8 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Bencana Alam Saat Berlibur

Saat enak-enak berlibur dengan keluarga, tiba-tiba ada gempa bumi atau banjir. Aduh, bagaimana dong?

Semua orang ingin liburannya berjalan lancar-lancar saja tanpa hambatan. Namun, tidak ada yang bisa memprediksi ada apa di kemudian hari. Saat enak-enak berlibur dengan keluarga, tiba-tiba ada gempa bumi atau banjir.  Aduh, bagaimana dong?

Berikut adalah tips tentang hal yang harus dilakukan jika terjadi bencana alam saat berlibur.

Bencana alam

1
Cek soal asuransi  perjalanan

Pastikan Sahabat Silir mengetahui negara atau daerah yang akan dikunjungi tersebut rentan bencana atau tidak? Lalu, cek juga apakah pihak biro perjalanan menyediakan asuransi perjalanan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

BACA JUGA: Pentingnya Memiliki Asuransi Travel Bagi Orang yang Sering Traveling

Tidak ada jaminan juga daerah tanpa gunung api, misalnya, tidak pernah terjadi gempa, seperti Kalimantan. Memang frekuensi gempa tidak sesering di Pulau Jawa atau wilayah Indonesia lainnya yang masih banyak gunung api aktif. Namun, toch pernah juga terjadi gempa.

2
Catat nomor darurat

Ya, ini sebagai langkah antisipasi. Ketahui nomor polisi atau darurat tempat yang Sahabat Silir kunjungi. Bawa kemana pun pergi karena kita tidak pernah tahu kapan membutuhkan pertolongan.

Beri tahu anggota keluarga Sahabat Silir dimana menginap, nomor yang bisa dihubungi dan lainnya.

3
Jangan panik

Mengerikan bukan saat tengah berlibur tiba-tiba ada air bah datang atau gempa? Perasaan takut adalah hal wajar, tetapi jangan panik,  karena nanti akan berpengaruh ke orang-orang sekitar. Tetap tenang sambil mencari solusi menyelamatkan diri.

4
Gunakan tangga darurat

Memang hal ini bakal sangat melelahkan, terutama bagi mereka yang menginap di lantai tingkat tertinggi. Namun, saat terjadi gempa, gunakan tangga darurat (saat di hotel) bukan lift! Alasannya? Di saat seperti itu bisa jadi lift berhenti beroperasi dan dampaknya Sahabat Silir malah terkunci di dalam. Atau yang lebih mengerikan adalah jika lift itu mendadak jatuh.

5
Cari keramaian

Setelah berada di luar ruangan, cari keramaian dan berkumpullah dengan mereka. Bisa jadi Sahabat Silir akan bisa mendapat bantuan dan informasi kemana harus menyelamatkan diri. Disini terlihat indahnya saling membantu satu sama lain.

6
Kabari keluarga

Saat terjadi bencana dan Sahabat Silir memegang ponsel,segera hubungi keluarga. Beritahu apa yang terjadi dan jangan buat mereka panik. Lalu, manfaatkan nomor darurat tadi untuk mencari pertolongan.

7
Ikuti perkembangan bencana (dari sumber yang terpercaya)

Terus pantau perkembangan berita bencana. Zaman sekarang semua informasi bisa diakses lewat ponsel. Namun, berhati-hatilah.  Bencana alam juga rentan penyebaran berita palsu yang belum tentu kebenarannya.

Maka dari itu, pelajari dulu informasi yang beredar terkait bencana tersebut. Dari mana? Sumbernya valid  atau tidak? Karena informasi atau foto yang beredar di media sosial kerap kali diragukan kebenarannya.

8
Cari tempat lebih tinggi

Ini untuk antisipasi tsunami yang terjadi setelah gempa. Misal Sahabat Silir di pantai kemudian terjadi gempa dan masih mungkin terjadi tsunami, maka carilah tempat yang lebih tinggi untuk antisipasi gelombang tinggi  akibat tsunami.

Demikian hal yang harus dilakukan jika terjadi bencana alam saat berlibur. Semoga bermanfaat! (YR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru