Bandara di Lithuania Membuat Pohon Natal dari Barang Sitaan Penumpang

COVER: travelandleisure.com
Pohon tersebut tampak diselubungi dengan sejumlah benda-benda tajam, dimulai dari gunting, pisau, cutter, peluru, korek gas, dan masih banyak lagi.

0
441
Pohon Natal

Saat bulan Desember tiba, hiasan Pohon Natal menjadi pemandangan yang lumrah untuk ditemui di berbagai sudut ruang publik, tak terkecuali di bandara. Namun, kali ini ada yang berbeda dari Pohon Natal di Vilnius Airport, Lithuania.

Bandara di Lithuania Membuat Pohon Natal dari Barang Sitaan Penumpang

Pohon tersebut tampak diselubungi dengan sejumlah benda-benda tajam, dimulai dari gunting, pisau, cutter, peluru, korek gas, dan masih banyak lagi. Dilansir dari laman Daily Mail (15/12/2019), pohon Natal tersebut disebutkan terbuat dari susunan benda-benda yang tak boleh dibawa penumpang saat naik pesawat.

Bagaimanapun, pihak bandara sendiri juga sudah mencantumkan daftar barang-barang yang dilarang untuk dibawa ke pesawat di laman website mereka. Tak hanya itu, terdapat juga contoh gambar yang disertakan guna memperjelas jenis-jenis benda tersebut.

Pohon Natal
Foto: Corporate Dispatch

Kendati demikian, masih banyak ditemukan penumpang yang tidak menaati peraturan ini. Oleh karenanya, pihak keamanan bandara kerap mengumpulkan benda-benda tersebut saat sedang melakukan proses screening bagasi.

Sayangnya, tanpa disadari benda-benda tersebut kemudian bertumpuk semakin banyak, menandakan ada begitu banyak penumpang yang masih memiliki tingkat kesadaran rendah.

Pihak bandara kemudian mendapatkan ide untuk mengedukasi para penumpang dengan cara yang lebih kreatif. Benda-benda tersebut kemudian disusun sedemikian rupa sesuai dengan warna dan bentuknya agar menyerupai seperti pohon Natal pada umumnya.

Selain menjadi pajangan yang unik, keberadaan pohon Natal ini sekaligus menjadi sebuah peringatan bagi para penumpang di bandara Vilnius lainnya agar tidak melakukan pelanggaran yang serupa.

“Dengan pisau, gunting, pematik, dan benda-benda berbahaya lain di dalamnya – Pohon Natal ini telah memiliki semuanya. Jadi, jika tak ingin barang-barang terlarang milik Anda mendarat di Pohon Natal tahun depan – sebaiknya periksa kembali persyaratan bagasi sebelum mengepak barang-barang untuk penerbangan selanjutnya,” tulis pihak bandara melalui LinkedIn.

Pembuatan Pohon Natal unik ini kemudian mendapat tanggapan positif dari banyak orang. Tak hanya memuji tujuan utama pihak bandara dalam menyampaikan pesan, beberapa orang juga terpukau dengan bentuk pohon yang artistik.

Pohon Natal sendiri diketahui memang memiliki bentuk khas kerucut dengan berbagai hiasan seperti lampu dan dekorasi yang digantungkan ke pohon. Pada bagian puncak biasanya terdapat hiasan bintang yang berkilau.

Pohon Natal di bandara Vilnius juga disusun dalam rupa yang sama, dimana gunting yang telah diwarnai biru akan disusun bak dedaunan dari pohon cemara. Kemudian sejumlah barang-barang dengan warna yang lebih mencolok akan ditempelkan secara acak di seluruh bagian pohon layaknya dekorasi gantungan pohon Natal.

Tak kalah menarik, hiasan bintang pada puncak pohon terbuat dari pisau-pisau kecil yang dijejerkan dengan cara melingkar. Oleh karenaya, tak heran jika pohon Natal ini disebut-sebut sebagai sebuah mahakarya terbaik untuk menyampaikan unsur seni dan edukasi secara bersamaan. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here