5 Desa Bersejarah di Zhuhai dengan Nuansa Tradisional China yang Kental

Dunia mengenal Zhuhai sebagai daerah perkotaan yang sangat maju. Bermula dari kota nelayan berpenduduk 100 ribu orang, Zhuhai menjelma menjadi kota industri yang sangat makmur di tahun 1980an.

Sibuk Liburan – Dunia mengenal Zhuhai sebagai daerah perkotaan yang sangat maju. Bermula dari kota nelayan berpenduduk 100 ribu orang, Zhuhai menjelma menjadi kota industri yang sangat makmur di tahun 1980an.

Zhuhai juga dikenal akan pesonanya berupa kota pantai yang mirip taman. Tak dinyana, di tengah hiruk pikuk metropolitan yang kian riuh, kota terbersih di China ini masih memiliki daerah pedesaan dengan sentuhan tradisional Tiongkok yang kental.

Berikut 5 desa bersejarah di Zhuhai yang dapat dijadikan sebagai inspirasi saat berlibur ke Zhuhai.

pantai di Zhuhai
Salah satu pantai di Zhuhai

Desa Nanmen

Desa di Zhuhai yang satu ini dikenal sebagai model kehidupan desa yang bahagia di Zhuhai. Sebagian besar penduduknya merupakan keturunan keluarga kerajaan Dinasty Song (960-1279), yang masih mempraktekan ajaran hidup para leluhur melalui kebiasaan sehari-hari dan perayaan.

Di samping bangunan-bangunan baru, desa seluas 8,1 km2 tersebut dipenuhi oleh 11 rumah-rumah bangsawan bergaya tradisional China yang masih asli sejak Dinasty Ming (1368-1644).

Rumah-rumah besar yang dikepung tembok bata abu-abu itu bahkan masih lengkap dengan gerbang kayu beratap dan berhiaskan aksara Mandarin yang khas. Saking uniknya, Desa Nanmen sering dijadikan lokasi syuting serial televisi kolosal China.

Desa Lishan

Lishan berasal dari kata Lizhi Shan yang bermakna bukit kelengkeng. Desa Lishan memang terkenal akan hamparan pohon kelengkeng yang pertama kali ditanam oleh keluarga bangsawan Huang pada abad ke-13.

Berkat keluarga Huang pulalah, Desa Lishan turut memperkaya arsitektur bangunan tradisional China yang sangat kental di Zhuhai. Desa yang terletak di Distrik Doumen tersebut menjadi rumah bagi kompleks kuil keluarga berusia 500 tahun. Kuil leluhur keluarga Huang ini dikenal sebagai cluster kuil tradisional tertua di China.

Desa Jiexia

Sama seperti desa-desa lainnya di China, Desa Jiexia juga dibangun di atas kekayaan keturunan keluarga bangsawan China masa Dinasty Song. Zhao Weimao merupakan pendiri dari Desa Jiexia yang pertama kali menempati wilayah tersebut. Dia membangun kompleks perumahan yang terdiri dari 14 banguanan bertembok bata abu-abu yang dikelilingi parit.

Sekitar tahun 2014, Desa Jiexia menjelma menjadi desa tujuan wisata yang menawarkan kesan antik berkat upaya renovasi bangunan bersejarah yang digagas pemerintah setempat.

Desa Huitong

Desa ini terletak di sebelah utara Gunung Fenghuang. Berkat lokasinya inilah, Desa Huitong menjadi salah satu tujuan wisata desa yang bernuansa simpel dan menyatu dengan alam.

Desa yang dibangun pada tahun 1732 tersebut juga memiliki banyak sekali bangunan bernuansa tradisional berupa kuil leluhur, menara pengawas, dan biara bernama Biara Qixia.

Desa Haochong Kecil

Desa ini dikenal juga sebagai Macau kecil. Di masa lalu, Desa Haichong Kecil pernah menjadi pusat bisnis sekaligus tempat berkumpulnya buruh China yang akan dikirim ke Eropa, Amerika, dan Asia Tenggara lewat laut.

Setidaknya sekitar 251 rumah tradisional Guangfu masih berdiri kokoh di Desa Haochong Kecil. Tak ketinggalan beberapa kuil leluhur yang terkenal juga terdapat di sini, salah satunya kuil leluhur keluarga Kuang yang diberkati langsung oleh Kaisar China masa Dinansty Song.

[td_smart_list_end]

zhuhai

Nah, setelah membahas 5 desa bersejarah di Zhuhai yang bernuansa tradisional China, tentu Sahabat Silir sudah tahu akan jalan-jalan kemana saat berlibur ke Zhuhai nanti.

Selain mengunjungi landmark terkenal di jantung kota Zhuhai yang cukup ramai, tak ada salahnya melepas lelah di tengah nuansa desa di Zhuhai yang sangat tenang. Selain berlibur, Sahabat Silir juga bisa sekalian belajar sejarah negeri Tiongkok yang amat kaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Resmi Masuk Indonesia, Ikuti Tips Ini Agar Terhindar Virus Corona

Beberapa hari yang lalu Indonesia dihebohkan dengan kabar 2 warga yang positif terkena virus corona.Tak sedikit warga...

10 Maskapai Ini Diklaim Teraman di Dunia Tahun 2020

Di era globalisasi seperti saat ini mobilitas orang kian tinggi. Bukan saja antara wilayah atau negara, menerabas benua bahkan hal yang biasa....

Dijamin Bikin Beda, 7 Tips Liburan Unik yang Perlu Dicoba

Waktunya berlibur! Entah pergi ke tempat-tempat unik di dalam negeri atau mancanegara, liburan selalu menyenangkan. Sayangnya, kenyataan kadang berkata lain. Liburan nyatanya tak selalu mulus...

Nami Island, Primadona Wisata Korea Selatan

Sahabat Silir tengah merencanakan berlibur ke Korea Selatan dalam waktu dekat? Apabila iya, kini Sahabat Silir berada di tempat yang tepat! Sibuk...

Menelusuri Keunikan Rumah Tradisional di Desa Shirakawa-go

Desa Shirakawa-go - Jepang adalah sebuah negara maju di kawasan Asia. Selain Korea Selatan dan China, Negeri Sakura merupakan negara dengan perkembangan...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!
WhatsApp Chat via WhatsApp