Intip Meriahnya Lima Festival Musim Semi yang Ada di Jepang

Musim semi di boleh dikatakan sebagai salah satu musim terbaik untuk mengunjungi Jepang. Sahabat Silir dapat dengan mudahnya menemukan sejumlah spot yang menawarkan keindahan pemandangan Sakura yang bermekaran.

Tak heran, ada banyak tradisi dan perayaan yang biasa dilakukan warga Jepang dalam menyambut musim ini seperti tradisi Hanami (piknik di bawah pepohonan Sakura) hingga festival unik di tiap daerah. Oleh karena itu kami akan rangkum lima festival tahunan musim semi di Jepang yang bisa membuat acara berlibur Sahabat Silir semakin menarik:

Festival Musim Semi di Jepang
Festival Musim Semi di Jepang

Bunkyo Tsutsuji Matsuri

Festival ini diadakan di kuil Nezu yang merupakan kuil tertua di Jepang. Jelang bulan April, para pengunjung bisa menikmati jajaran pemandangan 100 jenis bunga Azalea yang bermekaran di area seluas hampir 1 hektar. Bangunan kuil Nezu masih mempertahankan bentuk aslinya sejak zaman Edo.

Menariknya lagi, terdapat jajaran gerbang torii Shinto dengan warna merah menyala di sepanjang jalan setapak di kuil ini. Berfoto di kuil Nezu pada musim semi dijamin akan memberikan hasil jepretan foto layaknya pro.

Festival Omizutori

Festival ini biasanya berlangsung dari tanggal 1 hingga 12 Maret yang diadakan di Kuil Todaji, Nara. Gelaran ini memiliki acara unik yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung yaitu dinyalakannya obor raksasa bernama otaimatsu. Otaimatsu memiliki variasi panjang yang bisa mencapai 8 meter dengan durasi pembakaran yang berbeda-beda.

Saat dinyalakan, otaimatsu yang membara mampu menerangi seisi kuil di waktu gelap. Omizutari sendiri merupakan ritual pengambilan air suci di bawah kuil oleh para pendeta yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Festival Nagahama Hikiyama

Nagahama Hikiyama adalah salah satu dari tiga festival dengan arak-arakan terbesar di Jepang yang diyakini sudah ada sejak zaman Momoyama. Pagelaran meriah ini sangat dikenal akan pertunjukan kabuki (seni teater tradisional Jepang) yang dimainkan oleh anak-anak dengan rentang usia 5 hingga 12 tahun.

Festival Plum Mito

Festival ini bertempat di Kairakuen yang berada di kota Mito, Perfektur Ibaraki. Kairakuen adalah salah satu dari tiga taman terpopuler yang ada di wilayah Jepang selain Kenrokuen yang ada di Kanazawa dan Korakuen di Okayama. Disini Sahabat Silir bisa menikmati keindahan bunga plum yang bermekaran pada bulan Februari sebagai penanda berakhirnya musim dingin.

Selain memandangi bebungaan, Sahabat Silir bisa melihat Koubuntei yang merupakan bangunan kuno tiga lantai tempat berkumpulnya para seniman dan sastrawan zaman dahulu. Tak hanya itu, Sahabat Silir juga bisa mencoba merasakan hikmadnya upacara minum teh (Nodate) atau menikmati Yagai no Koto no kai yang merupapkan permainan musik Koto di luar ruangan.

Festival Musim Semi Shonan Enoshima

Apabila Sahabat Silir ingin menikmati kemeriahan festival musim semi dengan pemandangan pantai yang menyejukan, Pantai Kamakura di wilayah Enoshima bisa jadi pilihan tepat. Berbagai pertunjukan menarik dan seru banyak diselenggarakan di tempat ini. Sahabat Silir juga bisa melihat Haiku atau seni menulis puisi di Enoshima.

Selain itu, masih ada banyak festival menarik dan unik lainnya yang ada di Negeri Sakura ini, seperti festival kesuburan Kanamara yang ada di perfektur Kanagawa hingga tiga perayaan matsuri paling akbar di Tokyo seperti Sanja, Sanno dan Kanda matsuri.

Setiap perayaan merupakan bentuk antusiasme tersendiri dari warga Jepang dalam memaknai dan menghargai pergantian musim yang terjadi. Jangan lewatkan juga untuk mengikuti aktivitas kesenian merangkai bunga (ikebana) yang dapat mengembangkan kreatifitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Jihane Almira, Runner Up 2 Puteri Indonesia 2020 yang Suka Wisata Adventure

Kontes kecantikan Puteri Indonesia 2020 belum lama ini selesai digelar. Ayu Maulida Putri dinobatkan sebagai pemenang dalam kontes tersebut.

7 Fakta Unik Makanan di Pesawat Terbang, Seperti Apa Ya?

Salah satu pertanyaan saat kita bepergian dengan pesawat adalah seperti apa ya makanan di pesawat yang disajikan? Enak atau tidak?

Efek Pemanasan Global Ancam Sejumlah Keberadaan Situs Warisan Dunia

Sibuk Liburan - Efek buruk pemanasan global mulai menampakan tanda-tandanya di muka bumi. Umat manusia kini harus bersiap menghadapi tantangan berat dengan...

Intip Meriahnya Lima Festival Musim Semi yang Ada di Jepang

Musim semi di boleh dikatakan sebagai salah satu musim terbaik untuk mengunjungi Jepang. Sahabat Silir dapat dengan mudahnya menemukan sejumlah spot yang...

Piknik Romantis di Taman Bunga Keukenhof Belanda

Bunga acap kali digunakan sebagai lambang romantis. Tak mengherankan jika dalam sebuah pesta atau perhelatan hiasan bunga acap kali dijadikan elemen penting. Selain mengesankan romantis,...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...