Bandara di Inggris ini Menerbangkan Sebuah ‘Pesawat Hantu’ Setiap Harinya

0
557
Bandara Internasional Heathrow
Bandara Internasional Heathrow

Sibuk Liburan – Dewasa ini, intensitas penggunaan alat transportasi pesawat terbang semakin tinggi saja. Akibatnya, lalu lalang di setiap bandara penerbangan di dunia pun tidak pernah lengang dari hiruk pikuk manusia. Di tengah tingginya permintaan kursi pesawat, ternyata masih ada maskapai yang mau menerbangkan sebuah ‘pesawat hantu’ setiap harinya. Maskapai penerbangan di sebuah bandara di Inggris ini merupakan satu-satunya.

Sejak tahun 2007, British Airways yang berbasis di Bandara Internasional Heathrow, London, Inggris secara rutin menerbangkan pesawat tanpa penumpang selama enam hari dalam satu minggu. Adapun operasi penerbangan tersebut ditempuh menggunakan pesawat terbang berjenis Airbus A320 setiap pukul 14.35 sore dari London menuju Cardiff di Wales. Keesokan harinya pada pukul 12.00 siang, pesawat yang sama kembali ke London masih dalam keadaan kosong melompong.

Bandara Internasional Heathrow

Ternyata ada satu alasan besar kenapa praktek ‘pesawat hantu’ di Bandara Heathrow ini terus berlangsung. Melansir Telegraph.co.uk, Selasa, (08/01/2019), British Airways sengaja memberangkatkan pesawat tanpa penumpang agar slot pendaratan di Bandara Heathrow yang mereka miliki tidak jatuh ke tangan maskapai lain. Demi tujuan ini, maskapai penerbangan terkemuka di Inggris ini menghabiskan tidak kurang dari 300.000 pound setiap bulan untuk mengoperasikan pesawat berkapasitas 124 kursi yang hanya terbang dengan beberapa orang kru.

Kompetisi untuk mendapatkan hak mendarat di bandara tersibuk di Inggris tersebut memang dikatakan sangat sengit. Pada tahun 2016, Oman Airlines rela membayar sekitar 75 juta dolar AS kepada sebuah maskapai penerbangan Perancis untuk membeli slot jam operasional terpagi di Bandara Heathrow antara pukul 06.00 pagi hingga 08.00 pagi. Tawar menawar dan pelelangan slot pendaratan di Bandara Heathrow pun kabarnya terus berlangsung dengan harga jual yang semakin melambung.

Sistem slot pendaratan memang sudah biasa diberlakukan di seluruh bandara di dunia, termasuk Indonesia. Namun, yang membuat operasional British Airways semakin menarik ialah berkat keputusannya menerbangkan sebuah ‘pesawat hantu’ di Bandara Heathrow.

Operasi ini amat kontroversial karena dianggap sebagai sebuah permainan monopoli. Bahkan para aktivis pecinta lingkungan menyebutnya sebagai upaya pencemaran emisi karbon dioksida yang sia-sia demi mempertahankan keuntungan.

Bandara Internasional Heathrow di Inggris merupakan bandara tersibuk ke-6 di dunia. Menyambut libura Natal dan Tahun Baru 2018-2019 yang lalu, gerbang keluar-masuk internasional menuju London ini melayani sekitar 1,188,741 penunpang hanya dalam kurun lima hari. Menurut data keseluruhan, Bandara Heathrow telah dilalui tidak kurang dari 80 juta penumpang selama tahun 2018.

Meskipun memiliki jadwal yang sangat padat, Bandara Heathrow hanya memiliki dua landasan pacu. Hal ini menimbulkan penumpukan antrian pesawat yang mengakibatkan harga slot pendaratan pesawat semakin bergerak naik. Untungnya, saat ini landasan pacu nomor tiga tengah dalam tahap pembangunan dan akan selesai pada tahun 2026 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here