Gebrakan Anyar! di Kabin Pesawat Ada Kasur Tingkat

Gebarakan anyar ini digagas oleh Delft University of Technology dari Belanda. Kursi di kabin pesawat pun dirombak total susunannya.

0
345
di Kabin Pesawat Ada Kasur Tingkat

Kabin Pesawat – Mengantongi label sebagai alat transportasi tercepat rupanya belum membuat si burung besi berpuas diri. Inovasi dalam dunia penerbangan terus dilakukan. Pesawat terbang terus dikembangkan menjadi moda transportasi tercanggih.

Terbaru, pesawat dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanjakan penumpang, yaitu dengan tambahan kasur bertingkat. Fasilitas ini mengingatkan kita pada suasana di asrama bukan?!

Di Kabin Pesawat Ada Kasur Tingkat

Gebarakan anyar ini digagas oleh Delft University of Technology dari Belanda. Kursi di kabin pesawat pun dirombak total susunannya. Univestitas ini sendiri merupakan satu dari ratusan peserta yang akan berpartisipasi dalam Crystal Cabin Awards, sebuah ajang penghargaan bagi cendekiawan untuk melakukan inovasi di pesawat. Ajang tersebut sedianya akan digelar pada Maret 2020 mendatang di Munich, Jerman.

di Kabin Pesawat Ada Kasur Tingkat
Foto: https://runwaygirlnetwork.com/2019/10/08/press-release-tu-delft-answers-your-questions-about-the-flying-v/

Kembali lagi ke inovasi Delft Univesirty. Disebutkan bahwa terdapat ruang khusus untuk menempatkan tempat tidur bertingkat tersebut. Penumpang selama penerbanan bisa rebahan atau tidur di sana. Namun, saat take off dan landing para penumpang harus tetap di kursi sebagaimana peraturan penerbangan yang ditaati saat ini.

Sementara itu, universitas teknologi itu juga merancang susunan kursi yang bisa dibuat berbeda. Ada kursi pesawat dengan kaki yang bisa menggantung, kursi yang berhadap-hadapan, sampai saling diagonal. Inovasi ini bertujuan agar kaki penumpang lega selama penerbangan.

BACA JUGA: Makin Mutakhir! Tekan Satu Tombol, Pesawat Mendarat

Kursi yang dirancang berhadap-hadapan pun sengaja diciptakan untuk memanjakan penumpang yang berpergian secara rombongan. Dengan demikian, sepanjang penerbangan mereka bisa saling mengobrol dengan asyik, tanpa menganggu penumpang yang lain.

Selain merancang desain tatanan kursi yang unik dan tempat tidur di pesawat, Delft University juga merancang bahan-bahan kursi dengan material yang lebih ringan. Dengan demikian diharapkan terobosan ini akan membuat maskapai lebih efisien dan penumpang lebih nyaman.

di Kabin Pesawat Ada Kasur Tingkat
Foto: https://runwaygirlnetwork.com/2019/10/08/press-release-tu-delft-answers-your-questions-about-the-flying-v/

Dengan inovasinya yang canggih itu, mungkinkah universitas asal Negeri Kincir ini bisa menggondol Cystal Cabin Awards atau malah ada perserta lain yang lebih ciamik idenya? Kita nantikan saja perkembangannya.

Sementara itu, dalam dunia penerbangan dikenal memiliki aturan yang sangat ketat, termasyk soal makanan yang dikonsumsi oleh pilot dan co-pilot. Dikabarkan bahwa banyak maskapai di dunia yang tak mengizinkan pilot dan co pilot memakan makanan yang sama dalam penerbangan.

BACA JUGA: Ngeri! Begini Cerita Penumpang Pesawat Duduk di Sebelah Jenazah

Alasannya memang sangat logis, yaitu untuk mencegah terjadinya keracunan akibat makanan. Pasalnya, jika kedua ‘pengendali pesawat’ memakan makanan yang sama sepanjang penerbangan dan ternyata makanan beracun atau bermasalah dan berimbas keduanya jatuh sakit, praktis seisi pesawat dalam kondisi bahaya.

Dalam keadaan tertentu dan mendesak makanan harus sama, maka keduanya boleh memakan makanan yang sama. Hanya saja, keduanya tidak boleh makan dalam waktu bersamaan. Hal ini lagi-lagi untuk menghidari efek buruk jika terjadi keracunan. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here