Bangkitkan Nasionalisme dengan Bertandang ke Tempat Bersejarah Ini

Selain mengikuti berbagai lomba tersebut, Sahabat Silir juga bisa mengisi hari libur HUT Kemerdekaan RI dengan bertandang ke tempat-tempat bersejarah.

Hari Kemerdekaan selalu menjadi hari istimewa bagi seluruh warga negara Indonesia. Jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, HUT Kemerdekaan RI sudah mulai tampak kemeriahannya sejak awal bulan tersebut.

Berbagai perlombaan biasanya mulai digelar di berbagai tempat, dari kampung hingga kota, dari kawasan pegunungan hingga pesisir. Tak salah memang mengisi kemerdekaan dengan aneka kegiatan positif.

BACA JUGA: Meneropong Keindahan Perbatasan Indonesia dari Batu Lepe, Anambas

Selain mengikuti berbagai lomba tersebut, Sahabat Silir juga bisa mengisi hari libur HUT Kemerdekaan RI dengan bertandang ke tempat-tempat bersejarah. Tak sekedar melihat peninggalan sejarah, tour ke tempat tersebut juga  bisa membangkitkan nasionalisme lho!

Di mana saja tempat tersebut, berikut ulasannya!

1
Tugu Proklamasi

Tempat pertama yang bisa Sahabat Silir datangi adalah Taman Proklamasi yang berada di Jalan Proklamasi. Jalan ini lebih kondang dengan nama Jalan Pegangsaan Timur no 56—yang hampir selalu disebut dalam setiap pembahasan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Ya, seperti diketahui, tempat tersebut adalah tempat pertama kali naskah proklamasi dibacakan oleh Ir Soekarno. Di kompleks tersebut terdapat monument dua patung Soekarno-Hatta yang berukuran besar dan berdiri berdampingan. Potret tersebut mirip dengan dokumentasi foto saat naskah proklamasi pertama kali dibacakan.

Bertandang ke tempat ini, Sahabat Silir seakan di bawa ke masa lalu yang begitu lekat dengan ‘aroma’ perjuangan dan suka cita kemerdekaan. Tempat ini sangat cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak, untuk mengenalkan mereka akan sejarah negeri ini.

2
Gedung Joeang ’45

Berikutnya, ada Gedung Joeang ’45. Gedung yang dibangun pada 1920an awalnya adalah hotel yang dikelola oleh keluarga LC Schomper, orang berkebangsaan Belanda yang sudah lama tinggal di Batavia—kini Jakarta.

Pada tahun 1942—saat itu Indonesia dalam masa Pendudukan Jepang, gedung ini kemudian diambil alih oleh pemuda Indonesia kantor yang dikelola Ganseikanbu Sendenbu (Jawatan Propaganda Jepang).

Tempat ini pun menjadi saksi bisu didiknya para pemuda pemudi Indonesia melalui program pendidikan politik. Program tersebut sepenuhnya oleh pemerintah Jepang.

3
Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Terletak di Jalan Imam Bonjol No 1 Jakarta Pusat, bangunan yang kini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi itu dulunya merupakan tempat kediaman Laksamana Maeda, salah satu orang yang membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tempat ini menjadi penting dalam sejarah kemedekaan RI lantaran di tempat inilah perumusan naskah Proklamasi dilakukan.

Saat Sahabat Silir berkunjung ke tempat ini, bisa melihat 4 ruangan yang berisi pameran benda-benda yang dikenakan para tokoh yang hadir dalam perumusan naskah proklamasi pada Agustus 1945 silam itu.

Nah, demikian beberapa tempat yang bisa Sahabat Silir kunjungi untuk mengisi hari libur kemerdekaan nanti. Tak ada salahnya bukan, sembari berlibur, Sahabat Silir belajar sejarah. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Tips Mudik dengan Kendaraan Umum

Tips Mudik - Menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik memang jauh lebih leluasa dalam perjalanan, karena nyaman dan pastinya juga lebih aman. Namun,...

5 Komunitas Traveling Buat Kamu Penyuka Jalan-Jalan Hemat

Siapa sih yang tidak mau jalan-jalan hemat. Apalagi jalan-jalan ke luar negeri yang serba mahal, pasti siapapun ingin menekan ongkos perjalanan.

Lebih Dekat Mengenal Blue Mosque, Salah Satu Ikon Wisata Turki

Turki merupakan salah satu negara tujuan wisata dunia. Di negara yang berada di dunia benua—Asia dan Eropa ini, terdapat banyak tempat tujuan wisata dari ...

7 Fakta Unik Makanan di Pesawat Terbang, Seperti Apa Ya?

Salah satu pertanyaan saat kita bepergian dengan pesawat adalah seperti apa ya makanan di pesawat yang disajikan? Enak atau tidak?

6 Tips Agar Anak Tak Bosan di Pesawat

Berlibur naik pesawat memang seru sekaligus menyenangkan. Menanti detik-detik pesawat naik, disuguhi makanan enak dan menunggu saat pesawat mendarat menjadi hal yang dinanti.

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!