Bandara di Lithuania Membuat Pohon Natal dari Barang Sitaan Penumpang

COVER: travelandleisure.com
Pohon tersebut tampak diselubungi dengan sejumlah benda-benda tajam, dimulai dari gunting, pisau, cutter, peluru, korek gas, dan masih banyak lagi.

Saat bulan Desember tiba, hiasan Pohon Natal menjadi pemandangan yang lumrah untuk ditemui di berbagai sudut ruang publik, tak terkecuali di bandara. Namun, kali ini ada yang berbeda dari Pohon Natal di Vilnius Airport, Lithuania.

Bandara di Lithuania Membuat Pohon Natal dari Barang Sitaan Penumpang

Pohon tersebut tampak diselubungi dengan sejumlah benda-benda tajam, dimulai dari gunting, pisau, cutter, peluru, korek gas, dan masih banyak lagi. Dilansir dari laman Daily Mail (15/12/2019), pohon Natal tersebut disebutkan terbuat dari susunan benda-benda yang tak boleh dibawa penumpang saat naik pesawat.

Bagaimanapun, pihak bandara sendiri juga sudah mencantumkan daftar barang-barang yang dilarang untuk dibawa ke pesawat di laman website mereka. Tak hanya itu, terdapat juga contoh gambar yang disertakan guna memperjelas jenis-jenis benda tersebut.

Pohon Natal
Foto: Corporate Dispatch

Kendati demikian, masih banyak ditemukan penumpang yang tidak menaati peraturan ini. Oleh karenanya, pihak keamanan bandara kerap mengumpulkan benda-benda tersebut saat sedang melakukan proses screening bagasi.

Sayangnya, tanpa disadari benda-benda tersebut kemudian bertumpuk semakin banyak, menandakan ada begitu banyak penumpang yang masih memiliki tingkat kesadaran rendah.

Pihak bandara kemudian mendapatkan ide untuk mengedukasi para penumpang dengan cara yang lebih kreatif. Benda-benda tersebut kemudian disusun sedemikian rupa sesuai dengan warna dan bentuknya agar menyerupai seperti pohon Natal pada umumnya.

Selain menjadi pajangan yang unik, keberadaan pohon Natal ini sekaligus menjadi sebuah peringatan bagi para penumpang di bandara Vilnius lainnya agar tidak melakukan pelanggaran yang serupa.

“Dengan pisau, gunting, pematik, dan benda-benda berbahaya lain di dalamnya – Pohon Natal ini telah memiliki semuanya. Jadi, jika tak ingin barang-barang terlarang milik Anda mendarat di Pohon Natal tahun depan – sebaiknya periksa kembali persyaratan bagasi sebelum mengepak barang-barang untuk penerbangan selanjutnya,” tulis pihak bandara melalui LinkedIn.

Pembuatan Pohon Natal unik ini kemudian mendapat tanggapan positif dari banyak orang. Tak hanya memuji tujuan utama pihak bandara dalam menyampaikan pesan, beberapa orang juga terpukau dengan bentuk pohon yang artistik.

Pohon Natal sendiri diketahui memang memiliki bentuk khas kerucut dengan berbagai hiasan seperti lampu dan dekorasi yang digantungkan ke pohon. Pada bagian puncak biasanya terdapat hiasan bintang yang berkilau.

Pohon Natal di bandara Vilnius juga disusun dalam rupa yang sama, dimana gunting yang telah diwarnai biru akan disusun bak dedaunan dari pohon cemara. Kemudian sejumlah barang-barang dengan warna yang lebih mencolok akan ditempelkan secara acak di seluruh bagian pohon layaknya dekorasi gantungan pohon Natal.

Tak kalah menarik, hiasan bintang pada puncak pohon terbuat dari pisau-pisau kecil yang dijejerkan dengan cara melingkar. Oleh karenaya, tak heran jika pohon Natal ini disebut-sebut sebagai sebuah mahakarya terbaik untuk menyampaikan unsur seni dan edukasi secara bersamaan. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Pantai Untuk Menghabiskan Liburan Tak Terlupakan di Pulau Jeju

Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki Pulau Bali yang menjadi destinasi wisata. Korea Selatan juga memiliki sebuah pulau terpisah dengan banyak pesona alam yang mampu...

5 Kuliner Jeju yang Bikin Jatuh Cinta Pada Suapan Pertama

Pulau Jeju di Korea selatan memiliki banyak hal menarik yang pastinya sulit ditolak oleh para traveler dunia. Pertama-tama, tempat ini menawarkan bebas...

6 Tips Mempersiapkan Liburan Naik Pesawat Bersama Anak

Berlibur dengan pesawat terbang sangat menyenangkan bagi kebanyakan anak, tetapi bagi anak lain bisa jadi itu menakutkan. Mendengar suara bising, belum lagi jika terjadi guncangan...

Festival Pesona Bau Nyale 2019, Pemberhentian Wajib Bagi Para Traveler di Lombok

Sibuk Liburan - Bagi Sahabat Silir yang sudah sering liburan ke Lombok pasti mengenal Bau Nyale. Tahun ini, acara kebudayaan masyarakat Sasak...

Serunya Menjelajah Qianling Mountain Park

Tempat mana yang Sahabat Silir pikirkan untuk dikunjungi saat melancong ke China? Tembok Besar, Kota Terlarang, Beijing atau Hainan?

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...