Sibuk Liburan – Kementrian Pariwisat (Kemenpar) menggelar lomba foto yang cukup menarik. Sehubungan dengan bulan Ramadhan dan menyambut datangnya Hari Lebaran, Kemenpar turut menyemarakannya dengan menyelenggarakan lomba foto Instagram mudik.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, melalui lomba bertajuk ‘Pesona Mudik’ tersebut, pihaknya ingin menantang warganet yang didominasi generasi milenial untuk mengeksplorasi kuliner hingga atraksi di destinasi dan agenda selama bulan ramadhan dan Lebaran tahun ini. Tak tanggung-tanggung, sebagai hadiah, Kemenpar pun menyediakan hadiah cukup besar, totalnya mencapai Rp 300 juta bagi 300 pemenang.
“Kali ini, melalui media sosial Instagram, dengan Lomba Foto bertajuk Pesona Mukik 2019, Total hadiahnya Rp 300 juta, untuk 300 pemenang,” demikian ungkapnya seperti dikutip dari Kompas.com.
Lebih jauh, Menpar mengungkapkan jika lomba ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung mulai 1 Mei hingga 26 Mei 2019 dengan tema Ramadhan Penuh Peson. Lomba Foto dalam periode ini menantang peserta untuk memburu objek yang memiliki pesna kuliner dan destinasi di seluruh pulau Jawa. Dipilihnya Jawa tak terlepas sebagai salah satu tujuan utama mudik.
“Silakan dieskplorasi aneka ragam kuliner di seluruh Jawa, dari Banten sampai Jawa Timur. Yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga bisa mengeksplorasi obyek foto yang bagus, baik kuliner maupun destinasi. Karena ada juga saat mudik nanti yang kembali ke Jakarta,” lanjut Menpar.
Melalui lomba ini, Menpar berharap nantinya para pemudik dari Jakarta maupun dari daerah lainnya sudah memiliki referensi mengenai destinasi wisata yang menarik, termasuk makanan khas di sepanjang jalur mudik yang mereka lewati.
“Di periode pertama, memang belum ada event karena itu hanya 2 kategori saja yang diperlombakan, masing-masing total hadiah per kategori Rp 75 juta. Periode I diumumkan tanggal 30 Mei 2019. Nah, di periode kedua akan dilangsungkan pada 27 Mei 2019 hingga 10 Juni 2019 dan diumumkan pada 14 Juni 2019,” tambah Menpar lagi.
Menpar mengatakan, pada periode lomba kedua tersebut, hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 150 juta yang terbagi dalam tiga kategori meliputi, Pesona Kuliner, Pesona Destinasi, dan Pesona Event.
Lomba pada periode kedua, masih menurut Menpar, bertujuan mengajak para netizen, milenial, anak-anak dan para pegiat media sosial untuk mempromosikan pariwisata di daerah. Hal ini tidak terlepas dari tingginya mobilisasi saat arus mudik nanti, setidaknya aka nada lebih dari 20 juta orang yang bergerak selama sepekan jelang Lebaran dan 5 hari pasca Lebaran.
Mudik sendiri dalam kacamata pariwisata sebagaimana dikatakan Menpar merupakan pariwisata. Pasalnya, di dalamnya terdapat orang dalam jumlah besar yang bergerak serentak datri satu organisasi ke destinasi tertentu dengan tujuan berlebaran. Menyikapi hal ini, Menpar pun mengimbai kepada para traveler untuk memberikan informasi pariwisata secara digital. Lomba foto sendiri merupakan cara terbaik unutk mengeksplorasi semua potensi wisata di daerah. (y)
Sumber: Kompas.com