Menggugah Selera, Ini Daftar 5 Kuliner Taiwan Terpopuler

Bukan saja jelajah alam, budaya dan seni, Taiwan juga menawarkan sensasi berjelajah rasa. Ya, di negara yang status politiknya masih dipertentangkan tersebut nyatanya memiliki banyak kuliner Taiwan yang menggugah selera.

Kuliner Taiwan terbaik

Apa saja kuliner tersebut? Berikut Sibuk Liburan berikan ulasannya tentang daftar 5 kuliner terpopuler di Taiwan.

1
Omelet Tiram

Makanan yang satu ini sebenarnya merupakan khas Tiongkok. Namun, makanan tersebut kemudian meluas pula ke Taiwan, Fujian dan beberapa negara lain di Asia. Bentuk makanan ini menyerupai Fu Yung Hai yang kerap dijumpai di Indonesia, hanya saja memiliki topping yang berbeda, yaitu menggunakan tiram.

BACA JUGA: 6 Alasan Harus Liburan Bersama Keluarga ke Taiwan

Tak sekedar mengganjal perut, makanan ini dipercaya mampu mendongkrak libido pria. Tak sulit menemukan kuliner satu ini di Taiwan, karena biasa dijajakan di pasar malam atau kedai pinggir jalan.

2
Tiedan

Sumber foto: Merdeka

Makanan lain yang populer dari Taiwan adalah Tiedan. Kuliner berbahan dasar telur ini berasal dari distrik Tamsui, Taipei. Panganan ini direbus berulangkali dengan campuran rempah-rempah, sehingga memiliki warna coklat gelap di bagian luarnya.

Oleh karena direbus lama dan berulang, telur itu pun memiliki aroma rempah yang kuat dan tekstur kenyal.

3
Sup Mie Daging Sapi

Pecinta makanan berkuah, sepertinya wajib menjajal menu yang satu ini. Ya, Taiwan memiliki sup yang rasanya begitu nendang dan menggugah selera. Namanya adalah sup mie daging sapi. Seperti nama makanannya, menu yang satu ini berbahan dasar kaldu sapi juga mie khas China.  

Tentu saja, daging sapi tak ketinggalan serta sayuran sebagai isian sup. Sup ini termasuk salah satu ‘kuliner tua’ di China dan Taiwan. Awalnya, hidangan ini dibuat oleh orang-orang Hui, yaitu kelompok etnis Muslim Tiongkok pada masa kekuasaan Dinasti Tang.

Sahabat Silir yang ingin menjajal kuliner ini di Taiwan, bisa mendapatkannya dengan mudah di kedai-kedai pinggir jalan. Umumnya makanan tersebut dijajakan bersama dengan lauk, seperti tahu kering juga rumput laut.

Suncake alias Tai Yang Bing

Menu berikutnya yang kondang di Taiwan adalah Tai Yang Bing atau biasa juga disebut sebahgai Suncake. Kuliner yang satu ini berupa kudapan, lebih tepatnya berbentuk kue bulat.  Kue asal Taichung ini umumnya dijual sebagai oleh-oleh dan dikemas dalam kotak. Inovasi rasa dilakukan, sehingga kue ini memiliki isian yang beragam.

Namun, umumnya kue ini berisi gula cair di dalamnya. Kudapan ini biasa digunakan sebagai ‘teman ngeteh’. Cara lain menikmatinya adalah dengan dilarutkan ke dalam air panas hingga menjadi bubur. Setelah itu kue yang ‘meleleh’ itu disantap sebagai hidangan penutup.

4
Ba Wan

Seperti halnya Suncake, Ba Wan juga memiliki tampilan bulat. Kue ini terbuat dari bahan tepung besar. Meski demikian, ada pula Ba Wan yang dibuat dari tepung kentang. Sekilas melihat, tampilan kue ini mirip dengan pangsit rebut.

Apabila Suncake menawarkan sensasi rasa manis, Ba Wan menyuguhkan rasa gurih. Penyajian makanan ini umumnya disandingkan dengan saus manis dan gurih. Ba Wan sendiri memiliki isian daging dan sayuran. Muslim traveler sebaiknya perhatikan benar sebelum membeli hidangan satu ini. Pasalnya, tak jarang Ba Wan berisi campuran daging babi, jamur dan rebung.

Ditinjau dari segi historisnya, Ba Wan juga termasuk ‘kuliner lawas’. Makanan ini sudah mulai dikonsumsi masyarakat Taiwan sejak pemerintah Dinasti Qing yang kala itu menguasai pulau ini hingga akhirnya diambil alih Jepang pada 1895.

Nah, demikian daftar 5 kuliner Taiwan yang perlu Sahabat Silir saat bertandang ke negara tersebut. Selamat menjelajah rasa! (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

10 Pantai Cantik dengan Pesona Surgawi di Kepulauan Karibia

Kepulauan Karibia - Berbicara soal pantai cantik, nama Kepulauan Karibia merupakan salah satu daftar destinasi yang tak bisa dilewatkan. Dipadu dengan pemandangan...

Nyeni Banget! Rainbow Village, Desa Mural di Taiwan yang Instagramable

Rainbow Village - Apa yang terlintas dalam benak Sahabat Silir tentang Taiwan? Ya, tak dipungkiri Taiwan memang negara yang sarat dengan...

Pertama di Dunia! Kapal Pesiar Ini Bakal Berlayar dengan Kru Semuanya Wanita

Kabar terbaru datang dari dunia pelayaran sekaligus wisata dengan kapal pesiar. Dikabarkan bahwa pada Hari Wanita Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2020 mendatang,...

Dampak Berkelanjutan Game of Thrones Terhadap Nasib Kota Dubrovnik

Sebagai imbas kepopuleran film Game of Thrones, kota Dubrovnik kini tengah dihadapkan peliknya permasalahan ledakan turis (overturism). Dilansir dari Travel and Leisure (07/11/2019), jumlah...

Tips Terhindar Dari Serangan Ikan Hiu

Sibuk Liburan - Berenang, menyelam, berselancar memang menyenangkan bagi pecinta olahraga air. Tetapi bukan berarti semua aman-aman saja. Salah satu yang wajib...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!