Deretan Lima Fakta Menarik Situasi Kota Seoul Korea Selatan

Sibuk Liburan – Para pecinta K-Pop tentunya sudah tidak asing lagi dengan Korea selatan, negara asal grup-grup idol yang tengah digandrungi kawula muda saat ini. Seiring dengan meluasnya pengaruh Hallyu (Korean Wave) secara global, kini Korea selatan menjadi salah satu destinasi liburan yang diminati banyak orang.

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke negara ini, ada baiknya Sahabat Silir mengunjungi Seoul sebagai kota kunjungan utama. Ibukota Negeri Ginseng yang sudah berusia lebih dari 600 tahun ini ternyata memiliki lima fakta menarik terkait dengan kondisi perkotaannya. Apa saja itu, berikut ulasannya.

Tertib Lalu Lintas

Saat berkunjung ke Seoul, Sahabat Silir mungkin tidak akan melihat jalan raya yang dibatasi dengan separator beton ataupun taman kecil untuk memisahkan kedua jalur. Pemisah jalan hanya berupa garis kuning saja. Menariknya pengendara di Seoul tampak patuh dan tidak ada yang berani melanggar melewati garis tersebut.

Han River Seoul
Han River Seoul

Tertib Parkir Mobil

Pemandangan kendaraan yang parkir sembarangan bahkan sampai memakan badan jalan mungkin sering Sahabat Silir lihat di sejumlah kota besar di Indonesia termasuk Jakarta. Namun berbeda dengan di Seoul, meski tingkat kemacetannya cukup tinggi, tetapi berkat pembangunan parkir bawah tanah semua mobil dapat terparkir tanpa berhamburan di jalanan.

BACA JUGA: 5 Hal yang Bisa Dilakukan di Seoul saat Musim Dingin

Tertib PKL

Penertiban PKL atau pedagang kaki lima di Seoul tidak perlu melibatkan tenaga Satpol Pamong Praja (Satpol PP) seperti halnya di Jakarta. Para pedagang diberi wewenang untuk berjualan pada tempat yang memang sudah ditentukan.

Bahkan para pedagang diperbolehkan berdagang di trotoar atau tengah jalan seperti di Myeongdong dan Junggu. Meski begitu suasana tertib dan lengang tetap terasa dikarenakan baik penjual dan pembeli tidak mengundang kegaduhan saat transaksi berlangsung.

Tingkat Kejahatan yang Rendah

Kota dengan tingkat kejahatan rendah tentu merupakan nilai tambah bagi kota dengan kunjungan wisatawan mancanegara yang tinggi. Meski keadaan jalan begitu ramai, tindakan pencopetan dan penjambretan hampir jarang terjadi.

Kehidupan Malam Seoul
Kehidupan Malam Seoul

Untuk pemantauan keamanan, terdapat sejumlah CCTV yang terpasang di sudut kota, sehingga polisi tidak perlu banyak berkeliaran untuk mengawasi situasi kota.

Menjunjung Tinggi Produk, Bahasa dan Aksara Lokal

Cinta produk lokal beserta menjunjung tinggi bahasa dan aksara lokal adalah hal yang patut diacungi jempol dari warga Seoul. Meskipun merupakan kota metropolitan dan cukup kental nuansa global, beberapa marka dan penunjuk jalan yang ada di kota ini umumnya bertuliskan aksara Korea. Para pedagang juga lebih senang menyapa para pelanggan dengan bahasa ibu mereka sendiri.

Demikianlah deretan fakta kondisi yang ada di Seoul. Keindahan kotanya akan jauh lebih menawan jika Sahabat Silir bisa mengunjunginya di waktu musim dingin. Tak ada salahnya merehatkan diri sejenak dari iklim tropis di Indonesia. Apabila berkunjung kesana, jangan lupa untuk mencicipi beberapa jajanan kuliner lokal dan juga mengunjungi sejumlah destinasi populer yang cocok dengan musimnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru