5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berlibur dengan Bayi

Berlibur dengan si kecil menjadi quality time menyenangkan yang dapat dilakukan bersama pasangan. Simak 5 tips mempersiapkan perjalanan bersama si kecil

Sibuk Liburan – Bagi para orangtua yang baru dikaruniai momongan, memiliki bayi bukanlah sebuah hambatan bagi keluarga kecil untuk melakukan kegiatan yang dapat melepas stres.

Berlibur dengan si kecil tentu bisa menjadi quality time menyenangkan yang dapat dilakukan bersama pasangan. Untuk itu, bagi Sahabat Silir yang memiliki bayi, simak lima tips berikut untuk mempersiapkan perjalanan yang nyaman bersama si kecil:

Lakukan Booking Penginapan dan Tiket Jauh-jauh Hari

Awali perjalanan Sahabat Silir dengan perencananan yang matang dimulai dari booking penginapan dan tiket transportasi. Pasalnya, booking dadakan akan menyebabkan banyak waktu yang tersita seperti harus mengantre atau yang lain sebagainya. Bayi sangat mudah rewel dengan perubahan suasana yang dianggap tidak nyaman baginya. Hal ini tentunya akan berdampak stres bagi orangtua terutama Ibu.

Daftar Barang Bawaan

Berlibur dengan Bayi
Berlibur dengan Bayi

Lengkapi sejumlah barang bawaan yang harus Sahabat Silir bawa selain pakaian, popok, selimut, topi, kaus kaki dan perlengkapan mandi. Stroller dan gendongan adalah dua barang yang harus dipertimbangkan untuk dibawa agar bayi bisa lebih nyaman.

Persiapkan pula obat-obatan yang harus dibawa. Bawalah earmuff untuk bayi jika Sahabat Silir bepergian menggunakan moda transportasi pesawat. Benda ini akan mencegah tekanan pada gendang telinga yang dapat membuat tidak nyaman.

Jangan lupa untuk melengkapi barang bawaan orangtua terutama sang Ibu. Pakaian ekstra juga wajib dibawa untuk mengantasipasi baju kotor akibat terkena muntahan bayi. Bawa juga beberapa mainan yang dapat menjauhkan si kecil dari rasa bosan.

Perhatikan Kesehatan Bayi

Berbeda dengan orang dewasa, bayi lebih cepat lelah dan rentan sakit akibat dibawa-bawa saat melakukan sejumlah kegiatan. Oleh karena itu, hindari memaksakan pergi jika kondisi bayi dirasa kurang prima untuk melakukan traveling. Cek juga kondisi dan musim pada destinasi tujuan apakah cukup bersahabat dengan kondisi tubuh sang bayi atau tidak.

Mengikuti Itinerary Bayi

Berlibur dengan Bayi
Berlibur dengan Bayi

Bayi memiliki runtutan jadwal tersendiri yang tak bisa diganggu gugat. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah waktu makan (menyusu a

tau MPASI), waktu tidur, serta buang air. Menyiapkan itinerary bayi dapat menjaga bayi merasa lebih nyaman sepanjang perjalanan.

Hindari Last Minute

Hindari Last Minute atau melakukan beberapa hal di waktu yang mepet jika Sahabat Silir memiliki bayi. Sediakan waktu ekstra terutama sebelum waktu keberangkatan. Si mungil mungkin akan memerlukan sesuatu yang membutuhkan sedikit waktu untuk dilakukan seperti makan atau mengganti popok.

Melakukan perjalanan liburan bagi bayi sejak dini tentunya adalah cara yang bagus untuk mengenalkan sang anak dengan lingkungan baru. Tak hanya itu, orangtua pun bisa belajar menangani segala keperluan dengan baik saat bepergian. Lakukan banyak persiapan dalam kondisi yang mendukung agar Sahabat Silir dan bayi bisa menghabiskan waktu berlibur yang menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru