Fakta Menarik dan Unik Tentang Forbidden City

Sibuk Liburan – China menawarkan banyak destinasi wisata menarik, mulai dari yang bernuansa, alam, kuliner, sejarah maupun budaya. Nah, khusus dua kategori disebut terakhir, Negeri Tirai Bambu menawarkan sebuah tempat wisata yang kuno, tetapi tetap asyik dikunjungi di jaman now. Namanya adalah Forbidden City.

Hadir sebagai istana dari zaman kekaisaran China, Forbidden City atau Kota Terlarang menawarkan banyak hal menakjubkan. Dalam artikel berikut, Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir mengetahui fakta menarik dan unik tentang Forbidden City.

1
Museum Terbesar di Dunia

Forbidden City adalah sebuah istana kerajaan pada masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Meski masa kekaisaran berakhir, tetapi bangunan ini tetap kokoh berdiri dan menjadi saksi kejayaan Negeri Tirai Bambu di masa lalu.

Hingga kini, istana ini pun menjadi simbol kejayaan China. Bukan hanya itu saja, Forbidden City menjadi museum terbesar di dunia dengan pengunjung mencapai sekitar 26 juta per tahun. Jumlah ini merupakan angka kunjungan museum terbesar di dunia.

2
Forbidden City Rumah dari 2 Dinasti

Sebagaimana sempat disebut di atas, Forbidden City merupakan istana pada masa kekaisaran China, tepatnya pada masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing.

Tercatat terdapat 24 kaisar yang pernah menempati istana ini. Dari jumlah tersebut, 14 diantaranya berasal dari Dinasti Ming, sedangkan sisanya berasal dari Dinasti Qing.

3
Istana Kuno Terbesar di Dunia

Forbidden City adalah istana kuno yang sangat besar. Luasnya mencapai  720 ribu meter persegi. Di dalamnya terdapat 980 unit bangunan. Ukuran Fobidden City jauh lebih luas dibandingkan dengan Vatikan atupun Kremlin yang masing-masing ‘hanya’ berukuran 440 meter persegi dan 275 ribu meter persegi.

4
Punya Hampir 1.000 Kamar

Demikian besarnya istana ini, jumlah kamar yang dimiliknya pun sangat banyak. Tak tanggung-tanggung, istana kuno ini memiliki hingga 9.999 kamar. Setiap kamar memiliki keunikan tersendiri dan dilengkapi patung.

Satu hal yang paling menarik adalah, semakin banyak jumlah patung yang ada di kamar tersebut, berarti penghuninya pun berstatus tinggi. Jumlah patung terbanyak adalah 10 buah.

5
Memiliki Tembok Tinggi dan Parit Lebar

Sebagai sebuah istana megah dan luas, bukan hal yang mengherankan jika Forbidden City pun memiliki konstruksi bangunan yang kokoh dan besar serta tinggi. Temboknya pun memiliki ketinggian hingga 10 meter.

Tentu, ukuran ini  bukan sesuatu yang menakjubkan jika dilihat dari perspektif masa kini—dimana gedung pencakar langit bertebaran di banyak negara di dunia. Namun, merujuk pada kondisi berates-ratus silam, tembok tersebut sangatlah tinggi.

Bukan hanya temboknya yang menjulang, istana kuno ini pun dilengkapi dengan parit yang lebar hingga 52 meter. Tak mengerankan jika dengan paritnya yang lebar itu dipadu rancangan halaman yang miring dan drainase bawah tanah yang canggih, air hujan tak meluap di permukaan istana.

Dengan demikian, kala debit air hujan atau banjir datang, air segera surut dan istana tidak kebanjiran.

Nah, demikian beberapa fakta menarik dan unik Forbidden City. Dengan segala kemegahan yang ditinggalkan, kini Forbidden City menjadi destinasi wisata penting di China. Mengunjungi Forbidden City bisa dilakukan kapan saja, baik musim panas maupun dingin.

Saat mengunjunginya di musim panas, Sahabat Silir akan dihadapkan pada riuh pengunjung dari berbagai penjuru dunia yang ingin menikmati setiap detil keindahan istana kuno ini. Namun, kala datang di musim dingin, bagian luar istana akan terutup salju, sehingga tak banyak detil eksterior istana yang terlihat.

Meski demikian, Sahabat Silir bisa mendapatkan suasana yang lebih tenang, syahdu sekaligus romantis. Jadi, mau ke Forbidden City kapan?!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru