Berkunjung ke Dogo Onsen Honkan, Tempat Spa Tertua di Jepang

Menurut sejarahnya, sumber air panas yang ada di sana terbentuk sejak tiga ribu tahun lalu. Namun begitu, bangunannya baru didirikan pada tahun 1893.

Masyarakat Jepang sebagian besar memiliki kegemaran mandi menggunakan air panas. Oleh karenanya tak heran, jika di negara tersebut pengelolaan bisnis onsen tak pernah sepi peminat.

Onsen sendiri merupakan tempat pemandian air panas yang sumbernya berasal dari alam. Keberadaannya didukung dengan banyaknya gunung vulkanik yang dapat memasok sumber air panas.

Menelusuri Dogo Onsen Honkan

Mungkin Sahabat Silir bingung memilih onsen mana yang hendak dikunjungi. Maka dari itu, kami sarankan kepada Sahabat Silir untuk mencoba Dogo Onsen Honkan di kota Matsuyama, Perfektur Ehime, Pulau Shikoku.

Dogo Onsen Honkan

Alasan kami merekomendasikan tempat ini dikarenakan Dogo Onsen merupakan salah satu sumber pemandian air panas tertua yang ada di Jepang. Menurut sejarahnya, sumber air panas yang ada di sana terbentuk sejak tiga ribu tahun lalu. Namun begitu, bangunannya baru didirikan pada tahun 1893.

Bangunan di tempat ini memiliki arsitektur kuno khas Jepang yang didominasi material kayu. Tempat ini terdiri dari tiga lantai dengan menara kecil berhiaskan dekorasi bangau dari logam pada bagian puncaknya.

BACA JUGA: Nara Deer Park, Destinasi Wisata Jepang yang Ramah Anak

Sahabat Silir mungkin pernah menonton animasi Spirited Away yang pernah menyabet piala Oscar dalam kategori best animated feature pada tahun 2003. Diakui Hayao Miyazaki selaku sang animator, Dogo Onsen Honkan menjadi salah satu inspirasinya sebagai gambaran pelatarannya.

Tempat ini memuat dua kolam rendam, yang pertama adalah Kami no Yu di lantai satu dan Tama no Yume di lantai dua. Seperti tipe onsen pada umumnya, kolam berendam untuk laki-laki dan perempuan akan dipisahkan dengan pembatas.

Seperti halnya bangunan tradisional di Jepang, terdapat beberapa lorong labirin berkelok-kelok di dalam onsen ini. Sahabat Silir bahkan bisa menemukan ruang-ruang tersembunyi pada beberapa sudutnya.

Berapa harga yang dipatok untuk menikmati air panas di Dogo Onsen Honkan?

Untuk menikmati fasilitas relaksasi di tempat ini, terdapat beberapa paket harga yang terbagi dalam 4 level, dimulai dari harga 410 yen hingga 1550 yen. Masing-masing level menawarkan variasi durasi kunjungan, akses kolam, serta fasilitas ruang tambahan.

Apabila memilih level harga yang paling mahal, maka Sahabat Silir bisa mendapatkan ruang tatami privasi sembari mencicipi manis lembutnya kue botchan dango dengan secangkir teh matcha segar. Sahabat Silir juga bisa melakukan tur ke pemandian keluarga kerajaan Kaisar Jepang dengan merogoh kocek 260 yen.

BACA JUGA: Mengenal Kimono, Pakaian Tradisional Jepang yang Mendunia

Apabila Sahabat Silir datang ke tempat ini melalui Stasiun JR Matsuyama, perjalanan bisa disambung dengan kendaraan tram#5 untuk menuju ke sana. Sahabat Silir bisa juga menggunakan limousine bandara untuk menuju Bandara Matsuyama.

Sebelum berendam ke onsen, sebaiknya Sahabat Silir ketahui terlebih dahulu beberapa aturan dan larangannya. Pemandian air panas terkenal ini buka terus setiap harinya sejak pukul 6 pagi hingga 11 malam.

Jangan lewatkan juga untuk melakukan wisata belanja di sekitar Dogo dimana terdapat banyak toko yang menjual cinderamata dari kayu pernis, keramik, juga aksesoris mutiara. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

10 Rekomendasi Kegiatan Menarik Saat Berkunjung ke Kota Seoul

Apabila baru pertama kali jalan-jalan ke Korea Selatan, kota Seoul adalah destinasi pertama yang wajib Sahabat Silir kunjungi. Sebagai kota tujuan wisata utama, ada jutaan...

Dampak Berkelanjutan Game of Thrones Terhadap Nasib Kota Dubrovnik

Sebagai imbas kepopuleran film Game of Thrones, kota Dubrovnik kini tengah dihadapkan peliknya permasalahan ledakan turis (overturism). Dilansir dari Travel and Leisure (07/11/2019), jumlah...

Festival Pulau Penyengat 2019 Targetkan Kunjungan Wisata dari Dalam dan Luar Negeri

Festival Pulau Penyengat 2019 sudah di depan mata. Event tahunan Kepulauan Riau yang sudah masuk tahun ke empat kali ini akan dipusatkan di Balai...

Menapaki Jejak Tionghoa di Serpong di Klenteng Boen Hay Bio

Klenteng merupakan tempat ibadah bagi umat yang masih menganut kepercayaan tradisional dari tanah Tionghoa. Terdapat begitu banyak klenteng tua berusia ratusan tahun...

Chingay Parade, Perayaan Tahun Baru Imlek khas Warga Singapura

Sibuk Liburan - Singapura dikenal sebagai rumah bagi lebih dari 2 juta etnis China. Di Kota Singa itu, tidak kurang dari 70%...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...