Daftar 5 Tempat Menarik di Uzbektistan yang Menarik untuk Dikunjungi

Sibuk Liburan – Wisata menantang dan berbeda tak melulu tentang menaklukkan puncak gunung, menyelami palung laut nan dalam atau menyusuri sungai-sungai diantara hutan-hutan rimba. Akan tetapi, wisata menantang dan berbeda bisa dilakukan ke tempat-tempat yang sebenarnya tak terlalu riuh dikunjungi orang.

Tempat tersebut bisa kota-kota tua di berbagai negara misalnya. Nah, bicara soal wisata kota tua, Uzbekistan tampaknya bisa dibilang sebagai jawaranya.

Negara yang berada di kawasan Asia Tengah ini memang tak begitu masyur sektor pariwisatanya dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara atau Asia Timur. Namun, negara ini justru memiliki potensi wisata sejarah dan budaya yang luar biasa, bahkan diakui dunia.

Dari pada Sahabat Silir penasaran kira-kira tempat mana saja di negara ini yang cocok untuk dijadikan tempat melancong, melalui ulasan berikut, Sibuk Liburan akan mengulas daftar tempat menarik di Uzbektistan yang menarik untuk dikunjungi.

1
Bukhara

Bukhara

Berjuluk kota tertua di Uzbekistan, Bukhara menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO. Hal ini tak terlepas dari sejarah yang menyertai kota ini. Telah ada sejak ribuan tahun silam, kota ini memang dipenuhi dengan bangunan-bangunan tua nan megah. Lebih dari 140 bangunan kuno ada di kota ini telah ada sejak abad pertengahan. Beberapa diantaranya malah dibangun sejak Sebelum Masehi.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Bukhara, Kota Tua yang Kaya Bangunan Indah

2
Tashkent

Tempat Menarik di Uzbektistan

Tak kalah menawan dari Bukhari, Tashkent juga memiliki keunikannya tersendiri. Suguhan menarik dari kota ini adalah pemandangan kota yang menawan. Kota yang dulu kala dikenal sebagai pemberhentian Jalur Sutra ini kaya akan landmark dan berbagai spot wisata menarik. Berselfie ria di tempat ini sungguh bak berada di negeri impian sekaligus sejenak seperti berada di masa lalu.

3
Khiva

Berikutnya, Khiva menawarkan pesona kota tua yang sangat menarik. Berbeda dengan banyak bangunan tua di banyak tempat yang tampak tak terawat, berbagai bangunan berusia sangat uzur di tempat ini justru tampak menawan. Wisatawan pun dipastikan akan betah berlama-lama di tempat ini. Pasalnya, selain bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan kuno, mereka juga bisa puas berbelanja cinderamata. Kapan lagi bisa berbelanja oleh-oleh di sebuah kota tua yang masih ‘tetap hidup’ di masa kini?!

4
Samarkand

Apabila Bukhara disebut sebagai kota tertua di Uzbekiztan, Samarkand menyandang kota terbesar di negara ini. Kota yang ditengarai sudah berusia 3000 tahun itu, juga merupakan bagian penting dalam Jalur Sutra. Di kota ini, Sahabat Silir juga bisa melihat berbagai peninggalan sejarah yang begitu terawat dengan baik.

5
Makam Imam Al Bukhari

Tak saja mengagumi berbagai bangunan bersejarah nan kuno, di Uzbekiztan, Sahabat Silir juga bisa sekaligus wisata religi. Tempat yang cocok untuk berwisata religi tak di negara ini tak lain adalah makam Imam Al Bukhari. Tak perlu membayangkan kesan yang seram di makam, karena makam sang Imam besar satu ini dirancang begitu unik dan megah. Dinding-dinding bangunannya berlapis marmer dan memiliki arsitektur khas Uzbekistan. Menariknya lagi, di tempat ini juga terdapat kantor administrasi dan juga masjid yang cukup besar dengan kapasitan jamaah hingga 1500 orang.

Demikian beberapa daftar tempat menarik di Uzbektistan yang menarik untuk dikunjungi.  Kira-kira Sahabat Silir memilih tempat mana yang ingin dikunjungi saat bertandang ke Uzbekistan, atau malah memiliki opsi lain? Sahabat Silir pun bisa turut berbagi pengalaman berkunjung ke Uzbekiztan bersama Sibuk Liburan. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

6 Tips Agar Anak Tak Bosan di Pesawat

Berlibur naik pesawat memang seru sekaligus menyenangkan. Menanti detik-detik pesawat naik, disuguhi makanan enak dan menunggu saat pesawat mendarat menjadi hal yang dinanti.

Iyashi No Sato, Desa ‘Kuno’ di Kaki Gunung Fuji

Jepang tak henti menawarkan pesona. Di masa kini, negara yang berada di kawasan Samudra Pasifik ini terkenal dengan berbagai teknologinya yang mutakhir....

Menelusuri Keunikan Rumah Tradisional di Desa Shirakawa-go

Desa Shirakawa-go - Jepang adalah sebuah negara maju di kawasan Asia. Selain Korea Selatan dan China, Negeri Sakura merupakan negara dengan perkembangan...

Uniknya Kuil Kiyomizudera di Kyoto: Dibangun Tanpa Paku!

Jalan-jalan ke kota Kyoto di Jepang, jangan lewatkan berkunjung ke Kuil Kiyomizudera (artinya air murni dalam bahasa Jepang). Kuil ini adalah salah...

5 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Pertama Kali Berlibur dengan Kapal Pesiar

Bagi penyuka wisata di tengah laut, tidak lengkap rasanya jika belum mencoba berlibur dengan kapal pesiar. Selain asyik, ada banyak sekali pengalaman...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!