Daftar Tempat Wisata Sejarah Populer di Asia

Selain bisa menghibur, berkunjung ke tempat wisata sejarah juga bisa menambah pengetahuan sembari mengagumi berbagai peninggalan dari peradaban masa lalu

Sibuk Liburan – Bicara soal wisata memang tak ada habisnya. Berwisata memang menyenangkan, menentramkan jiwa sekaligus me-refresh kembali pikiran yang penat akibat berbagai rutinitas harian yang monoton.

Wisata bernuansa alam bisa menjadi pilihan bagi Sahabat Silir yang setiap harinya harus berkutat dengan padatnya aktivitas kota lengkap dengan kemacetan yang menjadi ‘bumbunya’. Namun, ada kalanya piknik ke tempat yang bernuansa sejarah juga bisa menjadi alternatif.

Selain bisa menghibur, berkunjung ke tempat wisata sejarah juga bisa menambah pengetahuan sembari mengagumi berbagai peninggalan dari peradaban masa lalu. Lalu dimana tempat wisata sejarah yang asyik untuk dikunjungi? Berikut Sibuk Liburan hadirkan daftar tempat wisata sejarah populer di Asia.

Di urutan pertama, tentu saja Indonesia masuk dalam list ini. Negeri ini memiliki banyak destinasi wisata favorit bergenre histori. Salah satunya yang kondang adalah Candi Borobudur. Candi yang berlokasi di Kabupaten Magelang ini menjadi bukti sekaligus saksi bisu kemajuan peradaban bangsa di Nusantara di masa silam.

Daftar Tempat Wisata Sejarah Populer di Asia 1

Dibangun oleh Dinasti Syailendra yang bergama Buddha, candi ini tampak begitu apik dan menawan. Relief yang terpahat di dinding-dindingnya pun mengisahkan cerita yang apik dan penuh filosofi.

Beranjak dari Indonesia, Vietnam juga meimliki destinasi wisata favorit yang bisa menjadi tujuan banyak pelancong dari berbagai negara. ‘Menu’ utama yang disuguhkan dari tempat ini adalah terowongan  bersejarah Cu Chi Tunnels yang berlokasi di Ho Chi Minh City.

Terowongan ini pada zaman dahulu dijadikan sebagai tempat persembunyian tentara dari kejaran para penjajah. Di terowongan ini pula, para serdadu itu menimbun makanan selama perang. Selain kisah peperangan yang menyedihkan, terowongan ini juga menjadi saksi bisu tumbangnya banyak tentara akibat diserang penyakit malaria.

Di tempat ini pula, mereka dirawat. Sahabat Silir yang ingin menjelajah tempat ini dengan sempurna harus menyiapkan banyak waktu, setidaknya setengah hari. Konon, tak sedikit pelancong yang mengalami pengalaman spiritual dan bikin merinding saat bertandang ke terowongan ini.

Tak jauh dari Indonesia, Brunei Darussalam pun menyuguhkan wisata sejarah yang mengagumkan. Adalah  Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Bandar Seri Begawan yang menjadi ikon wisata negara ini.

Daftar Tempat Wisata Sejarah Populer di Asia 2

Objek wisata utama dari masjid ini adalah kemegahan bangunannya. Ditilik dari segi sejarahnya, masjid dengan 28 kubah itu dibangun untuk memperingati hari lahir Sultan Omar Ali Saifuddin III.  Sebagai tempat wisata, masjid ini dibuka pukul 8 pagi hingga 5 sore waktu setempat.

Di luar itu, tentu saja masjid ini berfungsi sebagai tempat ibadah. Selain keindahan arsitektur bangunannya, cahaya senja juga bisa menjadi suguhan apik di masjid ini.

Bergeser dari Asia Tenggara, India juga memiliki destinasi wisata sejarah favorit. Berada di bagian barat Negeri Hindustan Goa merupakan destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi.

Panorama yang disuguhkan adalah  reruntuhan bangunan kolonial dipadukan dengan wisata bahari yang  menyejukan mata. Di tempat ini, Sahabat Silir juga akan menemukan percampuran budaya antara India dan Portugis. Masyarakat di tempat ini hidup rukun, meski memiliki kepercayaan yang berbeda-beda.

Agama yang dianut oleh masyarakat setempat adalah Katolik, Hindu dan Islam. Kerukunan yang ada di tempat ini menjadi sesuatu yang unik dan ‘mahal’ di tengah konflik agama yang masih mewarnai banyak tempat di pelosok Negeri Gangga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Arab Saudi Larang Sebut Umrah dan Haji Sebagai Wisata Religi

Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan larangan menggunakan istilah wisata religi untuk umrah dan haji. Meski demikian, hal ini sama sekali tidak berpengaruh banyak...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

5 Hal Menyengangkan yang Bisa Dilakukan di Hokkaido

Sibuk Liburan - Diantara banyak tempat menarik untuk dikunjungi di Jepang, salah satunya adalah Hokkaido. Pulau yang berada di sisi paling utara...

Bikin Betah! Inilah 5 Destinasi Wisata Hits di Jawa Timur

Menjadi propinsi terluas di seluruh Pulau Jawan, tak mengherankan jika Jawa Timur pun memiliki lebih banyak destinasi wisata dibandingkan propinsi lain sepulau....

5 Tempat Terbaik untuk Menghabiskan Libur Tahun Baru Imlek Bersama Keluarga

Bagi yang merayakannya, libur Tahun Baru Imlek memang menjadi saat-saat yang dinanti. Selain bisa menjadi masa beristirahat dari kepenatan pekerjaan sehari-hari, libur Tahun Baru Imlek...

Terbaru

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Bikin Takjub, 6 Tempat Wisata Unik yang Ada di Dubrovnik

Wisata ke Eropa tak melulu ke negara utama, seperti Inggris, Belanda atau Perancis. Masih banyak negara lain di benua tersebut yang tak...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan...
WhatsApp Chat via WhatsApp