5 Fakta Menarik Kota Harbin yang Harus Kamu Ketahui

Kota Harbin di China merupakan salah satu kota wisata musim dingin termeriah di dunia. Setiap tahunnya, Ibu Kota provinsi Heilongjiang di China Utara ini mendapat jutaan kunjungan wisata dari penjuru dunia.

Sibuk Liburan – Kota Harbin di China merupakan salah satu kota wisata musim dingin termeriah di dunia. Setiap tahunnya, Ibu Kota provinsi Heilongjiang di China Utara ini mendapat jutaan kunjungan wisata dari penjuru dunia.

Sebagian besar singgah di kala musim bersalju untuk menyaksikan Festival Musim Dingin Harbin. Dibalik kemeriahan perayaan musim dinginnya, ternyata Harbin menyimpan kisah-kisah menarik. Berikut 5 fakta menarik Kota Harbin yang harus Sahabat Silir ketahui.

Lokasi Festival Musim Dingin Terbesar di Dunia

Buat Sahabat Silir yang gemar bermain di atas salju dan es, Harbin di kala musim dingin bakal menjadi surga di atas dunia. Bagaimana tidak, sekitar bulan Desember hingga Februari tahun berikutnya, Kota Harbin akan menjelma menjadi kota es yang amat mengaggumkan.

Harbin
Festival Musim Dingin Harbin

Istana dan menara balok es berhias lampu LED akan disusun di beberapa lokasi untuk memeriahkan Festival Musim Dingin Harbin. Para pemahat es terbaik dari seluruh dunia akan berkumpul dan memahat tidak kurang dari 180 ribu meter kubik es menjadi bentuk-bentuk yang megah di atas lahan seluas 750 ribu meter persegi.

Saat ini, Festival Musim Dingin Harbin sudah masuk tahun ke-33 dan menjelma menjadi festival es terbesar di dunia.

Pemegang Rekor Menara Es Tertinggi

Tak cukup hanya menjadi lokasi Festival Musim Dingin terbesar di dunia, baru-baru ini Harbin juga memecahkan rekor pembangunan menara es tertinggi di dunia. Pada bulan Januari 2018, sebuah menara es berteknologi canggih di bangun di sebuah lokasi parkir di Kota Harbin.

Menara setinggi 103 meter tersebut menggabungkan es dengan serat kayu dan serat selulosa yang membuatnya lebih kokoh dan tidak mudah mencair.

Kota Metropolitan Terdingin di Dunia

Kota Harbin dikenal sebagai kota metropolitan terdingin dunia. Julukan ini bukan sekedar kiasan. Di siang hari yang cerah saja temperatur dalam kota bisa mencapai -13ºC sampai -30ºC. Hal ini disebabkan lokasi Kota Harbin yang sangat dekat dengan daerah hembusan udara dingin yang kering dari Siberia.

Meskipun sangat dingin, Harbin ternyata merupakan kota yang sangat besar. Wilayah kota dan sekitarnya seluas 53,068 km² tersebut dihuni oleh 10 juta jiwa penduduk yang didominasi oleh etnis Han.

Bekas Bagian dari Russia

Menurut catatan sejarah, Harbin merupakan kota yang dibangun untuk mendukung pembangunan jalur kereta api China bagian timur yang dibiayai pemerintah Russia. Dari sinilah, Harbin menjelma menjadi pemukiman para pekerja jaringan kereta. Sampai awal tahun 1900an, kota ini semakin ramai ditinggali orang Russia yang membaur bersama penduduk lokal.

Harbin lantas berubah menjadi kota internasional setelah kedatangan orang-orang Eropa yang menetap untuk bekerja. Gelarnya ini pun masih dipertakankan hingga kini. Bahkan sebagian papan penunjuk jalan dibuat dalam tiga bahasa: Mandarin, Inggris, dan Russia.

Dipenuhi Kuliner Russia

Berkat pengaruh kebudayaan Russia yang masih kental di Harbin, tak ayal menjadikan Harbin sebagai pusat kuliner Russia di China. Tempat makan yang ramai di pusat kota sebagian besar menyediakan roti dan kudapan khas Russia dan pastry ala Eropa. Bahkan tidak sulit rasanya untuk menemukan tempat makan Russia yang memang diperuntukan menjamu wisatawan Russia.

Bagaimana, apakah Sahabat Silir tertarik mengunjungi kota es yang satu ini? Apabila Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke China saat musim dingin, Kota Harbin pantas menjadi pilihan-mu. Saat terbaik untuk merasakan sensasi wisata musim dingin di Harbin adalah sekitar bulan Januari hingga Februari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Tips Liburan Ala Mahasiswa yang Ngga Bikin Kantong Jebol

Apabila Sahabat Silir merupakan seorang mahasiswa, tak perlu menunggu mapan terlebih dahulu untuk bisa merencanakan liburan ke suatu tempat. Kegiatan traveling terbilang cukup patut untuk dilakukan...

Dipanjat Orang Tak Dikenal, Menara Eiffel Sementara Ditutup

Sibuk Liburan - Dunia pariwisata dunia dihebohkan dengan dipanjatnya menara ikonik, Menara Eiffel di Paris, Prancis. Sebagaimana dikutip dari BBC, (20/5/2019), seorang...

Tak Disangka! 5 Hal Sepele Ini Sering Dibutuhkan Saat Traveling

Sibuk Liburan - Mempersiapkan perjalanan jelang liburan merupakan hal yang harus diperhatikan secara seksama. Kadang kala seseorang sering luput atau mengalami kebutuhan mendadak dengan...

Belanja Oleh-oleh Di Hainan, Dapat Apa Saja?

Mendengar kata Hainan yang terlintas adalah Nasi Ayam Hainan yang dimasak dengan bumbu sederhana tetapi kelezatannya sudah mendunia. Namun, Hainan tidak hanya...

Serunya Memanjat Langit Tokyo dari Tokyo Skytree

Sibuk Liburan - Tokyo Skytree merupakan salah satu destinasi yang patut dikunjungi jika berjalan-jalan ke daerah Tokyo. Terletak di distrik Sumida, menara...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!