Gara-gara Virus Corona, Maskapai dan Bandara Ini Rugi Besar!

Merujuk pada info dari penyedia sistem distribusi global (Global Distribution System) terkait perjalanan yang bernama Cirium, terdapat sekitar 90.607 penerbangan domestik hingga internasional dari dan ke China dibatalkan.

Virus corona yang menyebar dari Wuhan, China telah menyebabkan persoalan besar. Bukan saja menyebabkan jatuhnnya korban jiwa dan sakit, melainkan juga menyebabkan kerugian perusahaan dan negara. Akibat mewabahnya virus tersebut banyak penerbangan harus dibatalkan.

Wal hasil, banyak maskapai dan bandara yang mengalami banyak kerugian. Berikut adalah maskapai dan bandara yang mengalami kerugian besar akibat virus yang disebut-sebut biangnya dari hewan itu.

Gara-gara Virus Corona, Maskapai dan Bandara Ini Rugi Besar!

Merujuk pada info dari penyedia sistem distribusi global (Global Distribution System) terkait perjalanan yang bernama Cirium, terdapat sekitar 90.607 penerbangan domestik hingga internasional dari dan ke China dibatalkan akibat virus Corona.

Dikutip dari detik.com yang menerima keterangan pers dari Cirium, jumlah tersebut merepresentasikan 10,8% dari total keseluruhan penerbangan ke China.

Bukan saja pembatalan yang sangat banyak, sejumlah maskapai penerbangan di Negeri Panda juga mengalami banyak kerugian antara periode 23 hingga 28 Januari 2020. Maskapai China Eastern disebut-sebut sebagai maskapai dengan kerugian terbesar.

Maskapai dan Bandara

Akibar virus corona, maskapai asal Shanghai itu terpaksa membatalkan sekitar 1.591 penerbangannya selama periode tersebut. Pembatalan penerbangan itu sendiri terdiri dari 1.529 penerbangan domestik dan 62 penerbangan internasional.

Selain itu, ada pula China Southern yang mengalai kerugia besar akibat pembatalan 1.425 penerbangan domestik dan 85 penerbangan internasional. Maskapai China lain yang mengalai ‘rugi bandar’ adalah Xiamen Airlines. Maskapai ini juga harus membatalkan 837 penerbangan, terdiri dari 828 penerbangan domestik dan 9 penerbangan internasional.

Sementara itu, bandara di China yang mengalami kerugian besar akibat merebaknya virus corona tercatat ada beberapa tempat. Bandara yang paling dirugikan adalah Bandara Wuhan dengan 2.406 pembatalan penerbangan.

Maskapai dan Bandara
Suasana Bandara Wuhan

Bisa dipahami besarnya kerugian yang diderita bandara ini, mengingat virus corona sendiri bersarang di kota Wuhan. Bandara Beijing juga tercatat mengalami kerugian besar akibat 920 pembatalan penerbangan disusul Bandara Guangzhou yang harus membatalkan 829 penerbangan.

Di samping nama-nama itu, Bandara Shanghai dan Xi’an juga masuk dalam daftar bandara di China yang mengalami kerugian besar akibat virus corona.

Kerugian akibat virus corona tak hanya dirasakan oleh China saja, melainka juga oleh negara lain. Thailand sebagai negara kedua yang terjangkit virus ini juga mengalami kerugian serupa.

Negeri Gajah Putih mengalami kerugian bukan lantaran pembatalan penerbangan, melainkan menyusutnya secara drastis wisawatan asal China. Hal ini pun berpotensi mengurangi pendapatan negara dari sektor pariwisata—yang mana merupakan pendapatan utama bagi negara tersebut.

Kerugian akibat berkuranganya turis asal China ini bahkan digadang-gadang menembus 50 milyar Thailand Baht atau sekitar 22 triliun rupiah sebagaimana diungkapkan pihak otoritas pariwisata Thailand atau TAT.

Sehubungan dengan merebaknya virus corona tersebut, pemerintah Indonesia juga mulai membatasi kunjungan keluar dan masuk China, selain juga terus berupaya memulangkan WNI yang ada di Negeri Tirai Bambu. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Istanbul Turki, Indahnya Kota Dua Benua

Turki merupakan negara transkontinental karena sebagian wilayahnya masuk Benua Asia dan sebagian lainnya menjadi bagian dari Benua Eropa. Kota terbesar di negara ini adalah...

5 Restoran Jakarta yang Bikin Serasa Tersedot ke Masa Lalu

Sibuk Liburan -Sahabat Silir mungkin pernah merasa penasaran dengan suasana waktu masa lampau jauh sebelum saat ini. Untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut,...

10 Maskapai Ini Diklaim Teraman di Dunia Tahun 2020

Di era globalisasi seperti saat ini mobilitas orang kian tinggi. Bukan saja antara wilayah atau negara, menerabas benua bahkan hal yang biasa....

Mega RockStar Trip dan Perjalanan Impian ke Macau (Bagian 3-Selesai)

Meneruskan cerita Abim soal kolam renang tadi. Anda yang ingin menghilangkan penat setelah mengelilingi Macau juga bisa berendam di outdoor jacuzzi sambil...

Mengenal Kuliner Harbin, dari Ciri Khas Hingga Resto Terkenalnya

Harbin kondang dengan Festival Musim Dingin yang digelar setiap tahun. Telah diselenggarakan selama lebih dari 3 dasawarsa, tak mengherankan jika festival es...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp