Duh! 7 Tempat Indah di Bumi Ini Terancam Hilang Karena Global Warming

Mencengangkannya lagi, femonena Global warming bahkan berpotensi menghilangkan beberapa wilayah di Bumi.

0
322
Global Warming

Global warming atau pemanasan global telah menjadi masalah yang sangat serius. Tak dipungkiri pemanasan global telah berdampak buruk di beberapa kawasan di dunia. Mencengangkannya lagi, femonena ini bahkan berpotensi menghilangkan beberapa wilayah di Bumi.

7 Tempat Indah di Bumi Ini Terancam Hilang Karena Global Warming

Berikut adalah beberapa tempat indah di Bumi yang terancam hilang akibat global warming.

Merujuk pada penelitian yang dari Komisi Cryospheric dalam Akademi Sains Swiss yang melakukan pengamatan 20 gletser di Swiss, gletser tersebut mengalami pencairan hingga 10 persen hanya dalam waktu 5 tahun.

BACA JUGA: 10 Kota Di Britania Raya yang Wajib Dikunjungi

Laporan itu sendiri muncul hanya selang sebulan setelah hilangnya Gletser Pizol di Swiss. Studi terakhir juga menyebut jika pencairan gletser di Swiss telah berada di level mengkhawatirkan dalam kurun waktu 100 tahun terakhir. Studi itu juga mengungkap jika 90 persen dari total 4.000 gletser di Swiss bisa menghilang di akhir abad ini jika emisi gas rumah kaca tidak dikurangi.

Global Warming
Pegunungan Alpen

Tempat lain yang juga hilang dari muka Bumi adalah jalur Pegunungan Alpen. Kini Mont Black yang merupakan gunung tertinggi di Alpen dan menjadi favorit para pendaki sudah tidak ada lagi. Rute-rute pendakian bahkan sudah banyak yang hilang.

Tercatat terdapat sekitar 26 rute yang hilang akibat pencarian salju sebagai dampak pemanasan global di jalur pendakian Alpen. Akibat dari hal ini adalah rute pendakian menjadi tak indah dan berbahaya, karena batu yang semula direkatkan oleh salju jatuh.

Kejadian serupa yang dialami jalur pegunungan Alpen ternyata juga terjadi di Islandia. Akibat pemanasan global ada penyusutan gletser yang drastis di gunung Okjokull.
Gletser Gunung Islandia juga terancam hilang.

Okjokull

Berdasarkan pengamatan, diketahui bahwa penyusutan gletser di gunung Okjokull sangat drastic. Dalam kurun 1986 hingga 2019 terlihat gletser hampir hilang dari gunung tersebut. Hal ini tentu sangat miris, mengingat Islandia notabene-nya merupakan ‘negara kutub’ –di lingkar Arktik.

Gunung Kebnekaise

Di Swedia, salju di puncak Gunung Kebnekaise juga terancam hilang. Selama 50 tahun terakhir ketinggian puncak gunung itu bahkan menutun dan sejak 10 tahun terakhir tingkat lelehan gletser di sana mencapi 1 meter per tahun. Suhu udara juga semakin hangat.

Pegunungan Himalaya

Tak ketinggalan, pegunungan Himalaya juga terancam meleleh. Merujuk dari hasil citra satelit diketahui bahwa sejak tahun 2000, ketinggian gletser di pegunungan tersebut mengalami penyusutan hingga 0,5 meter per tahun.

Global warming juga menyebabkan es di Greenland mencair semakin banyak. Akibatnya, permulaam laut semakin tinggi 1 mm setiap tahun. Salah satu gletser di pulau besar itu bahkan sudah menipis hingga 100 meter hanya sejak 2004 silam.

Satu lagi, global warming juga mengancam sebuah kota di pesisir Inggris. Namanya adalah Kota Fairborne. Kenaikan muka air laut membuat kota ini harus ditinggalkan oleh sekitar 1000 penduduknya. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here