Gunung Alishan, Spot Tepat Lihat Keindahan Sakura di Taiwan

Gunung Alishan merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Taiwan. Akomodasi yang lengkap dan pemandangan yang indah siap menyambut Sahabat Silir.

Keindahan alam memang tiada duanya, apalagi melihat bunga-bunga indah berwarna-warni bermekaran. Nah, salah satu bunga indah itu adalah bunga sakura yang memiliki warna merah, putih, dan merah muda (pink).

Bunga ini banyak tumbuh di negara Jepang. Walau begitu, ternyata untuk melihat bunga sakura ini bisa pula terlihat dari Taiwan, tepatnya di kawasan pegunungan, yakni Gunung Alishan, Chiayi.

BACA JUGA: Queen’s Head Rock, Destinasi Wajib Di Taiwan

Bagi Sahabat Silir yang penasaran berapa waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke Gunung Alishan ini, ternyata hanya sekitar 2 jam menaiki bus, atau setara dengan 65 kilometer.

Lalu, apa saja yang perlu diketahui saat hendak akan menuju ke Gunung Alishan, Chiayi? Transportasi apa yang digunakan, serta berapa biaya yang dibutuhkan dalam melakukan perjalanan ini? Simak jawabannya berikut ini!

Indahnya Bunga Sakura di Gunung Alishan

Banyak yang mengira bahwa, untuk melihat bunga sakura, maka kita harus naik di atas puncak gunung Alishan. Namun, nyatanya tak harus begitu. Pasalnya, untuk melihat indahnya bunga yang mekarnya setahun sekali itu, bisa dipandangi sepanjang jalan ketika kita melakukan perjalanan ke puncak.

Salah satu sudut tempat mekannya bunga sakura di Alishan

Hmm.. sudah terbayang bukan, keindahan bunga sakura terhampar di hadapan mata. Duh, Sahabat Silir yang menyukai selfie, jangan sampai kamera off ya. Pemandangannya sangat sayang dilewatkan dan diabadikan!

Selain bisa menikmati indahnya bunga sakura ini, para pengunjung pun bisa melihat hiburan lain seperti suatu pertunjukkan tarian tradisional dari suku Tsou, yang merupakan penduduk asli dari Gunung Alishan.

Pertunjukan tari tersebut, diadakan hingga dua kali dalam sehari, yakni pada pukul 10.00 untuk sesi pertama, serta pukul 14.00 untuk sesi kedua. Di kawasan tersebut juga terdapat tempat wisata bersejarah, yakni bernama Yuyu Pas Farm, yang berisikan sejarah dari suku Tsoa serta adat budaya mereka.

Waktu terbaik untuk berwisata ke Gunung Alishan

Waktu yang tepat untuk berwisata ke Gunung Alishan, yakni antara bulan Maret sampai dengan April. Karena diperkirakan pada bulan inilah sakura akan mulai tumbuh,  jadi Sahabat Silir bisa mulai mempersiapkannya.

Adapun hal yang perlu diingat, yakni di malam hari Gunung Alishan ini suhunya bisa turun hingga 11 derajat Celcius. Sebab itulah, apabila ada yang berencana untuk berkunjung ke Gunung ini, bawalah baju hangat supaya aman dan tak terlalu kedinginan.

Perkiraan budget untuk Menuju ke Gunung Alishan

Harga tiket dalam ulasan Alishan ini memang beragam nominalnya. Hal ini memang disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk faktor yang pertama, apakah perjalanan ini mengikuti tour atau dalam wisata sendiri yang biasa disebut dengan backpacker.  

Tak dipungkiri, menggunakan jasa tour and travel, maka biayanya pun agak lebih mahal dari biasanya. Sebaliknya, apabila melakukan perjalanan sendiri, maka kita bisa pilih sendiri menggunakan jenis pesawat,  atau transportasi lain serta berbagai promo lain-lainnya.

Meskipun begitu, masing-masing  pilihan memang kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berbeda halnya dengan backpacker yang ribet, mengunakan jasa tour, wisata jadi lebih rapid an praktis. Terlepas dari itu, Sahabat Silir bisa memperkirakan sendiri ketika akan berwisata, tentu semua harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Namun jika akan bepergian sendiri, maka sangat disarankan untuk membawa patner, teman, atau lain-lainnya untuk meneman. Hal ini penting, karena bila di negeri orang kita bisa saja tersesat atau salah jalan, bahkan bisa saja ada orang asing yang belum kita kenal mendekat untuk hal yang negatif. Sahabat Silir bisa juga pergi dengan seorang yang pintar bahasa Asing di negara tujuan, supaya lebih mudah berinteraksi dengan masyarakatnya.

Oleh karena mengatur sendiri segala sesuatunya, backpacker jelas bakal lebih hemat biaya. Hal ini berbeda dengan menggunakan jasa tour. Menjembatani kekhawatiran banyak pihak akan pembengkakan biaya piknik ke Alishan dengan jasa tour, Sibuk Liburan pun menghadirkan paket yang terjangkau, tetapi berkualitas.

Namun jika memang Sahabat Silir menyukai kebebasan, maka backpacker recomended untuk dicoba, karena tidak ada aturan waktu, dan kita bisa bebas sendiri di suatu tempat.

Pemandu Wisata Saat Menuju ke Gunung Alishan

Disetiap akan berwisata di suatu tempat, pasti terdapat pemandu wisata yang akan memimpin jalannya menuju tempat lokasi. Nah, sama halnya untuk melihat bunga sakura, maka harus terdapat pemandu yang hapal jalan dengan baik, dan menuntun kita.

Untuk pemandu perjalanan ketika kita sudah berada di Gunung Alishan ini sendiri ternyata adalah orang asal Taiwan sendiri ya Sahabat Silir. Jadi saat kita ke sana, usahakan belajar sedikit bahasa asli, karena kemungkinan penduduk aslinya tidak terlalu fasih dalam berbahasa Inggris.

Tapi tenang saja, karena dijaman modern kini sudah teredapat kamus online yang bisa merekam dan menerjemahkannya secara langsung, jadi bepergian pun semakin mudah.

Menggunakan Transportasi Kereta atau Bus untuk Menuju Gunung Alishan

Demi melihat bunga sakura dan pemandangan indah puncak Gunung Alishan, kita pun harus menempuh jarak yang diakui cukup jauh. Tapi tak usah bingung karena disana sudah terdapat kereta ataupun bus untuk membawa kita ke lokasi tujuan.

Untuk jenis kereta pun ada dua loh, yang pertama kereta biasa dan kereta cepat (high speed train). Pada kereta cepat, maka kita bisa saja menempuh jarak sekitar 261 kilometer dari kota taipei sampai Chiayi, sehingga hanya 1 jam 20 menit kita sudah sampai ke stasiun kereta Chiayi.

Namun dari stasiun, maka para wisatawan pun bisa melanjutkan perjalanan lagi menggunakan kereta atau bus khusus untuk kawasan Gunung Alishan. Biasanya ketika ada festival sakura, maka bus akan lebih cepat berangkat, yakni setiap 30 menit sekali.

BACA JUGA: Menggugah Selera, Ini Daftar 5 Kuliner Taiwan Terpopuler

Mengapa lebih disarankan dengan angkutan umum daripada menyewa mobil sendiri? Hal ini dikarenakan untuk menghindar dari kemacetan yang ada. Apalagi jika ada warga yang ingin melihat-lihat lama dan mengambil banyak foto di jalan, dengan pemandangan belakang bunga sakura, kemacetan semakin mengular.

Penginapan di Kawasan Gunung Alishan

Pasti banyak sekali pertanyaan ketika akan mengulas Alishan yang indah ini. Salah satunya adalah terkait penginapan yang tersedia. Karena tempat yang sejuk ini, pasti terasa sangat nyaman bila terdapat resort ataupun guest house di sekitarnya.

Salah satu Hotel yang ada di Alishan

Nah, setelah dicari dari beberapa sumber informasi, ternyata memang ada penyewaan guest house ataupun resort yang terdapat di sana. Harganya pun lumayan terjangkau, yakni mulai dengan Rp.400.000,00 sampai dengan jutaan rupiah untuk per orangnya, tergantung fasilitas dan kemewahannya.

Demikian ulasan tentang Gunung Alishan, sebagai spot tepat untuk melihat keindahan Sakura di Taiwan.Semoga bisa menjadi referensi bagi Sahabat Silir yang berminat ke. (b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Liburan ke Luar Negeri: Pergi Sendiri atau Dengan Paket Wisata?

Libur akan tiba! Waktunya beristirahat sejenak dari rutinitas selama ini. Mau jalan-jalan di dalam negeri atau luar negeri? Semua terserah keinginan dan...

Uniknya Hotel Berbentuk Gitar di Florida yang Menyedot Perhatian

Dilansir dari Liputan6.com (15/11/2019), sebuah penginapan mewah Seminole Hard Rock Hotel & Casino baru saja resmi dibuka di Florida, Amerika Serikat. Dengan...

Pasar Sentral Kamboja, Asyiknya Belanja Oleh-oleh Khas Kamboja

Pasar tradisional adalah cermin kearifan masyarakat lokal tiap daerah atau negara. Berbelanja di pasar tradisional jelas membuat kita lebih mengenal kebiasaan masyarakat tempat yang kita...

5 Desa Bersejarah di Zhuhai dengan Nuansa Tradisional China yang Kental

Sibuk Liburan - Dunia mengenal Zhuhai sebagai daerah perkotaan yang sangat maju. Bermula dari kota nelayan berpenduduk 100 ribu orang, Zhuhai menjelma menjadi kota...

Membedakan Pelanggan Pria dan Wanita, Restoran di Peru Terancam Denda

Dinner romantis berujung gesekan antara pelanggan dengan pihak restoran di Peru. Hal ini ditengarai akan adanya dugaan tindak chauvinisme yang dilakukan pihak restoran kepada para...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...