Efek Pemanasan Global Ancam Sejumlah Keberadaan Situs Warisan Dunia

Sibuk Liburan – Efek buruk pemanasan global mulai menampakan tanda-tandanya di muka bumi. Umat manusia kini harus bersiap menghadapi tantangan berat dengan semakin memburuknya kondisi alam di berbagai tempat. Kondisi ini bahkan dapat terlihat jelas dengan terganggunya keseimbangan alam serta kerusakan pada sejumlah situs warisan yang telah diakui oleh UNESCO.

Dilansir dari Kompas (08/01/2019), Program Lingkungan PBB, UNESCO dan Persatuan Ilmuwan Peduli (the Union of Concerned Scientist) telah melaporkan sejumlah fenomena di berbagai tempat yang terdampak oleh perubahan iklim.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) menilai satu dari empat warisan di dunia telah mengalami ancaman nyata tersebut. Sebut saja sejumlah gugusan terumbu karang yang ada di Aldarbra Atoll Samudera Hindia, Belize Barrier Reef di Atlantik dan Great Barrier Reef yang ada di Australia.

Pada tahun 2016 dan 2017 sejumlah terumbu karang yang ada di Great Barrier Reef bahkan mengalami kerusakan separuhnya akibat gelombang panas di lautan. Saat ini, dampak kerusakan kian meluas ditandai dengan memutihnya sejumlah terumbu karang secara massal di tempat ini.

Situs Warisan Dunia
Belize Barrier Reef

Kota Venesia, Italia adalah satu dari sekian banyak tempat yang juga sedang menghadapi ancaman tersebut. Kota yang terkenal dengan gondola dan kanal air terbesarnya tersebut, perlahan mulai terbenam diakibatkan naiknya permukaan air laut.

Beralih ke wilayah Greenland, tepatnya di Illulissat Iceforj. Fenomena mencairnya Gletser Sermeq Kujalleq menjadi salah satu pemandangan wisata unik yang tengah dipertontonkan kepada para pengunjung dengan tema “Sebelum Semuanya Terlambat”.

Ancaman kepunahan juga turut dirasakan di Taman Yellowstone, Amerika Serikat. Pendeknya musim dingin disertai menghangatnya air sungai menyebabkan penyusutan air danau dan berkurangnya lahan basah yang ada di sekitarnya. Musim kebakaran hutan pun semakin tak terelakan.

Dampak pemanasan global juga mengancam keragaman hayati yang ada di Kepulauan Galapagos tepatnya di pesisir pantai lepas Ekuador. Memanasnya wilayah perairan di sekitarnya menyebabkan kekacauan sistem rantai makanan yang berdampak terganggunya sejumlah pasokan makanan bagi banyak satwa dan biota laut.

Pulau Rapa Nui di Chili atau yang lebih dikenal dengan Pulau Paskah juga tak luput dari paparan ancaman ini. Pulau yang terkenal dengan kemisteriusan jajaran patung moai-nya ini juga tengah dihadapkan pada potensi naiknya permukaan laut serta tingginya gelombang. Tak menutup kemungkinan suatu patung-patung tersebut akan tersentuh oleh dahsyatnya deburan air laut.

IUCN memperkirakan, jika pergerakan fenomena ini berlangsung secara konstan, maka dapat dipastikan dalam waktu dekat akan terjadi kerusakan masif pada sejumlah situs warisan yang ada di penjuru dunia. Kendati demikian, peran para wisatawan di seluruh dunia turut memiliki andil dalam mencegah kerusakan lebih lanjut. Berbagai upaya terus dilakukan untuk menanggulangi peningkatan suhu yang diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencoba Olahraga Ski di Korea Selatan

Bagi yang sudah pernah mencobanya, pasti setuju jika skiing disebut sebagai kegiatan paling menyenangkan. Aktivitas yang cocok dilakukan segala usia ini menawarkan pengalaman seru...

Dua Anak Candi di Candi Sewu, Selesai Dipugar Tahun Ini

Kabar terbaru datang dari dunia pariwisata sekaligus arkeologi. Hal ini menyusul terselesaikannya pemugaran dua anak candi di Candi Sewu, Prambanan pada tahun...

Virus Corona Renggut Lebih Banyak Korban, Libur Imlek di China Diperpanjang

Imlek pada tahun ini (2020 Masehi), merupakan Imlek yang cukup buruk bagi China. Pasalnya, bertepatanya dengan bulan kedatangan tahun baru China, di...

The Entrepreneurs Society Berikan Apresiasi Pada Pengusaha Muda Melalui Community Launch and Award Night

Jakarta, 23 Januari 2020 – The Entrepreneurs Society (TES) yang merupakan sebuah komunitas pengusaha muda kini hadir kembali menjadi bagian untuk memajukan...

6 Kebiasaan Buruk yang Perlu dihindari Saat ke Jepang

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Kiranya peribahasa tersebut harus selalu diingat bagi mereka yang suka melancong ke berbagai tempat asing.

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...