Perdana di Indonesia, Bandara ‘Tanah Blambangan’ Pakai Pendeteksi Wajah

Rencananya, teknologi itu akan mulai beroperasi pada pertengahan Maret 2020.

Sektor infrastruktur terus mengalami pembenahan dan penambahan dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu infrastruktur yang digenjot pembangunannya adalah bandara.

Bandara-bandara anyar banyak dibangun dan dioperasikan. Salah satunya adalah Bandara Internasional Banyuwangi yang baru beroperasi dalam beberapa tahun belakangan.

Meski secara usia lebih junior di banding Bandara Juanda di Sidoarjo—yang merupakan bandara induk di Jawa Timur, tetapi nyatanya Bandara di Banyuwangi melakukan manuver yang cepat dalam hal teknologi.

BACA JUGA: Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Bandara yang berada di Tanah Blambangan ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi pendeteksi wajah atau Facial Recognition.

Wah canggih ya?!

Bandara ‘Tanah Blambangan’ Pakai Pendeteksi Wajah

Digitalisasi di bandara yang berada di kabupaten yang berbatasan dengan Bali itu, dilakukan oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Rencananya, teknologi itu akan mulai beroperasi pada pertengahan Maret 2020.

Dengan teknologi tersebut, proses check in dan boarding ke pesawat di Bandara Internasional Banyuwangi lebih cepat dan efisien.

Bandara Internasional Banyuwangi (1)

Terobosan ini mendapat sambutan baik dari Bupati Banyuwangi, Abdul Azwar Anas. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan AP II yang terus melakukan inovasi pelayanan untuk penumpang di Bandara Banyuwangi,” ungkapnya seperti Sibukliburan.id dari detik.com.

Orang nomer satu di kabupaten yang kondang dengan destinasi Kawah Ijen itu menyebut jika kehadiran teknologi biometric facial recognition di bandara akan menambah daya tarik wisatawan.

Diketahui bahwa Bandara Banyuangi memiliki konsep Eco-green Airport yang memiliki kelebihan meminimalisasi penggunaan penyejuk udara (AC) dengan memanfaatkan sirkulasi udara melalui kisi-kisi di dinding terminal penumpang, serta terhamparnya rumput hijau di atap terminal.

“Setelah menjadi bandara pertama di Tanah Air dengan konsep Eco-green Airport, Bandara Banyuwangi kini juga menjadi yang pertama di Indonesia dalam menerapkan teknologi biometric facial recognition guna lebih menjamin keamanan penerbangan.

Perpaduan antara konsep Eco-green dan Smart Airport di Banyuwangi sangat meningkatkan customer experience dan menciptakan bebas ribet di bandara,” sebut bupati yang akrab disapa Pak Anas itu.  

BACA JUGA: Gara-gara Virus Corona, Maskapai dan Bandara Ini Rugi Besar!

Sebelumnya, President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, sempat mengunjungi Bandara Banyuwangi, Jumat (21/2/2020). Kunjungan untuk meninjau langsung kesiapan pemasangan biometric facial recognition. Ia juga mengungkapkan alasan di balik pemilihan Bandara Banyuwangi sebagai pilot project bandara dengan teknologi pendeteksi wajah.

“Banyuwangi memang kami pilih sebagai pilot project dari teknologi biometric facial recognition sebagai otomatisasi passenger flow, sebelum nantinya diimplementasikan di bandara-bandara lain di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menyebut jika Bandara Internasional Banyuwangi memiliki dua alternatif untuk proses check in. Pertama, melalui check in counter, digunakan oleh penumpang yang ingin memasukkan barang bawaan ke bagasi pesawat. 

Barang bawaan tersebut juga diregistrasi secara mandiri oleh penumpang untuk kemudian dimasukkan ke baggage handling system. Kedua adalah sistem check in dengan mesin self check in. Pilihan ini bisa digunakan oleh penumpang pesawat dengan barang bawaan cukup di kabin pesawat.

Menyusul kehadiran teknologi pemindaian wajah, ke depan di Bandara Bnayuwangi baik yang yang melakukan check in counter maupun self check in, setiap penumpang merekam wajah mereka menggunakan alat biometric facial recognition yang tersedia.

Usai proses tersebut selesai, penumpang pesawat lalu menuju boarding lounge untuk menunggu keberangkatan. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

4 Tempat Asyik di Bandung untuk Piknik Keluarga

Sahabat Silir tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan berencana berlibur, tetapi tak ingin terlalu jauh beranjak dari Ibu Kota? Apabila kegalauan ini...

Penumpang Ini Curhat Soal Pengalaman Bawa Hewan Peliharaan ke Pesawat

Membawa hewan peliharaan saat naik kendaraan umum memang tak lazim hampir di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia. Di negeri ini...

Mencicipi 5 Masakan Kantonis yang Tersohor dari Kota Guangzhou

Sibuk Liburan - Masakan China merupakan salah satu jenis hidangan yang kelezatannya sudah menggema ke seluruh dunia. Setiap kulinernya bahkan memiliki ciri...

Bukti Keajaiban Barikade Bukit Pelangi Zhangye di China

Umumnya pemandangan perbukitan selalu didominasi warna hijau yang kontras dengan warna bebatuan. Namun, apa jadinya jika terdapat jejeran bukit yang punya bermacam-macam gradasi warna....

5 Rekomendasi Aktivitas Seru Saat Musim Dingin di Korea Selatan

Musim dingin mungkin adalah salah satu musim yang paling dihindari wisatawan ketika hendak berlibur ke negara empat musim. Terlebih lagi, jika wisatawan...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...