Dibuka Kembali, Pemandian Air Panas di Singapura Punya Fasilitas Makin Lengkap

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya tambahan taman, cascading pool empat tingkat (kolam bertingkat), kafe, hingga sarana edukasi anak.

0
404
Sembawang Hot Spring

Kabar baru datang dari dunia wisata Singapura. Negeri Singa kini memiliki pemandian air panas. Namanya adalah Sembawang Hot Spring Park. Sebenarnya pemandian ini tak benar-benar baru, melainkan sudah lama ada.

Hanya saja, terhitung sejak Sabtu, (4/1/2020) pemandian itu kembali dibuka. Menariknya, kini satu-satunya pemandian air panas di negara yang berbatasan dengan propinsi Kepulauan Riau (KEPRI) itu memiliki banyak fasilitas baru.

Sembawang Hot Spring, Pemandian Air Panas di Singapura

“Ini adalah satu-satunya taman pemandian air panas alami di Singapura saat ini, dan memiliki banyak hal mengesankan bagi masyarakat,” tulis National Parks Board (NParks), pengelola Sembawang Hot Spring Park, dalam keterangan pers, sebagaimana dikutip dari CNA.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya tambahan taman, cascading pool empat tingkat (kolam bertingkat), kafe, hingga sarana edukasi anak. Tempat ini menjadi semakin menarik dari sebelumnya yang hanya memiliki saluran air, keran dan ember berisi air panas. Arealnya juga kini lebih luas, mencapai 1,1 hektar.

BACA JUGA: 4 Tips Belanja Cermat dan Hemat di Singapura

Menyusul fasilitas yang semakin lengkap, pengunjung pun memiliki lebih banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di pemandian air panas tersebut, termasuk memasak telur di tempat yang sudah disediakan. Anak-anak juga bakal semakin riang, karena bisa bermain air hangat di zona pendidikan. Di kawasan tersebut, mereka bisa belajar tentang siklus air tanah melalui panel interpretatif.

Tak melulu tentang fasilitas yang berkaitan dengan ‘pemandian dan permainan’, Sembawang Hot Spring Park juga dilengkapi dengan pintu masuk taman lengkap dengan jalan setapak bunga dan berbagai pohon buah-buahan di sekitarnya.

Ada pula tanaman yang bisa dimakan, seperti jahe, rambutan juga chiku. Melengkapi berbagai wahana permaianan yang ada, pemandian ini disokong fasilitas toilet, halaman untuk kegiatan, dan kafe.

Sementara itu, pengerjaan dan perombakan tempat ini berawal dari kritik dan saran masyarakat Singapura pada konsultasi publik akhir 2007 silam.

Waktu ini terpaut cukup jauh dari awal ditemukannya sumber air panas Sembawang pada awal 1990-an di lahan milik pedagang China, Seah Eng Keong. Tempat ini pun sebelumnya, tercatat pernah menjadi pemandian air panas bagi tentara Jepang yang menduduki Singapura pada masa Perang Dunia 2.

Bertahun-tahun berjalan pasca perang, pada tahun 1960, media lokal menyarankan tempat ini dibangun sebagai resor spa wisata, restoran, lapangan golf mini atau cagar alam. Sayang, saran tersebut tidak digubris.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Singapura Seru yang Menarik untuk Dikunjungi

Tanah tempat sumber air panas itu berada lantas berpindah tangan hingga beberapa kali sebelum Kementerian Pertahanan Singapura mengembalikan tanah itu ke negara bagian dan mulai direnovasi pada Agustus 2018.

Kini, Sembarang Hot Spring Park mulai bisa dikunjungi setiap hari sejak pukul 07.00 hingga 19.00. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here