6 Kebiasaan Buruk yang Perlu dihindari Saat ke Jepang

Di Jepang, ada beberapa aturan di tempat umum yang perlu ditaati oleh semua orang, tak terkecuali turis asing.

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Kiranya peribahasa tersebut harus selalu diingat bagi mereka yang suka melancong ke berbagai tempat asing.

Demikian pula halnya negeri Jepang, ada beberapa aturan di tempat umum yang perlu ditaati oleh semua orang, tak terkecuali turis asing.

Oleh karenanya, ketahuilah untuk tidak melakukan hal-hal berikut ini:

5 Kebiasaan Buruk yang Perlu dihindari Saat ke Jepang

Festival Musim Semi di Jepang
Festival Musim Semi di Jepang

1
Menyeberang Tanpa Zebra Cross

Tentunya di Indonesia peraturan yang satu ini juga berlaku. Namun begitu, saat jalanan sedang sepi, tak jarang banyak orang yang kerap melanggarnya.

BACA JUGA: 5 Alasan Musim Gugur Adalah Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang

Apabila Anda tidak mau terkena teguran orang setempat, upayakan untuk tetap menyeberang melewati zebra cross meskipun saat itu kondisi jalan sedang bebas kendaraan.

2
Memberi Tip

Pada beberapa negara memberi tip setelah mendapat pertolongan dari orang lain adalah hal yang biasa. Namun tidak dengan halnya di Jepang, kebiasaan ini bisa dianggap sangat menyinggung orang yang akan diberi.

3
Makan Sambil Jalan

Saat membeli makan di tempat ramai atau pinggir jalan, tak jarang orang tak sabar untuk segera menyantapnya sembari berjalan.

Di Jepang, kebiasaan seperti ini perlu dihindari karena dikhawatirkan beresiko menumpahkan makanan ke baju orang lain. Maka dari itu, usahakan mencari tempat duduk terlebih dahulu sebelum mulai bersantap.

4
Merokok Sambil Jalan

Masyarakat Jepang memiliki kesadaran kesehatan yang sangat tinggi akan bahaya asap rokok. Merokok sambil berjalan dikhawatirkan dapat mengganggu mereka yang tak merokok, terutama anak-anak kecil.

Apabila sangat ingin merokok, ada banyak smoking area di tempat umum yang bisa dimasuki para perokok.

5
Telepon di Transportasi Umum

Sahabat Silir mungkin kerap menemukan banyak orang di Indonesia yang bertelepon di dalam transportasi umum. Atau mungkin Sahabat Silir juga pernah melakukannya?

Apabila demikian, sebaiknya tahan dulu  kebiasaan ini saat sedang berkunjung ke Negeri Sakura. Sebab kebiasaan ini dianggap dapat menyebabkan kebisingan yang menggangu kenyamanan penumpang lainnya.

6
Membuang Sampah di Tempat yang Tak Sesuai

Membuang sampah pada tempatnya merupakan aturan umum yang pastinya wajib untuk ditaati. Namun begitu, di Jepang biasanya akan sedikit sulit menemukan tong sampah di tempat-tempat umum.

BACA JUGA: Nara Deer Park, Destinasi Wisata Jepang yang Ramah Anak

Sahabat Silir mungkin tak sabar ingin segera membuang bungkusan makanan. Apabila tidak menemukan sama sekali, alangkah baiknya untuk terus menyimpannya hingga menemukan tong sampah.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah memasukan sampah pada kategori yang tepat. Sistem pembuangan sampah di Jepang dibagi menjadi beberapa kategori, dimulai dari sampah yang bisa dibakar, tak bisa dibakar, yang bisa didaur ulang, dan sampah berukuran besar.

Demikianlah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari saat berada di Jepang. Ada baiknya untuk tetap menaati hal-hal tersebut agar tidak berdampak menciptakan stereotip buruk terhadap orang-orang dari negeri kita sendiri. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru