Dilahap Api, Kastil Shuri Okinawa Kehilangan Tiga Bangunan Utama

FOTO: Reuters.
Daisuke Furugen selaku pejabat Departemen Pemadam Kebakaran Naha menyebutkan, sekitar 30 mesin pemadam kebakaran dan 100 anggota telah berupaya memadamkan api di tempat ini.

0
242
Shuri Okinawa terbakar
foto: Reuters

Kabar mengejutkan datang dari Negeri Jepang. Dikutip dari Tirto.id (31/10/2019), Kastil Shuri Okinawa yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia telah dilalap si jago merah pada Kamis dini hari lalu (31/10/2019).

Menurut informasi yang didapat pada saat kejadian, sejumlah pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api. Sementara itu, sekitar 30 penduduk di sekitarnya telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Kastil Shuri Okinawa terbakar

Kejadiannya sendiri disebutkan terjadi pada pukul 3 pagi waktu setempat. Daisuke Furugen selaku pejabat Departemen Pemadam Kebakaran Naha menyebutkan, sekitar 30 mesin pemadam kebakaran dan 100 anggota telah berupaya memadamkan api di tempat ini.

Dampak kebakaran yang ditimbulkan sangat lah masif. Api menjalar dengan sangat cepat dari bangunan utama menuju bagian bangunan lainnya dan berhasil melahap sekitar 4,8 ribu meter persegi dari wilayah kastil ini.

Terdapat sebuah bukti rekaman yang menunjukan bahwa nyala api di tempat ini bahkan berlangsung sejak hari masih gelap hingga matahari terbit. Petugas pemadam kebakaran mengaku panas api yang kuat membuat mereka kesulitan untuk menjangkau titik yang menjadi sumber api.

Kebakaran dahsyat ini telah melahap habis tiga bangunan utamanya di dalamnya, yaitu Kuil Utama Seiden dan struktur Hokuden (kuil utara), dan struktur Nanden (kuil selatan).

BACA JUGA: 5 Alasan Musim Gugur Adalah Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang

Seperti yang dikutip dari AFP, bangunan di tempat ini sebagian besar didominasi struktur yang usianya mencapai hingga 500 tahun. Struktur di tempat ini merupakan hasil rekonstruksi dari desain asli dan foto lama.

Kastil Shuri selama ini dikenal dengan pesona merah mencolok yang bertengger di puncak bukit. Lokasinya sendiri berada di kota Naha yang merupakan ibukota dari Perfektur Okinawa.

Shuri dahulunya merupakan bekas ibukota Kerajaan Ryukyu. Bangunan kastil ini sendiri dahulunya difungsikan sebagai pusat administrasi dan tempat tinggal dari raja-raja Ryukyu.

Menurut sejarahnya, selama berabad-abad kastil ini pernah hancur berkali-kali akibat perang dan kebakaran. Tempat ini akhirnya mendapatkan renovasi pertamanya pada tahun 1992 setelah peristiwa pertempuran Okinawa pada tahun 1945 lalu.

Tentunya kejadian menggemparkan ini cukup meninggalkan luka yang mendalam bagi masyarakat Jepang, terutama di wilayah Naha. Bukti peninggalan masa lampau yang seharusnya masih bisa disaksikan ke generasi berikutnya kini telah menghilang.

“Saya sangat sedih dengan kejadian ini, benar-benar terkejut.” demikian ungkapan kesedihan yang dilontarkan oleh walikota Naha, Mikiko Shiroma.

BACA JUGA: Berkunjung ke Dogo Onsen Honkan, Tempat Spa Tertua di Jepang

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apa yang memicu munculnya api di tempat ini. Penyebab kebakaran hingga saat ini masih diselidiki oleh pihak berwenang.

Kejadian ini membuat pemerintah setempat menggelar pertemuan mendesak untuk mengumumkan kabar dan segenap upaya yang telah dilakukan. Meski kebakaran telah melalap habis simbol dari kota Naha tersebut, tetapi untungnya tidak ada korban dari kejadian ini. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here