Gelaran Event FPPK 2019 Kota Ende Bangkitkan Semangat Nasionalisme

0
341

Sibuk Liburan – Sayup-sayup penyelenggaraan Festival Parade Pesona Kebangsaan (FPPK) akan segera digelar pada 29 Mei hingga 1 Juni 2019 mendatang di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Penyelenggaraannya sendiri memang sengaja bertepatan dengan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni.

Festival tersebut akan menampilkan berbagai atraksi dan parade yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme bagi seluruh masyarakat. Pelaksanaannya akan dimulai dari pagelaran Fashion Show Kain Tenun Ikat Ende pada 29 Mei 2019. Dengan menampilkan desain kontemporer, iring-iringan akan bertolak dari depan kantor Dinas Pariwisata Ende di Jalan Soekarno kemudian berakhir di Museum Tenun Ikat.

https://www.youtube.com/watch?v=FVZGCVuEVYQ

Di hari berikutnya pada 30 hingga 31 Mei 2019, serangkaian acara akan diselenggarakan di Lapangan Pancasila Ende. Beberapa kegiatan yang akan ditampilkan antara lain, tari-tarian dan lagu daerah yang diiringi instrumen musik tradisional.

Selain itu, penyelenggaraan yang tak kalah heboh adalah Ende Culture Expo. Kegiatan acara ini akan menampilkan berbagai produk kerajinan tangan serta makanan khas daerah setempat. Bagi para pecinta kopi, tentunya tak boleh melewatkan Festival Kopi yang akan memberikan materi tentang kopi beserta filosofinya.

Namun begitu, puncak kemeriahan yang paling ditunggu-tunggu dari event akbar ini adalah Parade Laut. Dalam pelaksanannya pada 31 Mei 2019 nanti, sebanyak 100 unit perahu akan berlayar dari Pulau Ende menuju Pelabuhan Ende dari pukul 09.00 WITA hingga 12.00 WITA.

Pada malam sebelum penyelenggaraannya, parade ini akan didahului dengan rangkaian ritual seperti upacara deba serta zikir yang dilakukan oleh tokoh masyarakat dan para pemuka agama setempat. Semua perahu pada Parade Laut nantinya akan dipimpin oleh kapal KRI Angkatan Laut.

Seperti yang dilansir dari detiktravel (24/04/2019), Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende Erson Duka menyebutkan bahwa FFPK memiliki tujuan untuk membangkitkan kembali semangat nasionalisme dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan. Pesertanya sendiri kebanyakan berasal dari 21 kecamatan di Kabupaten Ende yang tergabung dalam kelompok sanggar dan paguyuban-paguyuban Nusantara.

Menurut Erson, FPPK merupakan satu dari kegiatan 4 event nasional yang masuk ke dalam Calender of Tourism Event nasional. Penyelenggaraannya sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan produk unggulan daerah kepada pelaku usaha serta investor dari dalam dan luar negeri.

Esthy Reko Astuti selaku Ketua Calender of Event (CeO) Kemenpar menuturkan bahwa FPPK merupakan ikon wisata sejarah budaya bagi kota Ende. Di kota inilah Bung Karno mendapatkan inspirasi perumusan butir-butir ideologi Pancasila yang kini menjadi dasar negara Indonesia.

Kemenpar Arief Yahya berharap acara ini akan terus dikelola secara berkesinambungan dengan lebih kreatif lagi. Ditambahkan oleh Arief, pihak pemerintah senantiasa akan mendukung keberlangsungan acara melalui tiga langkah, yaitu digitalisasi pemasaran, pembangunan homestay desa wisata dan aksesibilitas bandara. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here