5 Destinasi Wisata Turki Ini Mampu Menarik Wisatawan ke Masa Lalu

Pesona destinasi yang ditawarkan di Turki lebih banyak memuat pesona historis yang berasal dari perpaduan beberapa peradaban seperti Romawi dan Ottoman.

Sibuk Liburan – Negara Turki memiliki begitu banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi oleh Sahabat Silir saat berada disana. Umumnya, pesona destinasi yang ditawarkan di Turki lebih banyak memuat pesona historis yang berasal dari perpaduan beberapa peradaban seperti Romawi dan Ottoman.

Tak hanya itu, beberapa peninggalan prasejarah juga ada di negara ini. Berikut adalah 5 rekomendasi destinasi wisata sejarah yang bisa dikunjungi Sahabat Silir saat berlibur di Turki:

The Blue Mosque

The Blue Mosque
The Blue Mosque

Masjid Sultan Ahmed atau yang juga disebut sebagai masjid biru ini merupakan salah satu ikon kota Istanbul dan masjid terbesar di Turki. Bangunan masjid ini memiliki desain enam menara dan kubah besar pada bagian luarnya.

Sementara bagian dalamnya sejumlah pilar marmer dengan gradasi keramik yang cenderung kebiruan begitu mendominasi interior masjid. Sahabat Silir juga bisa menikmati keindahan laut Marmara melalui ketinggian masjid ini.

Sampai saat ini masjid ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam yang juga tetap bisa dikunjungi oleh wisatawan non Muslim.

Hagia Sophia

Hagia Sophia
Hagia Sophia

Hagia Sophia memiliki daya tarik sejarah yang luar biasa berhubungan dengan agama Islam dan Kristen. Pada masa kekuasaan Konstatinopel, dahulunya tempat ini merupakan sebuah gereja, hingga akhirnya dikuasai oleh Kekaisaran Utsmaniyah dan dijadikan masjid yang disebut sebagai Aya Sophia.

Bangunan yang sudah berusia lebih dari 15 abad ini masih banyak menyisakan peninggalan dari dua keyakinan tersebut. Seperti sejumlah tulisan kaligrafi Allah dan Muhammad serta lukisan Yesus dan Bunda Maria.

Hagia Sophia kemudian berubah menjadi museum saat Kemal Ataturk yang merupakan bapak Turki modern berkuasa. Kemegahan ala Byzantium saat kekuasaan Romawi masih bisa terlihat jelas dari bangunan ini. Oleh karena itu, Hagia Sophia merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh Sahabat Silir.

Topkapi Pallace

Topkapi Pallace
Topkapi Pallace

Setelah mengagumi keindahan blue mosque dan Hagia Sophia, Sahabat Silir bisa beranjak ke istana yang dahulunya merupakan pusat pemerintahan Turki. Topkapi Pallace merupakan tempat tinggal bagi penguasa Turki Utsmaniyah.

Dengan luas yang mencapai 700 ribu meter persegi dan dikeliling benteng sepanjang 5 kilometer, konon dahulunya tempat ini dihuni oleh empat ribu orang. Kini bangunan ini telah beralih fungsi sebagai museum, sehingga para wisatawan bisa mengagumi dan membayangkan mewahnya kehidupan para Raja Turki di masa lampau.

Pegunungan Cappadocia

Cappadocia
Cappadocia

Sahabat Silir bisa menikmati keindahan Cappadocia dengan balon udara dari ketinggian. Pegunungan ini didominasi bangunan bertingkat yang terbuat dari pahatan batu. Uniknya peninggalan bersejarah ini didirikan oleh bangsa Het dari Hitties dan diperkirakan sudah berusia lebih dari tiga ribu tahun.

Mengunjungi Cappadocia akan mengingatkan banyak wisatawan akan film ‘The Flinstones’ yang merupakan tokoh animasi zaman batu yang terkenal.

Kota Yunani Kuno Ephesus

Ephesus
Ephesus

Apabila Sahabat Silir ingin menyambangi peninggalan Romawi kuno yang ada di Turki, Ephesus bisa jadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Di tempat ini terdapat dua peninggalan terkenal, yaitu Library of Celsus yang menyimpan banyak gulungan naskah kuno serta Grand Theater yang merupakan teater kuno terbesar pada zamannya.

Bagi Sahabat Silir dari umat Kristiani, kota ini patut untuk dikunjungi karena kerap dikutip dalam Kitab Wahyu dan Kisah Para Rosul.

Mengunjungi tempat bersejarah di negara lain tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan yang dapat menambah wawasan sejarah dunia. Sahabat Silir juga seolah akan diajak menjelajah waktu dan menyaksikan sejumlah peradaban yang pernah berdiri ratusan hingga ribuan tahun yang lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Mengenal Kimono, Pakaian Tradisional Jepang yang Mendunia

Sahabat Silir tentu mengenal kimono, pakaian tradisional Jepang yang ikonik dan memiliki bentuk yang khas. Pakaian tradisional ini memang mendunia, karena bangsa Jepang selalu bangga...

Wajib Tahu, 3 Misteri di Kutub Utara Yang Mencengangkan

Sibuk Liburan - Berbeda dengan Kutub Selatan yang lapisan esnya berada di atas tanah, es di Kutub Utara sepenuhnya mengapung di lautan. Hal ini...

5 Fakta Menarik Kota Harbin yang Harus Kamu Ketahui

Sibuk Liburan - Kota Harbin di China merupakan salah satu kota wisata musim dingin termeriah di dunia. Setiap tahunnya, Ibu Kota provinsi Heilongjiang di...

Heboh Fenomena Lubang Raksasa di Maros, Sulawesi Selatan

Jelang akhir tahun 2019, sebuah kehebohan terjadi di Maros, Sulawesi Selatan. Bukan atraksi baru di Taman Nasional Bantimurung,...

5 Menu Sarapan Komplit di Inggris yang Bergizi dan Mengenyangkan

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari menyantap sarapan yang penuh gizi pastinya akan membantu Sahabat Silir menjalani kegiatan dengan lebih bersemangat. Apabila...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!