6 Kuliner yang Wajib Dicoba Selama Berada di Shanghai

Shanghai bisa berbangga sebagai kota di China dengan kuliner terbaik. Makanan di salah satu kota kosmopolitan ini memang unik karena dipengaruhi oleh kota-kota di sekitarnya.

Shanghai bisa berbangga sebagai kota di China dengan kuliner terbaik. Makanan di salah satu kota kosmopolitan ini memang unik karena dipengaruhi oleh kota-kota di sekitarnya.

Pengaruh makanan Shanghai berasal dari Hangzhou untuk ikan mas, Shaoxing untuk anggur beras hangat dan Zhejiang untuk cuka. Selain itu, makanan Shanghai umumnya lebih manis dibanding makanan China lainnya.

BACA JUGA: 5 Daya Tarik Shanghai Disneyland yang Membuatnya Wajib Dikunjungi

6 Kuliner yang Wajib Dicoba Selama Berada di Shanghai

Beragam makanan khas,dari yang biasa sampai yang ekstrim, semua ada disini. Apa saja yang bisa dicoba selama berada di Shanghai?

1
Ayam Pengemis (Beggar’s Chicken)

Ayam Pengemis

Namanya kok unik ya?

Makanan ini berasal dari Hangzhou. Dinamakan ayam pengemis karena awalnya seorang pengemislah yang memasak ayam ini.

Dikisahkan, seorang pengemis ingin memasak ayam curian, tetapi tidak punya kuali. Akhirnya, dia menggunakan daun teratai dan dibungkus dengan tanah kemudian dimasak dengan cara dibakar. Namun, cara masak yang unik ini membuat ayamnya begitu lembut dan aromanya sangat menggoda.

Ternyata, seorang pemilik restauran tertarik dengan makanan ini dan akhirnya merekrut sang pengemis untuk menjadi juru masak di tempatnya. 

Proses memasak ayam pengemis ini memang agak lama, sekitar enam jam. Di sejumlah restauran, penyajiannya adalah  ayam ditaruh di kuali tanah liat berbentuk ayam yang harus dipecahkan dulu dan kemudian lapisan aluminium foilnya dibuka. Penasaran? Jangan lupa foto dulu kuali ayamnya sebelum makan ayamnya ya!

2
Kepiting Kukus

Kepiting Kukus

Bagi yang suka makanan laut, kepiting kukus ini bisa jadi pilihan. Umumnya makanan ini dikonsumsi menjelang musim dingin dan disajikan dengan cuka. Kepiting diikat dengan tali dikukus dan disajikan di tempat bambu. Rasanya? Wah,lezat!

3
Ikan Asap Iris

Ikan Asap Iris

Ikan mas iris ini cocok bagi penggemar makanan berbumbu. Ikan yang masih segar direndam dan dibumbui seperti ikan asap. Namanya Shanghai Shun Yu. Rasanya renyah diluar dan lembut di dalam karena dimasak dengan sempurna.

4
Cemilan

Shanghai Food

Wah, Shanghai ini surganya lho! Kota ini mempunyai lebih dari 1,800 tempat yang menjual beragam cemilan. Dari yang manis hingga yang asin semua ada. Mau roti span (mantou) dengan isian sayur atau daging? Bola-bola ketan? Semua ada!

5
Sup Darah Ayam dan Bebek

Sup Darah Ayam

Terkesan menyeramkan sekaligus menjijikkan ya? Namun,darah ayam dan bebek diyakini mampu menyehatkan tubuh.

Tekstur darah terasa seperti tahu dan kaldunya menggunakan daun bawang seperti layaknya sup. Rasanya justru tidak semengerikan yang dibayangkan karena tidak ada rasa seperti darah sama sekali.

BACA JUGA: Menjelajah Keunikan Berbeda dari Taman Hiburan Disneyland Shanghai

Sup disajikan dengan sedikit mieuntuk menyerap darah dan kaldu dari ayam/bebek. Makanan ini berasal dari Nanjing, tetapi Shanghai juga punya.

6
Lebah Madu Goreng

Fried Honey Bee

Makanan anti-mainstream yang layak dicoba (bagi penggemar kuliner ekstrim). Cara buatnya hanya digoreng dan dbumbui garam dan lada saja. Namun,rasanya gurih.

Nah, bagaimana Sahabat Silir? Tertarik ke Shanghai?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Ragam Wisata Sejarah di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Menyandang predikat sebagai Daerah Istimewa, Yogyakarta nyatanya memang istimewa di hati banyak orang. Tak hanya di negeri sendiri, ketenaran daerah yang lebih...

Takut Naik Pesawat? Lakukan Lima Hal Berikut Untuk Mengatasinya

Sibuk Liburan - Meskipun moda transportasi pesawat begitu umum digunakan pada zaman sekarang, sayangnya masih ada beberapa orang yang takut menaiki burung besi ini....

Taman Nasional Way Kambas, Rumah Perlindungan Berbagai Flora dan Fauna

Sibuk Liburan - Sebelum melirik berbagai lokasi wisata yang ada di luar negeri, ada baiknya Sahabat Silir menengok beberapa lokasi dalam negeri...

Menikmati Keindahan Kota Brussel Sambil Berburu Coklat

Apa yang terbayang di benak Anda ketika nama Belgia disebut? Petualangan Tintin, waffle, atau mungkin kudapan coklat? Menariknya Belgia adalah negara dengan konsumsi coklat terbesar...

Simak 5 Point Penting Untuk Menyusun Itinerary Perjalanan

Sibuk Liburan - Sebagai seorang traveler, Sahabat Silir pastinya tak asing dengan istilah itinerary. Perencanaan model tersebut boleh dibilang sangat penting terutama...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!