Bandung Siap Menggelar Event Akbar Asia Afrika Festival 2019

0
598
Afrika Festival 2019

Sibuk Liburan – Salah satu Event Kalender Pariwisata Asia Afrika Festival (AAF) tahun ini akan segera kembali digelar di Kota Kembang Bandung. Pertama kali digelar sejak tahun 2015, Asia Afrika Festival merupakan salah satu gebyar karnaval untuk memperingati kota Bandung sebagai ibu kota Asia Afrika. Acara ini diusung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Bandung.

Pada 2019 ini, AAF akan diadakan mulai dari pertengahan Mei hingga bulan Juni nanti. Meskipun bersifat lokal, tetapi acara ini boleh dibilang sebagai salah satu event yang menjadi perhatian nasional. AAF akan menyasar berbagai peserta dari berbagai daerah dan negara terutama yang dahulu pernah tergabung dalam Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Dilansir dari detik.com (19/02/2018), Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan bahwa peningkatan jumlah kunjungan ke acara ini terus bertambah sejak pertama kali diadakan. Pada tahun ini bahkan kunjungan ditargetkan dapat menggaet hingga 100 ribu pengunjung.

Afrika Festival 2019
Sumber foto:GenPI News Indonesia

Ditambahkan oleh Kenny, event ini nantinya akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pra event, road to main event, dan main event. Pra event sendiri nantinya akan dibagi menjadi dua bagian sub event yang akan diselenggarakan mulai 19 Mei hingga 9 Juni 2019, yakni Asia Afrika Ramadhan Fair dan Ngabuburit On the Street.

Untuk road to main event, rencananya akan digelar Asia Afrika X-Po dan Asia Afrika Geographic and Food Market yang akan melibatkan sejumlah pihak seperti UMKM, restoran dan hotel yang dibina oleh Disbudpar Kota Bandung.

Sementara itu main Event sebagai acara puncak akan digelar pada 29 Juni 2019 di Jalan Soekarno dan Cikapundung Riversport. Menurut Kenny, pembagian tiga event tersebut sudah diberlakukan sejak pertama kali AAF digelar.

Pada 2018 lalu penyelanggaraan acara ini bahkan telah dimeriahkan oleh 2.876 peserta. Tercatat, ada 15 provinsi di seluruh Indonesia yang tergabung di dalamnya, seperti Aceh, Lamandau, Jambi, Nias, Manado, Majalengka, Subang, Ciamis, hingga Banjarmasin. Tak ketinggalan 15 negara Asia Afrika juga ikut memeriahkan ajang tersebut.

Karnaval tersebut melalui iring-iringan rute yang pendek, yaitu sekitar 1,2 km dari Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung Barat, Jalan Naripan, Jalan Tamblong, hingga kembali lagi ke Jalan Asia Afrika. Lomba lari Unity Run dengan lintasan sepanjang 6.3 km juga menjadi salah satu kemeriahan yang tak terlupakan.

Pengadaan AAF boleh dibilang merupakan salah satu upaya untuk menggelorakan kembali semangat Konferensi Asia Afrika yang pada masanya pernah dihadiri oleh 29 negara dari Asia dan Afrika. Sebagai lokasi pengadaan KAA, Bandung merupakan salah satu kota di dunia yang menyimpan sejarah dunia yang penting. Melalui peristiwa bersejarah tersebut, puluhan negara di Asia Afrika mendapatkan semangat dan inspirasi mereka untuk memperoleh hak kemerdekaan. (AS)

Tag: Asia Afrika Festival, AAF 2019, 100 Event Calender Pariwisata, Agenda Pariwisata Bandung 2019, Ajang Konferensi Asia Afrika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here