Bear, Anjing yang Bantu Selamatkan Koala dari Kebakaran di Australia

Adalah Bear, si anjing pintang yang membantu petugas menyelamatkan koala dari lalapan di jago merah.

0
549
Bear

Kebakaran hebat di Australia terjadi dalam sepekan belakangan dan menghanguskan jutaan hektar lahan. Tak hanya itu, koala pun turut menjadi korban. Untuk menyelamatkan hewan imut itu, digunakan bantuan anjing untuk melakukan pelacakan. Adalah Bear, si anjing pintang yang membantu petugas menyelamatkan koala dari lalapan di jago merah.

Dikabarkan bahwa 350 koala terbunuh akibat kobaran api besar yang membakar habitat mereka. Saat kebakaran melanda, koala biasanya akan meringkukan badannya menyerupai bola dan menunggu api padam. Namun, kebakaran kali ini bukan kebakaran kecil. Petugas pun untuk kali pertama pada tahun ini menggunakan bantuan anjing untuk mencari koala yang selamat.

BACA JUGA: Pensiun dari MotoGP, Jorge Lorenzo Bersiap Liburan ke Bali

Bear pun bekerja dengan pawangnya yang bernama Rianna untuk mengendus dan memastikan keberadaan koala di sisa kebakaran.”Dengan kecepatan angin hingga 30 km, kondisi tersebut tidak ideal untuk pelacakan, tetapi Bear mengindikasikan keberadaan koala di sejumlah tempat,” sebut blog Dana Internasional Kesejahteraan Hewan (International Fund Animal Welfare) seperti Sibukliburan.id kutip dari detikTravel.

Bear
Image Courtesy: Fiona Clark / Fiona Clark Photography via Junkee

Bear pun berhasil membantu menemukan indikasi koala yang masih bisa diselamatkan
“Berkat kerja Bear, kami tahu bahwa ada banyak koala di area ini dan kami akan terus mencari dan menyelamatkan koala yang membutuhkan bantuan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Bear adaalah anjing khusus yang sudah dilatih untuk melakukan penyelamatan koala. IFAW menjelaskan bahwa anak-anak anjing membantu para ilmuwan mengumpulkan data untuk memantau dan melindungi populasi koala dan hewan berkantung lainnya di semak-semak Australia. Tahun ini memang berbeda. Apabila tahun sebelumnya anjing dikirim mengendus kawasan tak berbahaya, tahun ini anjing-anjing itu memiliki tugas lebih berat, masuk ke medan yang lebih berbahaya.

Bear sendiri dibekali sepasang sepatu tahan panas untuk melindungi kakinya saat dikirim ke semak belukar yang hangus. Meski belum ada koala yang Bear temukan, tetapi dia bisa memberitahu petugas bahwa masih ada koala hidup di wilayah tersebut. Selain Bear, ada juga Taylor, anjing lain yang juga bertugas mencari koala. Ia tercatat menemukan 8 koala di ladang Port Macquarie yang terbakar.

Tak kalah mengharukan dari kisah Bear dan Taylor yang membantu penyelamatan koala dari kebarakaran, adalah kisah sepasang suami istri yang rela menampung banyak koala korban kebakaran.

Pasangan suami istri di Australia itu adalah Paul dan Christeen McLoad. Merujuk news.com.au, pasangan tersebut memang diketahui telah menjalankan program perlindungan kesejahteraan untuk koala di Kota Taree, New South Wales, Australia sejak 1993 silam.

Menyusul kebakaran hebat yang melanda, pasangan itu telah menyelamatkan 24 koala di rumahnya. Mereka menyiapkan ruang darurat di rumahnya utnuk koala-koala yang menjadi korban kebakaran.

Koala-koala yang mengalami luka bakar itu dirawar dengan dijaga kebersihannya dan dioleskan krim luka bakar. Keduanya berharap jika sudah pulih dari luka bakar, koala-koala tersebut dapat dilepas kembali ke habitat aslinya. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here