6 Kuliner yang Wajib Dicoba Selama Berada di Shanghai

Shanghai bisa berbangga sebagai kota di China dengan kuliner terbaik. Makanan di salah satu kota kosmopolitan ini memang unik karena dipengaruhi oleh kota-kota di sekitarnya.

Shanghai bisa berbangga sebagai kota di China dengan kuliner terbaik. Makanan di salah satu kota kosmopolitan ini memang unik karena dipengaruhi oleh kota-kota di sekitarnya.

Pengaruh makanan Shanghai berasal dari Hangzhou untuk ikan mas, Shaoxing untuk anggur beras hangat dan Zhejiang untuk cuka. Selain itu, makanan Shanghai umumnya lebih manis dibanding makanan China lainnya.

BACA JUGA: 5 Daya Tarik Shanghai Disneyland yang Membuatnya Wajib Dikunjungi

6 Kuliner yang Wajib Dicoba Selama Berada di Shanghai

Beragam makanan khas,dari yang biasa sampai yang ekstrim, semua ada disini. Apa saja yang bisa dicoba selama berada di Shanghai?

1
Ayam Pengemis (Beggar’s Chicken)

Ayam Pengemis

Namanya kok unik ya?

Makanan ini berasal dari Hangzhou. Dinamakan ayam pengemis karena awalnya seorang pengemislah yang memasak ayam ini.

Dikisahkan, seorang pengemis ingin memasak ayam curian, tetapi tidak punya kuali. Akhirnya, dia menggunakan daun teratai dan dibungkus dengan tanah kemudian dimasak dengan cara dibakar. Namun, cara masak yang unik ini membuat ayamnya begitu lembut dan aromanya sangat menggoda.

Ternyata, seorang pemilik restauran tertarik dengan makanan ini dan akhirnya merekrut sang pengemis untuk menjadi juru masak di tempatnya. 

Proses memasak ayam pengemis ini memang agak lama, sekitar enam jam. Di sejumlah restauran, penyajiannya adalah  ayam ditaruh di kuali tanah liat berbentuk ayam yang harus dipecahkan dulu dan kemudian lapisan aluminium foilnya dibuka. Penasaran? Jangan lupa foto dulu kuali ayamnya sebelum makan ayamnya ya!

2
Kepiting Kukus

Kepiting Kukus

Bagi yang suka makanan laut, kepiting kukus ini bisa jadi pilihan. Umumnya makanan ini dikonsumsi menjelang musim dingin dan disajikan dengan cuka. Kepiting diikat dengan tali dikukus dan disajikan di tempat bambu. Rasanya? Wah,lezat!

3
Ikan Asap Iris

Ikan Asap Iris

Ikan mas iris ini cocok bagi penggemar makanan berbumbu. Ikan yang masih segar direndam dan dibumbui seperti ikan asap. Namanya Shanghai Shun Yu. Rasanya renyah diluar dan lembut di dalam karena dimasak dengan sempurna.

4
Cemilan

Shanghai Food

Wah, Shanghai ini surganya lho! Kota ini mempunyai lebih dari 1,800 tempat yang menjual beragam cemilan. Dari yang manis hingga yang asin semua ada. Mau roti span (mantou) dengan isian sayur atau daging? Bola-bola ketan? Semua ada!

5
Sup Darah Ayam dan Bebek

Sup Darah Ayam

Terkesan menyeramkan sekaligus menjijikkan ya? Namun,darah ayam dan bebek diyakini mampu menyehatkan tubuh.

Tekstur darah terasa seperti tahu dan kaldunya menggunakan daun bawang seperti layaknya sup. Rasanya justru tidak semengerikan yang dibayangkan karena tidak ada rasa seperti darah sama sekali.

BACA JUGA: Menjelajah Keunikan Berbeda dari Taman Hiburan Disneyland Shanghai

Sup disajikan dengan sedikit mieuntuk menyerap darah dan kaldu dari ayam/bebek. Makanan ini berasal dari Nanjing, tetapi Shanghai juga punya.

6
Lebah Madu Goreng

Fried Honey Bee

Makanan anti-mainstream yang layak dicoba (bagi penggemar kuliner ekstrim). Cara buatnya hanya digoreng dan dbumbui garam dan lada saja. Namun,rasanya gurih.

Nah, bagaimana Sahabat Silir? Tertarik ke Shanghai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru