STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Ada dua jenis paspor yang diterbitkan yaitu paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor).

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.

Paspor sendiri adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk warga negara yang ingin mengadakan perjalanan ke luar negeri, baik untuk tujuan kerja, wisata, maupun yang lainnya.

Warga negara yang ingin membuat paspor dapat mengajukan permohonan kepada pihak terkait. Di Indonesia sendiri, paspor diterbitkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ada dua jenis paspor yang diterbitkan yaitu paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor).

Cara Membuat Paspor Online

Selain kedua jenis tersebut, berdasarkan fungsinya, paspor juga dapat dibedakan menjadi tiga lagi. Pertama, paspor dinas atau sering disebut paspor biru. Paspor ini ditujukan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau konsulat pemerintahan yang hendak melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

BACA JUGA: Perlu Tahu! Ini Loh Beragam Jenis dan Warna Paspor

Tentu saja untuk pengajuan paspor ini memerlukan banyak syarat seperti LoA, izin atasan, dan lain-lain.

Paspor online

Kedua merupakan paspor diplomatik yang ditujukan untuk orang yang melakukan perjalanan diplomatik. Ketiga merupakan paspor yang biasa digunakan oleh masyarakat umum yaitu paspor biasa.

Paspor ini biasanya dipakai oleh mereka yang mengadakan perjalanan ke luar negeri untuk tujuan wisata. Inilah paspor yang sering digunakan.

Lantas, bagaimana cara untuk membuat paspor tersebut? Apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat paspor online?

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai proses pembuatan paspor beserta syarat-syarat yang diperlukan baik untuk dewasa maupun anak-anak (orang yang belum genap 17 tahun).

Syarat-syarat Pengajuan

Sebelum mengajukan permohonan pembuatan paspor, Sahabat Silir terlebih dahulu harus melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengajukan paspor online, di antaranya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (Pastikan sudah e-KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Akta perkawinan atau buku nikah
  5. Ijazah
  6. Paspor lama (Jika ingin memperpanjang paspor)

Syarat-syarat tersebut ditujukan bagi yang sudah memiliki KTP. Untuk anak-anak (atau usia di bawah 17 tahun), persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk kedua orang tua yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Buku nikah kedua orang tua atau akta perkawinan
  5. Paspor lama (bagi yang sudah memiliki)

Langkah-langkah Membuat Paspor

Saat ini membuat paspor dapat dilakukan secara online. Sahabat Silir dapat dengan mudah mengajukan permohonan pembuatan paspor dari aplikasi yang dikeluarkan Ditjen Imigrasi Kemenkumham. Berikut adalah langkah-langkah membuat paspor secara online.

Membuat akun pada aplikasi Layanan Paspor Online

Aplikasi Layanan Paspor Online ini bisa didapatkan di Play Store ataupun App Store. Bila ingin membuat akun, pemohonakan diminta untuk memasukkan alamat surat elektronik atau email.

Selain itu, pemohon juga akan dimintai nomor telepon yang dapat dihubungi. Selain itu, bila aplikasi meminta data lain, isilah dengan data yang lengkap dan benar.

BACA JUGA: Hore! Kini Buat Paspor Lansia Tak Antre Lagi

Perlu diketahui, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat paspor baru, tetapi juga untuk memperpanjang paspor online. Oleh karena itu, bagi yang suka bepergian ke luar negeri dan ingin cara cepat dalam mengurus paspor, unduh saja aplikasi ini.

Memilih jadwal untuk membuat paspor

Perlu diketahui, setiap tempat pelayanan paspor memiliki kuota tersendiri. Pemohon harus memilih lokasi dengan cermat. Apabila lokasi awal penuh, pemohon harus memilih lokasi lainnya. Oleh karena itu, pilihlah jadwal dan lokasi yang sesuai dan paling memungkinkan.

Jadwal akan muncul setelah memilih lokasi. Setelah pemohon memilih jadwal, pemohon dapat mengecek kembali kode booking pada aplikasi yang bersangkutan. Bila terdapat kekeliruan, sebaiknya diubah terlebih dahulu. Jika sudah benar, pastikan untuk mencetak kode booking tersebut.

Kunjungi kantor pelayanan paspor

Pihak imigrasi membuka kantor pelayanan paspor di berbagai lokasi di Indonesia. Ini akan memudahkan pemohon karena bisa memilih tempat layanan yang dekat dengan tempat tinggal.

Untuk langkah ini, hendaknya pemohon datang lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Hal ini karena pemohon akan diminta untuk menyerahkan berkas sebelum melakukan wawancara.

Hal yang paling penting, selalu siapkan berkas-berkas dalam keadaan lengkap. Selain itu, usahakan untuk memakai pakaian yang rapi ketika mendatangi kantor imigrasi karena akan diambil foto.

Melakukan verifikasi berkas dan wawancara

Di tempat pelayanan, berkas-berkas yang sudah dibawa akan diverifikasi. Selain itu, pemohon akan diwawancarai mengenai tujuan membuat paspor. Jawablah dengan jujur mengenai tujuan tersebut.

Selain itu, pemohon juga akan diminta untuk berfoto dan melakukan proses pengambilan biometrik seperti sidik jari.

Begitu proses ini selesai, pemohon akan mendapatkan tagihan pembayaran dengan nomor rekening dan kode tertentu. Jangan lupa untuk menyimpan tagihan tersebut karena biasanya akan diminta untuk menunjukkan ketika pengambilan paspor.

Melakukan pembayaran

Setelah mendapatkan tagihan pembayaran, jangan lupa untuk segera membayar. Harga untuk penerbitan paspor bervariasi. Untuk paspor baru biasa biasanya sekitar 360 ribu. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan epaspor.

Jangan lupa untuk menyiapkan biaya untuk membayar penerbitan paspor tersebut. Simpanlah slip pembayaran sebagai bukti bahwa pemohon telah melakukan pembayaran.

Mengambil paspor

Setelah pembayaran dilakukan, pemohon akan diminta untuk menunggu beberapa hari sebelum paspor siap diambil. Pastikan untuk mengambil paspor pada jadwal yang telah ditentukan. Hal ini karena pihak imigrasi telah menyiapkan paspor tersebut sesuai hari yang telah dijadwalkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengajuan paspor online dari aplikasi online tersebut. Aplikasi online tersebut dapat digunakan untuk mengajukan penerbitan paspor baru maupun perpanjangan.

Selain itu, hindarilah melakukan pembatalan antrian. Hal ini karena mungkin saja pemohon baru akan mendapatkan jadwal satu bulan pasca pengajuan di aplikasi.

Hal penting lainnya adalah pastikan bahwa semua persyaratan untuk membuat paspor online terpenuhi. Selain itu, isikan identitas pada aplikasi sesuai dengan keterangan yang ada pada dokumen pemohon.

Hal yang paling penting adalah jangan sampai melupakan jadwal yang sudah ditetapkan oleh pihak imigrasi. Hal ini bertujuan agar mempermudah pemohon untuk mendapatkan pelayanan. Datang pada waktu yang berbeda hanya akan mempersulit baik pihak pemohon maupun pihak imigrasi.

BACA JUGA: Segini Kekuatan Paspor Indonesia di Dunia

Nah, mudah bukan cara untuk membuat paspor? Setiap langkah pada proses pembuatan paspor harus dilakukan secara teliti. Sedikit kesalahan pada langkah-langkah tersebut dapat menghambat proses pemohon untuk mendapatkan paspor.

Tunggu apa lagi? Setelah mengetahui cara membuat paspor, sekarang saatnya bagi Sahabat Silir untuk merencanakan liburan ke luar negeri.

Jepang, Korea, Amerika, Italia, Inggris, dan negara-negara lain di dunia sudah siap untuk memanjakan Sahabat Silir dengan beragam wisata menarik.

Tentu dengan dokumen berupa paspor, negara-negara tersebut akan memberikan kenyamanan bagi perjalanan wisata Sahabat Silir. Segera terbitkan paspormu, liburan yang menyenangkan dan mengesankan sudah menanti di depan mata. (M)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Perhatikan 5 Hal Berikut Jika Ingin Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Apabila Sahabat Silir adalah orang yang hobi melakukan traveling dengan pesawat, pastinya Sahabat Silir tak bisa melewatkan untuk berburu tiket pesawat murah....

Pilihan Destinasi Wisata di Thailand, Malaysia dan Singapura Saat Libur Lebaran

Sibuk Liburan - Lebaran tahun 2019 ini, apa rencana Sahabat Silir? Apakah ingin mudik ke kampung halaman atau malah ingin bersama-sama keluarga...

Kota Hatyai di Thailand: Kecil Tapi Kaya Destinasi Wisata

Sibuk Liburan - Hatyai adalah sebuah kota kecil di Thailand. Meski kecil dari segi ukuran, tetapi kota ini menyuguhkan pesona yang sangat...

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Bikin Melancong ke Kalteng Semakin Asyik

Sibuk Liburan -Sahabat Silir berencana traveling ke Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam waktu dekat? Sibuk Liburan menyarankan untuk bertandang ke propinsi tersebut pada...

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Melakukan Traveling

Traveling adalah waktu yang tepat bagi Sahabat Silir untuk menghilangkan rasa stress dan penat setelah lama berkutat dengan aktivitas sehari-hari. Tentunya waktu tersebut adalah moment...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...