Bencana Letusan Gunung Vulkanik di Selandia Baru Memakan Korban

South China Morning Post
Bencana letusan gunung berapi yang terjadi di White Island, Selandia baru pada Senin (9/12) pukul 2.11 PM waktu setempat dikabarkan memakan korban hingga 50 orang.

0
438
Gunung Vulkanik di Selandia Baru

Bencana letusan gunung berapi yang terjadi di White Island, Selandia baru pada Senin (9/12) pukul 2.11 PM waktu setempat dikabarkan memakan korban hingga 50 orang. Jarak letusan mencapai 48 km hingga pesisir Bay of Plenty di North Island.

Menurut keterangan yang dari Wakil Komisaris Polisi John Tims yang dikutip dari BBC.com (10/12/2019), para korban diyakini berasal dari kalangan orang lokal dan turis dari luar negeri. Beberapa diantaranya bahkan dikabarkan mengalami kondisi kritis akibat luka bakar serius.

Bencana Letusan Gunung Vulkanik

Diperkirakan sekitar 5 orang tewas akibat kejadian ini, sementara itu 23 orang lainnya berhasil diselamatkan. Sebagian korban telah dievakuasi menggunakan helikopter menuju rumah sakit di Whakatane yang merupakan kota terdekat di daratan tersebut.

CEO New Zealand Cruise Association mengatakan sekitar 30 hingga 38 penumpang kapal pesiar Ovation of the Seas diperkirakan telah menjadi korban letusan di White Island. Kapal pesiar milik Royal Caribbean dikabarkan bertolak dari Sydney sejak minggu lalu dan tengah melakukan perhentian pada hari Senin (9/12) di dekat Auckland di North Island sebelum tiba di kota Tauranga dekat White Island.

BACA JUGA: Ini 5 Alasan Harus Liburan ke Selandia Baru

Saat ini pihak kepolisian dan tim penyelamat masih berupaya untuk melakukan pencarian secepatnya. Pihak militer menyebar sejumlah drone untuk melakukan pantauan udara di lokasi kejadian. Kendati demikian, kondisi pulau yang dianggap masih tidak aman membuat pencarian korban menjadi terhambat.

Gunung Vulkanik di Selandia Baru
Foto: The New York Times

Untuk mencari informasi tentang korban, asosiasi Palang Merah di Selandia baru kemudian membuat website ‘Family Links’ bagi mereka yang merasa kehilangan anggota keluarga dan orang terdekat.

Saat ini asap dan debu terlihat terus mengepung wilayah pulau hingga Selasa (10/12). Berdasarkan keterangan lebih lanjut yang diberikan oleh pihak berwenang setempat, sulit untuk meyakini bahwa akan ada korban yang masih bertahan di dalam pulau.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinta Ardern dikabarkan telah sampai di daerah Whakatane pada Senin malam untuk melakukan pertemuan dengan pimpinan dewan setempat. Ardern dikabarkan berniat melakukan kunjungan langsung ke pulau tersebut.

White Island yang memiliki nama asli Whakaari merupakan pulau tak berpenghuni yang menjadi salah satu tujuan destinasi paling dikunjungi di Negeri Kiwi. Faktanya, pulau ini telah menunjukan tanda-tanda sebagai wilayah vulkanik yang aktif sejak 2011 lalu.

BACA JUGA: 5 Jenis Kuliner dari Selandia Baru yang Mampu Memanjakan Perut

Meski sejak lama telah menjadi zona yang cukup berbahaya, tetapi tampaknya tak dapat menghentikan antusiasme para turis untuk mengunjungi pulau ini. Diperkirakan tempat ini selalu ramai dikunjungi hingga ribuan turis dalam setahunnya.

Kejadian ini bahkan menuai reaksi di kalangan akademis yang mempertanyakan kepantasan pulau tersebut untuk dijadikan destinasi turis. Sepatutnya kejadian ini dapat dicegah mengingat White Island merupakan daratan dengan aktivitas vulkanik yang paling tinggi di Selandia Baru. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here