘Bagaikan taman tak berbunga, bagai sayur kurang garam’, ya begitulah jika jalan-jalan alias pikni tanpa membeli oleh-oleh. Selain sebagai buah tangan untuk...

Cara Mudah Packing Baju Saat Traveling

Siapa yang tak suka liburan? Ya, traveling merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan. Bukan saja mampu merefresh pikiran, piknik juga bisa menjadi sarana...

5 Daftar Destinasi Wisata Ramah Muslim di Taiwan

Sibuk Liburan - Bagi wisatawan Muslim, berpiknik ke suatu daerah, terutama ke luar negeri yang Muslimnya minoritas acap kali menjadi kerisauan tersendiri....

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!