6 Kebiasaan Buruk yang Perlu dihindari Saat ke Jepang

Di Jepang, ada beberapa aturan di tempat umum yang perlu ditaati oleh semua orang, tak terkecuali turis asing.

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Kiranya peribahasa tersebut harus selalu diingat bagi mereka yang suka melancong ke berbagai tempat asing.

Demikian pula halnya negeri Jepang, ada beberapa aturan di tempat umum yang perlu ditaati oleh semua orang, tak terkecuali turis asing.

Oleh karenanya, ketahuilah untuk tidak melakukan hal-hal berikut ini:

5 Kebiasaan Buruk yang Perlu dihindari Saat ke Jepang

Festival Musim Semi di Jepang
Festival Musim Semi di Jepang

1
Menyeberang Tanpa Zebra Cross

Tentunya di Indonesia peraturan yang satu ini juga berlaku. Namun begitu, saat jalanan sedang sepi, tak jarang banyak orang yang kerap melanggarnya.

BACA JUGA: 5 Alasan Musim Gugur Adalah Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang

Apabila Anda tidak mau terkena teguran orang setempat, upayakan untuk tetap menyeberang melewati zebra cross meskipun saat itu kondisi jalan sedang bebas kendaraan.

2
Memberi Tip

Pada beberapa negara memberi tip setelah mendapat pertolongan dari orang lain adalah hal yang biasa. Namun tidak dengan halnya di Jepang, kebiasaan ini bisa dianggap sangat menyinggung orang yang akan diberi.

3
Makan Sambil Jalan

Saat membeli makan di tempat ramai atau pinggir jalan, tak jarang orang tak sabar untuk segera menyantapnya sembari berjalan.

Di Jepang, kebiasaan seperti ini perlu dihindari karena dikhawatirkan beresiko menumpahkan makanan ke baju orang lain. Maka dari itu, usahakan mencari tempat duduk terlebih dahulu sebelum mulai bersantap.

4
Merokok Sambil Jalan

Masyarakat Jepang memiliki kesadaran kesehatan yang sangat tinggi akan bahaya asap rokok. Merokok sambil berjalan dikhawatirkan dapat mengganggu mereka yang tak merokok, terutama anak-anak kecil.

Apabila sangat ingin merokok, ada banyak smoking area di tempat umum yang bisa dimasuki para perokok.

5
Telepon di Transportasi Umum

Sahabat Silir mungkin kerap menemukan banyak orang di Indonesia yang bertelepon di dalam transportasi umum. Atau mungkin Sahabat Silir juga pernah melakukannya?

Apabila demikian, sebaiknya tahan dulu  kebiasaan ini saat sedang berkunjung ke Negeri Sakura. Sebab kebiasaan ini dianggap dapat menyebabkan kebisingan yang menggangu kenyamanan penumpang lainnya.

6
Membuang Sampah di Tempat yang Tak Sesuai

Membuang sampah pada tempatnya merupakan aturan umum yang pastinya wajib untuk ditaati. Namun begitu, di Jepang biasanya akan sedikit sulit menemukan tong sampah di tempat-tempat umum.

BACA JUGA: Nara Deer Park, Destinasi Wisata Jepang yang Ramah Anak

Sahabat Silir mungkin tak sabar ingin segera membuang bungkusan makanan. Apabila tidak menemukan sama sekali, alangkah baiknya untuk terus menyimpannya hingga menemukan tong sampah.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah memasukan sampah pada kategori yang tepat. Sistem pembuangan sampah di Jepang dibagi menjadi beberapa kategori, dimulai dari sampah yang bisa dibakar, tak bisa dibakar, yang bisa didaur ulang, dan sampah berukuran besar.

Demikianlah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari saat berada di Jepang. Ada baiknya untuk tetap menaati hal-hal tersebut agar tidak berdampak menciptakan stereotip buruk terhadap orang-orang dari negeri kita sendiri. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Daftar 5 Tempat Menarik di Uzbektistan yang Menarik untuk Dikunjungi

Sibuk Liburan - Wisata menantang dan berbeda tak melulu tentang menaklukkan puncak gunung, menyelami palung laut nan dalam atau menyusuri sungai-sungai diantara...

Pernah ke China, 80 Turis Ditolak Masuk Bali

Virus Corona masih belum menunjukan tanda akan mereda. Sebaliknya, penyebarannya yang kian massif membuat banyak negara melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi virus...

5 Cara Memaksimalkan Fungsi Smartphone Saat Berlibur

Sibuk Liburan - Pada zaman modern ini, acara berlibur menjadi begitu lebih mudah dan menyenangkan karena sejumlah fasilitas dan perlengkapan pendukung yang dibuat semakin...

Gelaran Event FPPK 2019 Kota Ende Bangkitkan Semangat Nasionalisme

Sibuk Liburan - Sayup-sayup penyelenggaraan Festival Parade Pesona Kebangsaan (FPPK) akan segera digelar pada 29 Mei hingga 1 Juni 2019 mendatang di...

Begini Asal Muasal Tradisi Angpao Saat Imlek

Hari Raya Imlek alias Tahun Baru China telah tiba! Tahun Baru China identik dengan tradisi kumpul keluarga, makan kue keranjang dan satu...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!