6 Tips Agar Anak Tak Bosan di Pesawat

Paling mati gaya adalah jika anak-anak merasa jenuh. Kok tidak sampai-sampai? Lalu bagaimana caranya agar si kecil agar tidak bosan di pesawat?

Berlibur naik pesawat memang seru sekaligus menyenangkan. Menanti detik-detik pesawat naik, disuguhi makanan enak dan menunggu saat pesawat mendarat menjadi hal yang dinanti.

Namun, jika perjalanan berlangsung lama, perjalanan dengan pesawat bisa jadi membosankan. Perjalanan ke negara-negara Eropa yang butuh waktu sekitar 10-12 jam, atau ke negara Amerika yang nyaris 24 jam membuat kita terasa jenuh plus lelah.

Paling mati gaya adalah jika anak-anak merasa jenuh. Kok tidak sampai-sampai? Lalu bagaimana caranya agar si kecil agar tidak bosan di pesawat?

Mitos Pesawat Terbang
Mitos Pesawat Terbang

1
Pelajari maskapai yang dipilih

Ini prioritas utama. Pastikan Sahabat Silir memilih maskapai penerbangan yang ramah anak. Tanyakan, bagaimana jika saya membawa anak? Hiburan apa yang bisa menjaga mood anak agar tak merasa jenuh berada di pesawat selama berjam-jam (jika perjalanan jauh)?

Biasanya, maskapai ramah anak terdapat paket mainan gratis yang berisi mainan edukatif yang bisa mengalihkan perhatian si kecil. Misalnya kertas mewarnai.

2
Siapkan mainan favorit

Sahabat Silir juga perlu menyiapkan mainan favoritnya. Apa yang biasanya dimainkan? Bawa dalam perjalanan. Tentunya jangan membawa mainan terlalu banyak ya untuk menghindari berat bagasi berlebih.

3
Bawa buku kesukaan

Sama seperti mainan, anak mempunyai buku kesukaan. Bawalah bawa kesukaan. Baik buku cerita maupun buku yang lain (mewarnai,menggambar). Jangan lupa bawa pensil warna atau crayon.

4
Penerbangan di waktu yang cocok

Pilih penerbangan dengan waktu di saat anak sedang aktif-aktifnya sehingga dia bisa antusias mempelajari hal baru dalam perjalanannya dengan pesawat. Atau pilih di saat jam tidur malam anak. Setelah lelah beraktivitas seharian, penerbangan di malam hari akan memudahkan si kecil untuk tidur sejenak sebelum melek dan segar kembali.

5
Siapkan cemilan kesukaan

Anak lapar jelas membuat penerbangan Sahabat Silir tidak nyaman. Belum tentu juga bukan ada cemilan yang pas buat anak? Ada baiknya persiapkan cemilan favorit si kecil ya agar tetap kenyang selama di pesawat.

6
Lokasi duduk menentukan

Jangan sampai aktivitas anak di dalam pesawat menggangu penumpang lain. Datang ke bandara lebih awal agar bisa cepat check in. Pilih posisi duduk paling depan atau paling belakang agar memudahkan si kecil ke kamar kecil.

Masalah kejenuhan anak selama di pesawat ada surveynya juga. Menurut survey maskapai Emirates yang dilakukan oleh Censuswide pada Juni2017, 64 persen dari 2,006 orangtua di Inggris dengan anak-anak usia 6-11 tahun khawatir anaknya akan jenuh dalam perjalanan di pesawat. Sementara 43 persen orang tua khawatir anaknya bakal ribut dan mengganggu penumpang lain selama perjalanan dan 23 persen mengkhawatirkan dehidrasi.

Semoga artikel ini berguna ya bagi Sahabat Silir yang ingin mengajak buah hatinya berlibur dengan pesawat. Selamat liburan! (YR)

Tag: Tips Agar Anak Tak Bosan di Pesawat, Pesawat, tips liburan, mainan, Sahabat Silir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru