Grojogan Sewu, Destinasi Air Terjun di Lereng Gunung Lawu

0
887
Grojogan Sewu

Sibuk Liburan – Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa banyak sekaligus indah. Bak surga dunia, Nusantara dimanjakan dengan pepohonan hijau, samudra luas dipenuhi ikan-ikan menawan, gunung, tebing nan menjulang indah dengan begitu kokohnya hingga sungai nan jernih mengalir dengan air terjun yang begitu deras.Bentukan alam Indonesia yang memiliki banyak gunung pun tak dipungkiri membuat negeri ini begitu kaya akan air terjun. Salah satunya adalah Grojogan Sewu yang merupakan destinasi wisata air terjun yang berada di lereng Gunung Lawu.

Warga sekitar suka menyebut bila bepergian ke tempat ini ke Tawangmangu lantaran memang lokasi Grojogan Sewu berada di kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Ketenaran Grojogan Sewu sebagai wisata air sudah menggema sejak lama, yaitu sejak zaman Hindia Belanda.

Apabila bertandang ke tempat ini, Sahabat Silir sebaiknya menyiapkan fisik. Begitu turun dari kendaraan, Sahabat Silir perlu berjalan cukup jauh untuk menuju tangga menuju air terjun Grojogan Sewu. Apabila tak ingin berjalan, barangkali bisa memilih ojek untuk mengantarkan menuju tangga masuk. Berada di kawasan tangga masuk, tantangan pun dimulai! Sahabat Silir harus siap melewati sebnayak 1,250 anak tangga sebelum akhirnya menjumpai keindahan Grojogan Sewu.

Meski tak sedikit tangga yang harus diewati, tetapi percayalah rasa capek tidak akan terasa lantaran keasyikan melihat hijau pemdangan di kanan kiri tangga. Udara sejuk di kawasan ini juga membuat badan lebih terasa fresh dan tak merasa jengah meski sebenarnya cukup terengah melewati tangga-tangga tersebut. Sesampainya di bawah, Sahabat Silir akan melihat lukisan Tuhan yang begitu megah. Air mengucur begitu deras dari ketinggian menerba bebatuan, membuat jatuhnya air tampak begitu indah. Sahabat Silir yang suka bermain air pastikan untuk mendekati dan bermain di bawah grojogan-nya (shower­ alaminya) itu. Tentu saja, Sahabat Silir harus tetap berhati-hati agar tak tergelincir di antara bebatuan licin.

Sahabat Silir yang tak menyukai nyebur ke air pun tak perlu risau. Pasalnya, Sahabat Silir masih bisa menikmati keindahan air terjun Grojogan Sewu dengan cara yang lain. Sekedar duduk di bawah pohon rindang yang ada di sekitaran air terjun ini menjadi cara ternyaman menikmati keindahan air terjun itu sembari menghirup sejuknya udara lereng Gunung Lawu. Berswa foto di berbagai spot menarik di kawasan ini juga menjadi cara lain menikmati keindahan air terjun ini.

Sahabat Silir yang berlibur bersama si kecil tak perlu khawatir mereka akan rewel. Pasalnya, tak jauh dari lokasi air terjun juga terdapat beberapa wahana permainan seperti ayunan bahkan kolam renang anak. Usai puas melancong, jangan lupa untuk sejenak menyantap kuliner khas di air terjun Grojogan Sewu, yaitu sate kelinci. Banyak penjaja sate tersebut di kawasan ini. Sahabat Silir bisa menikmati gurihnya sate hewan nan imut-imut itu ditemani desis angin yang sesekali terdengar dari pepohonan. Ohh begitu nikmat dan syahdu! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here