AirAsia Pusat Operasi Terbaru di Lombok

0
347
AirAsia

Sibuk Liburan – Maskapai AirAsia mengumumkan hub atau pusat operasi terbarunya di Indonesia. Kali ini, lokasi yang dipilih adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Merujuk pada rilisnya sebagaimana Sibuk Liburan kutip dari Detik Travel, (5/5/2019), pembuatan pusat operasi tersebut dimaksudkan untuk mendukung pariwisata Republik Indonesia (RI), khususnya Lombok yang menjadi satu dari 10 destinasi lain yang dicanangkan sebagai 10 Bali Baru. Keberadaan hub di Lombok tersebut melengkapi beberapa hub AirAsia lainnya yang ada di Indonesia, diantaranya di Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali.

AirAsia pun meluncurkan livery pesawat yang dirancang khusus dengan promosi tentang Lombok. Pesawat yang ‘dipoles’ nuansa Lombok tersebut adalah Airbus 320 dengan nomor registrasi PK-AXU. Pesawat tersebut nantinya akan melayani rute penerbangan Lombok-Perth, Australia. Rencananya operasional pesawat tersebut dilakukan pada Juni mendatang.

Menanggapi peresmian hub baru AirAsia tersebut, Menteri Pariwisata, Arief Yahya memberikan apresiasi. “Terima kasih AirAsia sudah menjadikan Bandara Internasional Lombok sebagai hub dan juga membantu promosi Wonderful Indonesia dengan livery yang sangat istimewa.

Dalam mengembangkan destinasi pariwisata, saya selalu menggunakan rumus 3A: Atraksi, Akses, Amenitas. Apa yang dilakukan AirAsia sudah sejalan dengan program tersebut, terutama Akses,” sebut Menpar. Selain itu, hal tersebut sekaligus juga bisa turut mendongkrak ekonomi Lombok.

Tak jauh berbeda dengan Menpar, Kementrian Perhubungan juga memberikan sambutan positif terhadap langkah AirAsia tersebut. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara RI, Polana Pamesti, peresmian hub AirAsia di Lombok merupakan hal posotif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Meski demikian, ia tetap mengingatkan agar maskapai tetap mengindahkan peraturan penerbangan yang berlaku.

“Diresmikannya hub AirAsia Indonesia di Lombok merupakan hal positif, apalagi ini membawa misi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Namun yang harus diperhatikan adalah maskapai wajib untuk tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, pelayanan serta kepatuhan terhadap peraturan penerbangan yang berlaku,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama AirAsia, Dendy Kurniawan menyebut peresmian pusat operasi dan livery bukan saja meningkatkan konektivitas Indonesia dan internasional, melainkan juga menumbuhkan peluang pariwisata. Ia juga sesumbar bahwa AirAsia berkontribusi besar menyumbangkan angka kunjungan wisatawan ke Indonesia. AirAsia bahkan mengklaim angka peningkatannya mencapai 25 persen di tahun 2018 lalu.

“Berdasarkan data acuan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Grup AirAsia tetap menjadi maskapai yang mendatangkan wisatawan mancanegara ke tanah air terbanyak dengan jumlah sekitar 3,2 juta kunjungan wisman atau sebesar 25% dari keseluruhannya sepanjang 2018.

Dengan penempatan dua pesawat di hub Lombok, langkah strategis ini semakin menegaskan komitmen AirAsia untuk terus mendukung pariwisata Indonesia, khususnya Lombok sebagai bagian dari 10 Bali Baru. Kami juga berharap dengan livery ‘I Love Lombok’ ini, semakin banyak lagi orang yang jatuh cinta dengan Lombok sepulangnya dari rumah baru kami ini.” imbuhnya. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here