Bencana Letusan Gunung Vulkanik di Selandia Baru Memakan Korban

South China Morning Post
Bencana letusan gunung berapi yang terjadi di White Island, Selandia baru pada Senin (9/12) pukul 2.11 PM waktu setempat dikabarkan memakan korban hingga 50 orang.

Bencana letusan gunung berapi yang terjadi di White Island, Selandia baru pada Senin (9/12) pukul 2.11 PM waktu setempat dikabarkan memakan korban hingga 50 orang. Jarak letusan mencapai 48 km hingga pesisir Bay of Plenty di North Island.

Menurut keterangan yang dari Wakil Komisaris Polisi John Tims yang dikutip dari BBC.com (10/12/2019), para korban diyakini berasal dari kalangan orang lokal dan turis dari luar negeri. Beberapa diantaranya bahkan dikabarkan mengalami kondisi kritis akibat luka bakar serius.

Bencana Letusan Gunung Vulkanik

Diperkirakan sekitar 5 orang tewas akibat kejadian ini, sementara itu 23 orang lainnya berhasil diselamatkan. Sebagian korban telah dievakuasi menggunakan helikopter menuju rumah sakit di Whakatane yang merupakan kota terdekat di daratan tersebut.

CEO New Zealand Cruise Association mengatakan sekitar 30 hingga 38 penumpang kapal pesiar Ovation of the Seas diperkirakan telah menjadi korban letusan di White Island. Kapal pesiar milik Royal Caribbean dikabarkan bertolak dari Sydney sejak minggu lalu dan tengah melakukan perhentian pada hari Senin (9/12) di dekat Auckland di North Island sebelum tiba di kota Tauranga dekat White Island.

BACA JUGA: Ini 5 Alasan Harus Liburan ke Selandia Baru

Saat ini pihak kepolisian dan tim penyelamat masih berupaya untuk melakukan pencarian secepatnya. Pihak militer menyebar sejumlah drone untuk melakukan pantauan udara di lokasi kejadian. Kendati demikian, kondisi pulau yang dianggap masih tidak aman membuat pencarian korban menjadi terhambat.

Gunung Vulkanik di Selandia Baru
Foto: The New York Times

Untuk mencari informasi tentang korban, asosiasi Palang Merah di Selandia baru kemudian membuat website ‘Family Links’ bagi mereka yang merasa kehilangan anggota keluarga dan orang terdekat.

Saat ini asap dan debu terlihat terus mengepung wilayah pulau hingga Selasa (10/12). Berdasarkan keterangan lebih lanjut yang diberikan oleh pihak berwenang setempat, sulit untuk meyakini bahwa akan ada korban yang masih bertahan di dalam pulau.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinta Ardern dikabarkan telah sampai di daerah Whakatane pada Senin malam untuk melakukan pertemuan dengan pimpinan dewan setempat. Ardern dikabarkan berniat melakukan kunjungan langsung ke pulau tersebut.

White Island yang memiliki nama asli Whakaari merupakan pulau tak berpenghuni yang menjadi salah satu tujuan destinasi paling dikunjungi di Negeri Kiwi. Faktanya, pulau ini telah menunjukan tanda-tanda sebagai wilayah vulkanik yang aktif sejak 2011 lalu.

BACA JUGA: 5 Jenis Kuliner dari Selandia Baru yang Mampu Memanjakan Perut

Meski sejak lama telah menjadi zona yang cukup berbahaya, tetapi tampaknya tak dapat menghentikan antusiasme para turis untuk mengunjungi pulau ini. Diperkirakan tempat ini selalu ramai dikunjungi hingga ribuan turis dalam setahunnya.

Kejadian ini bahkan menuai reaksi di kalangan akademis yang mempertanyakan kepantasan pulau tersebut untuk dijadikan destinasi turis. Sepatutnya kejadian ini dapat dicegah mengingat White Island merupakan daratan dengan aktivitas vulkanik yang paling tinggi di Selandia Baru. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Nara Deer Park, Destinasi Wisata Jepang yang Ramah Anak

Jepang tidak hanya dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi dan berbagai hal yang berbau teknologi, tetapi juga memiliki cukup banyak destinasi wisata alam dengan...

Melongok Keindahan Surga Dunia dari Heaven’s Gate Mountain di Zhangjiajie

Sibuk Liburan - Bicara soal destinasi wisata dunia, China termasuk primadona. Negeri Tirai Bambu ini kaya akan tempat tujuan wisata baik yang bernuansa alam,...

Jajaran 5 Hotel Terbaik di Selandia Baru Versi Tripadvisor

Hotel Terbaik Selandia Baru - Sahabat Silir tengah merencanakan berlibur ke Selandia Baru dalam waktu dekat, tetapi masih bingung menentukan akomodasi  yang...

5 Tips Antisipasi untuk Keamanan Bertransaksi di Luar Negeri

Jalan-jalan ke luar negeri memang memiliki banyak kelebihannya tersendiri. Sahabat Silir bisa memperkaya pengetahuan tentang budaya di negeri orang, hingga merasakan pengalaman yang menakjubkan.

Nikmati Moment Terakhir Ramadan Dengan Keliling Asia Tenggara

Sibuk Liburan - Bagi seorang traveler sejati, bulan puasa tak menjadi halangan untuk terus menapakan kaki di tempat baru. Bertandang ke destinasi...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...