Intip Meriahnya Lima Festival Musim Semi yang Ada di Jepang

0
306
Festival Musim Semi di Jepang
Festival Musim Semi di Jepang

Musim semi di boleh dikatakan sebagai salah satu musim terbaik untuk mengunjungi Jepang. Sahabat Silir dapat dengan mudahnya menemukan sejumlah spot yang menawarkan keindahan pemandangan Sakura yang bermekaran.

Tak heran, ada banyak tradisi dan perayaan yang biasa dilakukan warga Jepang dalam menyambut musim ini seperti tradisi Hanami (piknik di bawah pepohonan Sakura) hingga festival unik di tiap daerah. Oleh karena itu kami akan rangkum lima festival tahunan musim semi di Jepang yang bisa membuat acara berlibur Sahabat Silir semakin menarik:

Festival Musim Semi di Jepang
Festival Musim Semi di Jepang

Bunkyo Tsutsuji Matsuri

Festival ini diadakan di kuil Nezu yang merupakan kuil tertua di Jepang. Jelang bulan April, para pengunjung bisa menikmati jajaran pemandangan 100 jenis bunga Azalea yang bermekaran di area seluas hampir 1 hektar. Bangunan kuil Nezu masih mempertahankan bentuk aslinya sejak zaman Edo.

Menariknya lagi, terdapat jajaran gerbang torii Shinto dengan warna merah menyala di sepanjang jalan setapak di kuil ini. Berfoto di kuil Nezu pada musim semi dijamin akan memberikan hasil jepretan foto layaknya pro.

Festival Omizutori

Festival ini biasanya berlangsung dari tanggal 1 hingga 12 Maret yang diadakan di Kuil Todaji, Nara. Gelaran ini memiliki acara unik yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung yaitu dinyalakannya obor raksasa bernama otaimatsu. Otaimatsu memiliki variasi panjang yang bisa mencapai 8 meter dengan durasi pembakaran yang berbeda-beda.

Saat dinyalakan, otaimatsu yang membara mampu menerangi seisi kuil di waktu gelap. Omizutari sendiri merupakan ritual pengambilan air suci di bawah kuil oleh para pendeta yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Festival Nagahama Hikiyama

Nagahama Hikiyama adalah salah satu dari tiga festival dengan arak-arakan terbesar di Jepang yang diyakini sudah ada sejak zaman Momoyama. Pagelaran meriah ini sangat dikenal akan pertunjukan kabuki (seni teater tradisional Jepang) yang dimainkan oleh anak-anak dengan rentang usia 5 hingga 12 tahun.

Festival Plum Mito

Festival ini bertempat di Kairakuen yang berada di kota Mito, Perfektur Ibaraki. Kairakuen adalah salah satu dari tiga taman terpopuler yang ada di wilayah Jepang selain Kenrokuen yang ada di Kanazawa dan Korakuen di Okayama. Disini Sahabat Silir bisa menikmati keindahan bunga plum yang bermekaran pada bulan Februari sebagai penanda berakhirnya musim dingin.

Selain memandangi bebungaan, Sahabat Silir bisa melihat Koubuntei yang merupakan bangunan kuno tiga lantai tempat berkumpulnya para seniman dan sastrawan zaman dahulu. Tak hanya itu, Sahabat Silir juga bisa mencoba merasakan hikmadnya upacara minum teh (Nodate) atau menikmati Yagai no Koto no kai yang merupapkan permainan musik Koto di luar ruangan.

Festival Musim Semi Shonan Enoshima

Apabila Sahabat Silir ingin menikmati kemeriahan festival musim semi dengan pemandangan pantai yang menyejukan, Pantai Kamakura di wilayah Enoshima bisa jadi pilihan tepat. Berbagai pertunjukan menarik dan seru banyak diselenggarakan di tempat ini. Sahabat Silir juga bisa melihat Haiku atau seni menulis puisi di Enoshima.

Selain itu, masih ada banyak festival menarik dan unik lainnya yang ada di Negeri Sakura ini, seperti festival kesuburan Kanamara yang ada di perfektur Kanagawa hingga tiga perayaan matsuri paling akbar di Tokyo seperti Sanja, Sanno dan Kanda matsuri.

Setiap perayaan merupakan bentuk antusiasme tersendiri dari warga Jepang dalam memaknai dan menghargai pergantian musim yang terjadi. Jangan lewatkan juga untuk mengikuti aktivitas kesenian merangkai bunga (ikebana) yang dapat mengembangkan kreatifitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here