Dampak Berkelanjutan Game of Thrones Terhadap Nasib Kota Dubrovnik

Sebagai imbas kepopuleran film Game of Thrones, kota Dubrovnik kini tengah dihadapkan peliknya permasalahan ledakan turis (overturism).

0
235
Dubrovnik

Sebagai imbas kepopuleran film Game of Thrones, kota Dubrovnik kini tengah dihadapkan peliknya permasalahan ledakan turis (overturism). Dilansir dari Travel and Leisure (07/11/2019), jumlah turis mencapai 1,271,657 pengunjung pada 2018 lalu, melebihi jumlah penduduknya sendiri. Angka tersebut meningkat 7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Apabila musim gugur dikenal sebagai waktu yang tepat untuk liburan yang lebih lengang, tetapi hal tersebut tak berlaku untuk keadaan di kota ini. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah setempat dalam mengimbangi kunjungan turis yang semakin meningkat.

Kota Dubrovnik

Dua tahun yang lalu, walikota Dubrovnik Mato Franković bahkan telah menerapkan kebijakan pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 4.000 orang. Sayangnya, saat ini kebijakan tersebut dirasa semakin kurang efektif.

Akibatnya, Franković terpaksa mengambil langkah untuk menutup 80 persen kios souvenir di Dubrovnik, serta memangkas peletakan meja restoran di luar ruangan sebanyak 20 persen. Beberapa minggu lalu, dewan kota bahkan menyuarakan untuk menambah menaikan jumlah pemangkasan meja hingga 10 persen.

BACA JUGA: Deretan 6 Kuil di Thailand yang Megah dan Eksotis

Desember nanti, pihaknya bahkan akan mengajukan proposal suara yang melarang pemilik restoran untuk meletakan meja dan kursi di luar ruangan dalam 5 tahun ke depan. Apabila proposal ini disetujui, artinya tidak akan restoran baru yang buka di Dubrovnik dalam 5 tahun ke depan.

Langkah ini memang dinilai dramatis, terlebih 99 persen restoran di kota ini mengusung konsep meja dan kursi di luar. Namun, hal ini perlu dilakukan untuk ketersediaan ruang publik yang lebih besar–seiring dengan membludaknya jumlah turis ke sana.

Kawasan kota tua ini memiliki pemandangan indah yang menghadap ke Laut Adriatik. Dengan banyaknya bangunan yang masih bertahan sejak abad pertengahan, kota ini pun mendapatkan pengakuan UNESCO pada tahun 1979 sebagai situs warisan dunia.

Dubrovnik sendiri mulai dilirik, tatkala kota ini dijadikan lokasi syuting film berseri terkenal asal Inggris – Game of Thrones (GoT). Film ini sendiri sudah mengudara di HBO sejak 2011 lalu hingga April 2019 kemarin.

Meski GoT disebut-sebut berperan besar terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke dalamnya, nyatanya kota ini terlebih dahulu sudah memiliki pesonanya sendiri. Tembok sepanjang 1.940 meter yang mengelilingi seluruh kota menjadi salah satu daya tarik utama di Dubrovnik. Selain itu, wilayah ini juga dikenal memiliki cuaca yang lebih hangat dibandingkan dengan kawasan Eropa lainnya.

Dubrovnik kondang pernah dikunjungi oleh artis-artis papan atas dunia. Bahkan presenter Tanah Air terkenal Najwa Shihab, diketahui memilih Dubrovnik sebagai destinasi liburan keluarga pada pertengahan Juli 2019 kemarin.

GoT mungkin telah berkontribusi terhadap peningkatan kepariwisataan di kota Dubrovnik. Namun begitu, hal tersebut juga diiringi dengan meningkatnya kekhawatiran akan dampaknya terhadap situasi kota ini di masa depan. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here