Di Pulau Dewata, Pemili Jadi Ajang Tonton Turis

Indonesia baru saja menggelar Pemilu pada 17 April 2019. Di Bali, pesta demokrasi menjadi ajang tontonan bagi turis Asing. Dikutip dari detik Travel (18/4/2019), para turis tampak antusias melihat warga Kuta mencoblos.

Mereka tampak tertarik melihat antrean warga yang antusias mengantre demi menggunakan hak pilihnya di TPS di Kuta. Para turis yang lewat di sekitar TPS pun tampak memperhatikan warga setempat. Tak jarang beberapa turis sibuk mengabadikan momen tersebut melalui bidikan kamera. Ada pula yang memperhatikan dengan seksama aktivitas warga di TPS.

Perhatian warga negara Asing terhadap pemilu salah satunya ditampakkan oleh Krystel Hayes (36). Wanita asal Brisbane, Australia tersebut tampak sabar menunggu pasangannya menyoblos. “Ini sangat spesial, partnerku sangat bersemangat sekali dan saya tidak tahu banyak tentang Pemilu ini,” kata Hayes di TPS 21 Kuta, Jl Legian, Badung, Bali, Rabu (17/4/2019) lalu.

Di Pulau Dewata, Pemili Jadi Ajang Tonton Turis 1

Meski tak mengetahui banyak tentang Pemilu di Indonesia, tetapi satu hal yang  jelas dalam pandangan Hayes pemilu di negeri ini berbeda jauh dengan di negaranya. Perbedaan tersebut mulai dari tata ruang hingga karakter pemilihnya.

Pemilu di Indonesia, menurutnya tampak sangat rahasia. “Beda set up di Australia saat pemilu, kamu masuk, catat namamu di sana, keluar bawa surat, nggak ada yang tahu siapa yang kamu pilih, sangat rahasia,” tandasnya.

Ia juga mengatakan bahwa di Indonesia orang begitu terbuka dengan pilihanya dan itu dinilainya sebagai hal yang positif. Hal ini berbeda dengan di Australia, orang-orang merahasiakan pilihannya. “Sementara di sini sangat berbeda. Orang-orang terlihat lebih terbuka dengan siapa yang mereka pilih, di Australia banyak orang merahasiakan pilihan mereka, tapi di Indonesia orang-orang sangat antusias dengan siapa tokoh yang mereka pilih, kupikir ini hal yang baik,” lanjutnya mengomentari tentang pemilu di Tanah Air.

Ia pun menceritakan mendapati pasangannya yang asyik berbincang dengan orang lain tentang pilihannya dalam pemilu dan alasannya memilih capres tertentu. Menurutnya hal ini sangat baik karena mampu meningkat awareness. “Saya tadi ke pantai bersama partnerku. Dia asyik diskusi dengan seorang pria tentang siapa capres yang mereka pilih, apa saja alasan memilih capres tersebut. Ini sangat baik karena meningkatkan awareness, itu baik,” pujinya.

Tak jauh berbeda dengan Hayes, turis asal Inggris, Jack France (18) juga melontarkan pujian terkait antusiasme warga dalam menggunakan hak pilihnya. Pemilu di Indonesia dinilainya sangat demokratis. “Ini sangat demokratis, bagus sekali warga mengantre untuk memberikan hak suaranya. Ini pertama kalinya saya ke Indonesia,” ungkapnya.

Kunjungannya ke Bali menjadi kunjungannya pertama ke Indonesia sekaligus menjadi pengalaman pertamanya pula melihat proses demokrasi di negara lain. Ia pun mengaku belum pernah menggunakan hak suaranya di negara asalnya lantaran saat pemilu berlangsung tahun lalu, ia masih belum memiliki hak memilih. “Saya belum pernah memberikan hak suara, pemilihan terakhir lalu saya masih terlalu muda,” kata pemuda yang hendak melancong ke Vietnam dan Thailand itu usai dari Pulau Dewata itu.

Sementara itu, pemilu 17 April 2019 merupakan pemilu serentak pertama di Indonesia, di mana warga langsung memilih calon legislatif dan calon presiden dan wakil presiden sekaligus. Dalam pemilu tersebut terdapat 5 surat suara berbeda yang dicoblos. Surat suara itu meliputi suara suarat untuk Pemilihan Umum Capres dan Wapres, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI,  Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Provinsi. (y)

Sumber: detik Travel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Heboh Ranu Manduro, Pengunjung Seperti Cendol Dawet

Media sosial memang menjadi oase baru untuk menyebarkan informasi. Sebenarnya hal ini berdampak baik bagi tersiarnya suatu kabar yang kadang luput dari...

Mengenal 16 Ragam Cemilan Khas Serbia, Suka yang Mana?

Wisata memang identik dengan makan-makan. Tak jarang malah turis yang sengaja untuk menjelahan Nusantara bahkan dunia, ‘hanya’ untuk memanjakan lidah. Kecintaannya dunia...

Segini Kekuatan Paspor Indonesia di Dunia

Paspor Indonesia - Kabar yang satu ini sangat penting bagi Sahabat Silir  yang suka melancong ke negeri orang maupun bagi yang tengah...

Lakukan Kunjungan Kenegaraan, Raja Belanda Kagumi Alam Indonesia

Dalam kunjungan kenegaraannya, Raja Belanda, Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti menyempatkan kunjungan ke beberapa daerah dan objek wisata di Indonesia.

Mengenal Gejala dan Penyebab Jet Lag

Mungkin Sahabat Silir sering sekali mendengar istilah jet lag bagi orang yang baru bepergian menggunakan pesawat. Kadang kala istilah ini sering dijadikan alasan seseorang untuk...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp