Menengok Kemegahan Festival Musim Dingin di Kota Harbin China

Musim dingin adalah musim yang paling tepat untuk berkunjung dan menghabiskan waktu di Kota Harbin di China. Saat musim bersalju tiba, kota terpadat ke-8 di China ini menyuguhkan banyak sekali atraksi bertajuk Festival Musim Dingin yang mempesona.

0
441
Festival Musim Dingin Harbin
Festival Musim Dingin Harbin

Sibuk Liburan – Musim dingin adalah musim yang paling tepat untuk berkunjung dan menghabiskan waktu di Kota Harbin di China. Saat musim bersalju tiba, kota terpadat ke-8 di China ini menyuguhkan banyak sekali atraksi bertajuk Festival Musim Dingin yang mempesona.

Selama kurang lebih empat bulan (Desember-Maret tahun berikutnya) Kota Harbin akan menjelma menjadi pusat keramaian bertabur menara dan istana es yang berpadu dalam Festival Musim Dingin Harbin. Seperti apa kira-kira kemeriahannya? Melalui artikel berikut ini, Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir menengok kemegahan Festival Musim Dingin di Kota Harbin.

Festival Musim Dingin di Kota Harbin dikenal pula dengan sebutan Harbin International Snow and Ice Festival. Acara tahunan ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1985 dan dikenal sebagai salah satu festival es terbesar di dunia. Bersanding dengan Sapporo Snow Festival di Jepang, Quebec Winter Carnival di Canada, and Holmenkollen Ski Festival di Norwegia.

Di antara tiga titik festival di Harbin, Ice and Snow World menjadi pameran utama yang menampilkan patung dan kesenian pahat es di Kota Harbin. Di tempat itu, ribuan patung dan menara es yang menjulang berhias gemerlap lampu LED menunggu untuk dikagumi. Tidak main-main, istana es di Harbin Ice and Snow World tingginya menyamai istana sungguhan.

Harbin
Festival Musim Dingin Harbin

Harbin Ice and Snow World menempati area seluas 750 ribu m2 yang menampung tidak kurang dari 180 ribu kubik balok es. Seluruh bongkahan-bongkahan es tersebut diambil dari Sungai Songhua dengan melibatkan lebih dari 50 petani es yang bekerja selama 20 hari tanpa henti. Sementara itu, proses pemahatan es dilakukan oleh para pemahat terbaik dari penjuru dunia yang dikumpulkan dalam sebuah kompetisi.

Di samping Harbin Ice and Snow World, Ice Lantern Show di Taman Zhaolin juga menjadi salah satu lokasi festival musim dingin Harbin. Pameran lentera es di Zhaolin menampilkan tidak kurang dari 1.000 pahatan es berskala kecil dan lentera-lentera es beraneka warna yang menambah cantik suasana malam. Di Ice Lantern Show, pengunjung akan menemukan bentuk-bentuk pahatan unik bernuansa folklore Tiongkok yang sangat eksotis.

Selain kedua festival es di atas, Harbin juga mengajak wisatawan terbuai dalam keindahan kesenian salju yang dibentuk menjadi patung-patung unik yang memanja mata. Harbin Snow Fair yang digelar di Sun Island merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan keajaiban ini.

Pameran salju yang berada di sebelah utara Sungai Songhua tersebut hanya bisa dikunjungi pada siang hari. Tempatnya pun begitu unik, tepat di atas anak Sungai Songhua yang membeku.

Selain Festival Musim Dingin, Harbin juga memiliki beberapa tujuan wisata musim dingin lainnya yang sangat ikonik. Tidak heran, meskipun begitu dingin di kala siang hari yang cerah, Ibu Kota Provinsi Heilongjiang, China, ini tak pernah sepi kunjungan wisata saat musim dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here