9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia

Dengan cara masing-masing, festival tahun baru selalu memberika rona tersendiri. Apalagi untuk perayaan besar yang digelar di berbagai kota besar di dunia.

Akhir tahun telah menjelang, tahun baru pun sudah di pelupuk mata. Artinya, pesta pergantian tahun juga sudah semakin dekat. Bicara soal mala tahun baru, di hampir seluruh penjuru dunia merayakannya.

Dengan cara masing-masing, pesta tahun baru selalu memberika rona tersendiri. Apalagi untuk perayaan besar yang digelar di berbagai kota besar di dunia.

10 Festival Tahun Baru Unik di Dunia

Nah, kali ini, Sibuk Libura bakal mengulik 10 festival unik sambut tahun baru di dunia.

1
Jepang

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 10

Jepang memang kondang wisata musim dinginnnya, tetapi juga tak kalah unik dengan perayaan tahun baru setiap tahunnya. Berbeda dengan banyak negara di dunia yang merayakan malam pergantian tahun baru dengan gempita, warga Negeri Sakura lebih menyukai berkumpul bersama keluarga di malam tahun baru.

BACA JUGA: 10 Kebun Binatang Terbaik dari Seluruh Perfektur Jepang

Mereka akan berkumpul di rumah sembari ditemani acara-acara TV. Meski demikian, jika ingin merasakan sensasi pesta tahun baru di negari matahari ini, bisa datang ke Shibuya Crossing.

Sepanjang malam tahun baru, transportasi umum bahka terus buka. Menariknya lagi, perayaan tahun baru akan berlangsung hingga 3 Januari di negara ini.  Masyarakat setempat mengenal istilah “hatsumode”, yaitu  kunjungan pertama pada tahun tersebut ke kuil Shinto.

Kemudian di setiap malamnya, orang-orang akan mengunjungi Meiji Shrine di Tokyo sembari didampingi bunyi letusan kembang api. Tepat pada 4 Januari, masyarakat benar-benar baru terlepas dari nuansa tahun baru dan kembali bekerja seperti biasa.

2
Perancis

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 11

Masyur dengan Menara Eiffell, Perancis ternyata juga memiliki pesona yang lain, yaitu pemandangan menakjubkan di malam pergantia tahun. Di Ibu kotanya, Paris, terdapat aktraksi spektakuler di Champs-Elysees.

Penduduk Paris akan memenuhi restoran dan bar sekitar sejak jam 9 malam jelang pergantian tahun. Suasana semakin meriah semakin malam dan puncaknya mendekati dentang terakhir jam 12 malam. Saat dentang terakhir berbunyi, maka kota ini akan bersinar lebih gemerlap dari biasanya.

Namun, jika Sahabat Silir mendambakan suasana tahun baru yang lebih sunyi di Perancis, bisa menikmati pemandangan kembang api di kapal pesiar Seine.

3
Hong Kong

Festival tahun baru

Nuansa pesta malam tahun baru unik sekaligus meriah juga bisa dijumpai di Hong Kong. Negara ini bahkan dikenal sebagai salah satu negara yang getol mempertahankan reputasinya sebagai tempat perayaan tahun baru terbaik di dunia. Perayaan tahun baru biasanya dipusatkan di pusat perbelanjaan Times Square Hong Kong.

Dalam perayaan itu bola kristal replika seperti New York akan dijatuhkan dari ketinggian. Pemandangan kembang api pelabuhan Victoria itu akan mulai terlihat dengan hitung mundur jelang pergantian tahun.

Seketika, Sahabat Silir akan melihat di langit Hong Kong bertabur kembang api. Puncak dari pemandangan itu adalah kembang api naga berdansa di langit Hong Kong.

4
Skotlandia

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 12

Negara ini memiliki istilah sendiri untuk tahun baru, yaitu “Hogmanay“. Istilah itu sendiri mengacu pada hari terakhir di tahun tersebut atau juga bisa diartikan perayaan tahun baru.Titik pesta perayaan tahun baru berada di Princess Street Gardens.

Acara tersebut meliputi pesta DJ, bar outdoor, layar raksasa, musikal, konser, hingga games. Puncaknya, tentu saja atrasksi kembang api raksasa jelang pergantian tahun. Suasana malam tahun baru itu semakin meriah dengan ditemani nyanyian klasik Skotlandia “Auld Lang Syne.”

Uniknya, perayaan tahun baru itu bahkan tidak saha berhenti di malam tahun baru saja, tetapi hingga keesokan harinya. Masyarakat bisa mengikuti kegiatan tahunan, seperti event One O’clock Run, Diving to River Forth, atau kompetisi Dog Sledding. 

5
Australia

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 13

Negara satu ini sudah terkenal akan perayaan tahun baru setiap tahunnya. Ya, perayaan tahun baru unik dan meriah di Australia dipusatkan di Sydney, tepatnya di Sydney Harbour. Hampir setiap tahun, kembang api tahun baru terbesar di dunia ada di tempat ini.

Di malam pergantian tahun, Sahabat Silir akan melihat kembang api yang dinyalakan oleh 6 kapal di atas lautan seluas 900 hektar. Kabarnya, kembang api ini terdiri atas 30.000 efek piroteknik yang berjalan selama 12 menit.

Untuk bisa menikmati malam puncak tahun baru itu, warga dan wisatawan biasanya sudah sejak sore datang. Mereka akan memadari restoran dan rumah Opera di sekitarnya sejak sore.

6
Brazil

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 14

Ingin merasakan malam tahun baru dengan suasana gemerlap sekaligus romantius? Jika iya, datanglah ke Rio de Janeiro, Brazil, tepatnya di Pantai Copacabana. Di pantai yang memang sudah meriah setiap akhir pekan itu, suasana akan semakin gempita di malam pergantian tahun.

Masyarakat akan berbondong-bondang datang do pantai seluas 600 hektar itu dengan pakaian serba putih. Warna tersebut dipilih karena diyakini membawa keberuntungan. Tepat di dentang terakhir pergantian tahun sorak sorai akan pecah di pantai ini, sorakan, musik live, tarian dan atraksi lain kian menarik dan ‘semakin hidup’.

7
Uni Emirat Arab

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 15

Uni Emirat Arab menjadi negara di Timur Tengah yang paling spektakuler dalam merayakan pergantian tahun—bahkan di dunia. Dubai pun menjadi pusat perhetalannya. Pesta pergantian tahun biasanya akan digelar di bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa Tower.

Tak perlu khawatir jika tak bisa menikmati dari gedung-gedung sekitar, karena pemandangan itu bisa disaksikan bahkan dari daerah sekitar. Kembang api raksasa akan meletus keliar dari gedung Burj Khalifa. Sangat menakjubkan!

8
Denmark

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 16

Kalau negara yang satu ini sungguh unik dalam merayakan tahun baru. Bagaimana tidak, di Denmark, malam pergantian tahun baru akan diisi dengan memecahkan perabot pecah belah. Terdengar aneh di telinga orang Indonesia, mungkin karena terkesan seperti orang marah.

BACA JUGA: 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi pada Liburan Natal dan Tahun Baru

Namun, di Denmark justru keluarga yang berhasil memecahkan banyak perabotan di malam tahun baru dianggap yang paling beruntung, karena banyak orang yang mendukung acara ‘pecah perabot’ itu di malam pergantian tahun.

Wah, seperti apa ya kira-kira ‘irama’ memecahkan perabotan ini di malam pergantian tahun?

9
Ekuador

9 Festival Sambut Tahun Baru Unik di Dunia 17

Umumnya malam pergantian tahun akan diisi dengan membakar kembang api di banyak negara di dunia. Namun, tidak dengan di Ekuador yang memilih membakar ‘orang-orangan sawah’.

Ya, orang-orangan sawah itu dibuat dari kumpulan kertas koran dan bilah-bilah kayu. Tepat pada malam pergantian tahun, hampir setiap rumah akan membakar benda tersebut. Mereka meyakini dengan membakar ‘boneka’ itu hal buruk selama setahun sebelumnya akan terbakar habis. Tradisi ini juga diyakini akan membawa keberuntungan.

Nah, demikian 10 festival sambut tahun baru unik di dunia. Kira-kira Sahabat Silir ingin coba merasakan tahun baru di mana? Apa pun pilihannya, pastikan ya untuk selalu berlibur dengan aman.

Satu lagi, jika memang ingin merayakan tahun baru di negeri seberang, pastikan untuk terlebih dahulu mengecek musim di negara tujuan. Tentu, agar Sahabat Silir tak salah kostum sekaligus persiapan berbagai hal lain. Selamat berlibur, Selamat Tahun Baru! (y)

Mungkin kamu juga suka

Kebakaran Hutan Landa Australia, Ini Destinasi Wisata Terdampak

Dalam beberapa waktu terakhir, Australia tengah disibukkan dengan upaya pemadaman kebakaran hutan. Kebakaran hutan hebat memang melanda beberapa lokasi di negara tersebut....

Phoenix Hill Park, Spot Terbaik Melihat Kota Sanya dari Ketinggian

Phoenix Hill Park - China menawarkan banyak detsinasi wisata menarik kelas dunia. Megah dan kokohnya Tembok Besar China tak dipungkiri menjadi ikon...

Ini 5 Tanda Sahabat Silir Butuh Liburan

Dikatakan tidak penting, liburan memang bukan kebutuhan pokok sebagaimana sandang, pangan dan papan. Dikatakan penting, nyatanya orang tak selalu mengutamakan butuh liburan....

5 Negara di Benua Afrika yang Paling Diminati Turis

Apa yang terbayang di benak Sahabat Silir jika tiba-tiba saja diajak liburan ke Benua Afrika? Mungkin kamu akan langsung berprasangka buruk, membayangkan di Afrika hanya...

Hagia Sophia, Ikon Kota Istanbul dengan Desain yang Menakjubkan

Nama kota Istanbul rasanya tak dapat dipisahkan dari kemegahan dan sejarah panjang Hagia Sophia. Bangunan ini sudah sejak lama menjadi ikon kota Istanbul bersanding dengan...

Terbaru

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakangan. Munculnya virus yang bersumber dari hewan...

Jangan Tertukar! Inilah Perbedaan Tower Bridge London dan London Bridge

Inggris masih menjadi primadona wisata ke luar negeri banyak banyak wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi alasan...

Waduh, Pulau di Jepang Ini Terlarang Bagi Wanita!

Jepang terkenal dengan banyak pulaunya. Namun, ada satu pulau di Negeri Sakura tersebut yang unik, karena terlarang bagi wanita. Namanya adalah Pulai...

Desa Tradisional ‘Korean Folk Village’, Cocok untuk Wisata Keluarga

Mengenalkan budaya tradisional Korea melalui pertunjukan seni, kelas budaya, pengalaman hidup tradisional dan lain sebagainya, membuat tempat wisata Korean Folk Village ini...

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp