8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.

Beragam destinasi wisata yang ada pun masuk diantara kekayaan itu. Nah, diantara banyak destinasi wisata itu, kali ini Sibuk Liburan akan berbagi informasi tentang tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

1
Bali

Bali
Pura Tanah Lot

Diundakan pertama ada Bali, yang merupakan ‘jantung wisata’ Indonesia. Ungkapan ini rasanya tak berlebihan, mengingat peranan Pulau Dewata yang menjadi kiblat pariwisata di Indonesia.

Keindahan alam dan budaya serta keramahan penduduknya telah membuat pulau ini mampu mensejajarkan diri dengan berbagai destinasi kelas dunia di luar negeri. Sebut saja seperti Menara Eiffle di Perancis.

Demikian tenarnya Bali di dunia, sampai-sampai terkadang turis asing lebih mengetahui Bali daripada Indonesia.

Adapun beberapa destinasi wisata unggulan di Bali, seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Pantai Legian atau juga Pantai Seminyak. Selain pantai, Bali juga kaya akan bangunan budaya dan religi, seperti Pura Tanah Lot di Ubud misalnya yang begitu masyur di kalangan wisatawan.

2
Lombok, Nusa Tenggara Barat

gili meno
Gili Meno

Bergeser sedikit ke timur dari Bali, ada Pulau Lombok di propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak dipungkiri jika Lombok menjadi destinasi wisata favorit lainnya baik bagi wisatawan domestic maupun mancanegara setelah Bali.

BACA JUGA: Indahnya Pantai-pantai di Tanah Asal Phinisi

Kondisi alamnya yang masih alami membuat banyak wisatawan menyukainya. Dintara deretan destinasi wisata bahari yang ada di Lombok adalah ‘trio gili’, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Gili sendiri adalah pulau kecil.

Sementara itu, dari ketiga nama itu, Gili Trawangan merupakan yang paling tenar. Di tempat ini bukan hanya memiliki keindahan alam yang oke poenya, melainkan juga memiliki sensasi liburan yang mengasyikan dengan banyaknya bar dan café.

Namun, jika Sahabat Silir tak menyukai keramaian, Gili Meno dan Gilir Air bisa menjadi pilihan. Keduanya cenderung lebih sepi, sehingga lebih cocok untuk menenangkan diri.

Selain itu, kedua gili itu juga cocok untuk dijadikan tempat penjelajahan bawah laut, mengingat kekayaan hayatinya yang menakjubkan. Sahabat Silir bisa menyaksikan berbagai ikan menari-nari di depan mata. Keren bukan?!

3
Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020 6
Pulau Komodo

Selain  Lombok, Indonesia juga masih memiliki pulau lain yang keindahanya tak kalah bikin ‘dunia’ melirik. Adalah Pulau Komodo yang berada di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komodo sendiri adalah jenis reptil besar yang merupakan hewan langka. Kadal super besar itu termasuk hewan purba yang keberadaannya masih lestari sampai kini.

Pulau Komodo sendiri berada di kawasan Taman Nasional Komodo bersama beberapa pulau lain di sekitarnya. Tempat ini resmi menyandang sebagai salah satu warisan dunia dari UNESCO sejak 1986 silam.

Pada tahun 2011, Pulau Komodo termasuk dalam dalam New Seven Wonders of Nature.

Sementara itu, saat berkunjung ke pulau Komodo ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu poin yang tak bisa ditawar-tawar adalah berkunjung bersama ranger—sebutan untuk pemandu di Pulau Komodo.

Tak diizinkannya melancong seorang diri di kawasan ini berkaitan erat dengan alasan keamanan. Ranger adalah sosok yang telah terlatih, sehingga kemungkinan besar ia akan lebih mampu berhadapan dengan komodo, termasuk membuatnya takluk ketika tiba-tiba ‘memberontak’.

Terlepas dari mengikuti instruksi ranger, pastikan Sahabat Silir tak membuat gaduh selama trekking di pulau Komodo, agar si reptil besar itu tidak kaget dan menyerang.

4
Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken

Penjelajahan lebih ke timur lagi menuju Pulau Sulawesi. Pulau yang terlihat di peta mirip dengan huruf ‘K’ ini memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan dari Bali maupun Nusa Tenggara.

Dari sisi utara ada Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara yang menawarkan keindahan alam bawah laut dengan beragam kerang dan satwa-satwa laut cantik.

Taman laut Bunaken juga merupakan salah satu tempat favorit bagi para penyelam, dengan lebih dari 30 titik penyelaman terbaik.

5
Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Tanjung Bira

Masih dari pulau Celebes, bergeser ke sisi selatan dari Bunaken, kita menuju ke Tanjung Bira yang ada di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sulawesi Selatan.

Terletak satu kecamatan dengan sentra pembuatan Perahu Pinisi di Tanah Beru, Tanjung Bira sangat layak Sahabat Silir kunjungi, setidaknya satu kali seumur hidup.

Di pantai ini, Sahabat Silir akan melihat pantai yang benar-benar menenangkan. Tanpa ombak yang besar, sejauh mata memandang Sahabat Silir  akan dihadapkan dengan keindahan pasir pantai yang putih bersih.

Sembulan batu karang yang berada tak jauh dari titik keramaian di pantai itu, membuat pemandangan kian eksotik.

6
Taka Bonerate, Selayar, Sulawesi Selatan

Taka Bonerate

Menyeberang dari Bulukumba, kita akan berjumpa dengan Pulau Selayar. Pulau ini memiliki kawasan terumbu karang atol yang sangat masyur di dunia. Namanya adalah Taka Bonerate.

Taman laut ini benar-benar bak surga di tengah lautan.

Bagaimana tidak, di kawasan inilah terdapat beragam keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dan menjadi rumah bagi berbagai biota laut yang langka dan dilindungi.

7
Raja Ampat, Papua

raja ampat

Terus menuju ke timur, Indonesia memiliki spot menarik lainnya untuk dijelajahi, yaitu Raja Ampat di Papua. Nama yang baru saja disebut terbilang baru dibandingkan berbagai nama yang telah disebutkan sebelumnya.

Meski demikian, bukan berarti Raja Ampat adalah tempat yang sama sekali baru. Kata ‘destinasi wisata baru’ hanya mengacu pada dikembangkannnya tempat tersebut sebagai primadona wisata anyar di negeri ini.

Panorama yang disuguhkan Raja Ampat sendiri adalah gugusan pulua-pulau kecil berwarna hijau—dari kejauhan. Pulau-pulau itu antara lain adalah Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta.

BACA JUGA: Mau Piknik ke Raja Ampat dengan Hemat? Ini Tipsnya!

Memiliki lanskap yang menawan dari ketinggian, ternyata jika diselami Raja Ampat pun memiliki keindahan bawah laut yang bikin ‘enggak mau mentas’!! Bagaimana tidak, perairan Raja Ampat dikenal sebagai salah satu spot menyelam terbaik di dunia.

The Nature Conservancy bahkan menyebut bahwa sekitar 75% biota laut dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat.

Wowwww…!!!

8
Danau Sentani

Wisata Indonesia

Masih dari Bumi Cendrawasih, ada Danau Sentani yang keindahannya tak kalah menakjubkan dari Raja Ampat.

Memiliki luas sekitar 9.360 hektar, Danau Sentani diklaim sebagai danau terbesar di Papua. Di danau ini terdapatnya 21 pulau di sekitar danau yang menjadi perkampungan warga.

Ini tentu sangat menarik, mengingat umumnya pulau mengapung di tengah lautan dan bukan di tengah danau.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari memancing, berenang atau berkeliling danau dengan perahu sewaan. Tak kalah menarik dari aktivitas itu adalah, Sahabat Silir bisa coba bertandang ke rumah-rumah warga.

Mereka akan menyambut hangat, dan tak menutup kemungkinan Sahabat Silir akan dijamu dengan kuliner khas mereka. Hmm… asyik!

Demikian beberapa tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi. Sahabat Silir sudah pernah ke mana, atau ingin ke mana saja? (y)

Mungkin kamu juga suka

Gunung Alishan, Spot Tepat Lihat Keindahan Sakura di Taiwan

Keindahan alam memang tiada duanya, apalagi melihat bunga-bunga indah berwarna-warni bermekaran. Nah, salah satu bunga indah itu adalah bunga sakura yang memiliki...

Tersandung Timbangan di Bandara, Turis Ini Minta Ganti Rugi Puluhan Miliar

Kabar baru kembali datang dari ‘kesialan’ yang dialami traveler. Ya, traveler satu ini mengalami luka akibat tersandung di bagasi bandara. Akibat kejadian...

Paket Wisata HARBIN – HOHHOT – JILIN

9D8N HARBIN - HOHHOT - JILINDownload

The Entrepreneurs Society Berikan Apresiasi Pada Pengusaha Muda Melalui Community Launch and Award Night

Jakarta, 23 Januari 2020 – The Entrepreneurs Society (TES) yang merupakan sebuah komunitas pengusaha muda kini hadir kembali menjadi bagian untuk memajukan...

Jurus Anti Virus Corona, Kuatkan Imun Tubuh Agar Kebal

‘Virus corona’—menjadi topik yang hangat diperbincangankan di berbagai belahan dunia di awal tahun 2020 ini. Hal ini menyusul penyebaran virus itu yang...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp