7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang

Keindahan musim semi di Jepang tak pernah lepas dari keberadaan bunga sakura yang kerap tumbuh jelang musim tersebut.

Keindahan musim semi di Jepang tak pernah lepas dari keberadaan bunga sakura yang kerap tumbuh jelang musim tersebut. Tak disangka bunga ikon Negeri Matahari Terbit itu memiliki ragam jenis dengan keunikan bentuknya masing-masing.

Di negara Jepang sendiri, jenis bunga yang satu ini memiliki varietas dan spesies yang mampu mencapai ratusan. Oleh karena itu, kami akan bantu Sahabat Silir mengetahui berbagai jenis Sakura dan waktu mekarnya agar Sahabat Silir mengetahui kapan saatnya melihat sakura:

1
Somei Yoshino

7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang 8

Bunga ini adalah salah satu jenis sakura yang umum ditemui di seluruh Jepang. Somei Yoshino memiliki lima kelopak bunga yang tumbuh sebelum daunnya, serta memiliki warna pink pucat yang nyaris putih.

Nama bunga ini diambil dari Desa Somei pada akhir zaman Edo yang dikenal memperdagangkan bunga sakura “Yoshino”. Bunga ini akan mekar di Kyushu dan Shikoku pada akhir Maret, kemudian di susul pertumbuhannya di Tokyo pada akhir April, serta Aomori jelang Mei.

2
Yamazakura

7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang 9

Jenis sakura liar yang satu ini memiliki penampakan yang kurang lebih menyerupai jenis Somei Yoshino. Bedanya, kelopak bunga ini akan bertumbuh bersamaan dengan dedaunannya.

Jenis sakura ini biasa tumbuh di sekitar pegunungan dan dapat ditemukan di wilayah Kanto pada Maret dan April.

3
Edohigan

7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang 10

Jenis sakura yang satu ini tumbuh paling awal masa peralihan musim dingin ke musim semi atau yang disebut higan di Jepang. Yamataka Jindai Sakura merupakan pohon sakura edohigan tertua di Jepang yang usianya mencapai 2.000 tahun. Pohon ini bisa dinikmati di kuil Jissou, perfektur Yamanashi.

4
Shidarezakura

7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang 11

Shiradarezakura disebut juga sebagai pohon sakura yang menangis. Dinamakan demikian karena pohon ini memiliki ranting yang merunduk seperti orang menangis.

Bunga ini masih satu varietas dengan jenis Edohigan dan menjadi simbol dari perfektur Kyoto. Salah satu shidarezakura terkenal adalah Miharu Takizakura di Fukushima yang sudah tumbuh lebih dari 1.000 tahun.

5
Ichiyou

7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang 12

Kata ichiyou memiliki arti satu daun. Keunikan bunga ini terletak pada bagian putiknya yang menyerupai sebuah daun saat semua kelopak bermekaran. Bunga ini sangat populer di Asakusa, sehingga setiap April selalu diadakan festival khusus untuk jenis bunga inis.

6
Fugenzou

7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang 13

Penamaan bunga ini memiliki arti “Gajah Samantabhadra”. Rakyat Muromachi (1136-1573) percaya bahwa putik bunga Fugenzou menyerupai karya seni Buddha tentang seorang bodhisattva yang menaiki hewan gajah.

Bunga ini memiliki ciri warna pink yang mencolok di bagian tengahnya dan bisa ditemukan tumbuh telat pada pertengahan hingga akhir April di Tokyo.

7
Ukon

7 Jenis Sakura Populer yang Menyemarakan Musim Semi di Jepang 14

Berbeda dengan jenis sakura lainnya yang cenderung berwarna putih dan pink, sakura ukon justru memiliki kelopak yang berwarna kekuningan. Ukon sendiri merupakan bumbu kunyit yang dipergunakan untuk memberi warna kuning pada masakan. Bunga ini biasanya mulai mekar pada pertengahan April di Tokyo.

Selain beberapa bunga tersebut, penamaan sakura juga terbagi berdasarkan jumlah kelopaknya. Bunga-bunga lainnya yang tak kalah menarik untuk dilihat adalah kikuzakura yang merupakan bunga krisan Sakura, kanhizakura yang berasal dari Pulau Okinawa, serta kanzan yang memiliki kelopak ganda.

Dengan keunikan dan pesona yang dimilikinya, bunga sakura bisa menciptakan atmosfir musim semi yang berbeda dibandingkan dengan musim semi di negara lainnya. Jangan lewatkan untuk berburu keindahannya saat sedang berkunjung ke sana. Kira-kira jenis sakura manakah yang akan jadi favorit Sahabat Silir?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Tempat Romantis di Dunia yang Cocok untuk Rayakan Valentine

Valentine atau hari kasih sayang sudah di pelupuk mata. Selebrasi hari yang satu ini biasanya identik dengan kesan romantis. Memberikan hadiah untuk...

5 Jenis Kuliner dari Selandia Baru yang Mampu Memanjakan Perut

Sibuk Liburan - Saat menyebut nama Selandia Baru, biasanya yang terbesit di benak banyak orang adalah susu, kiwi, dan pemandangan alamnya yang...

5 Trik Berkemas ala Backpacker yang Bikin Bagasimu Jadi Ringkas

Sibuk Liburan - Bagi traveler pemula, berkemas selalu identik dengan masa galau. Bahkan ada saja yang menghabiskan waktu seharian penuh hanya untuk...

Tips Mudik dengan Kendaraan Umum

Tips Mudik - Menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik memang jauh lebih leluasa dalam perjalanan, karena nyaman dan pastinya juga lebih aman. Namun,...

Shanghai Sambut Proyek Pembangunan Taman Legoland Terbesar di Dunia

Terdapat kabar baik bagi mereka yang hobi wisata bersama keluarga ke luar negeri. Pasalnya di distrik Jishan, Shanghai, Tiongkok akan segera dibangun...

Terbaru

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar dan Terbaik di Taiwan

Apakah Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Taiwan dalam waktu dekat?! Jika iya, ke mana saja destinasi yang ingin ditujun?

Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Indonesia dalam beberapa tahun belakang terus melakukan pembenahan infrastruktur. Salah satu yang menjadi fokus penggeberan di sektor tersebut adalah bandara.

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakangan. Munculnya virus yang bersumber dari hewan...

Jangan Tertukar! Inilah Perbedaan Tower Bridge London dan London Bridge

Inggris masih menjadi primadona wisata ke luar negeri banyak banyak wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi alasan...
Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp