Hainan, Mini Wilayahnya Namun Memiliki Berjuta Pesona

China memiliki banyak kota yang menjadi rujukan wisata kelas dunia. Sebut saja seperti Beijing, Xi’an, Shanghai juga Guilin. Namun, di luar kota-kota tersohor tersebut sebenarnya masih ada kota yang tak kalah menawan untuk dikunjungi.

Adalah Hainan yang kaya akan berbagai destinasi  wisata. Meski ukuran wilayahnya kecil, tetapi Hainan menyimpan berjuta pesona. Apa saja itu? Berikut Sibuk Liburan berikan ulasannya.

Sebelum mengulas tentang destinasi atau hal menarik apa saja yang di Hainan, terlebih dahulu mari ‘berkenalan’ lebih dekat dengan wilayah tersebut. Hainan adalah propinsi paling selatan dan paling kecil di China. Luas wilayah ini hanya kurang dari 35  ribu kilo meter persegi, Kepadatan penduduknya pun kurang dari 250 per kilo meter. Penduduknya hanya berjumlah sekitar 8 jutaan jiwa.

BACA JUGA: Hal-Hal Menarik di Nanshan Buddist Culture Park

Untuk bertandang ke tempat ini, dari Indonesia butuh waktu terbang selama 7 jam (dari Jakarta). Pulau tropis yang satu ini menerapkan bebas visa untuk 59 negara, termasuk Indonesia. Tak pelak, kunjungan ke Hainan pun belakangan semakin tinggi. Apalagi pulau mungil ini sangat kaya dengan tempat wisata yang cantik.

Pantai eksotis

Hawai dikenal sebagai juaranya wisata pantai di dunia. Namun, jika Sahabat Silir ingin berwisata pantai ke luar negeri tak perlu pula jauh-jauh ke Hawai. Sahabat Silir bisa berkunjung ke Hainan, China. Di pulau ini, banyak terdapat pantai menarik, seperti Sanya Pay yang masyur dengan pasir putihnya.

Ada pula Pantai Dadonghai yang berbentuk bulan sabit dan merupakan termpat berselancar dan parasailing terbaik. Sahabat Silir juga bisa datang ke Teluk Yalong yang menjadi tempat favorit berenang, menyelam, resor dan juga lapangan golf.

Tak kalah menarik, di dekat Pulau Wuzhizhou juga terdapat spot untuk melihat kedalaman laut hingga 27 meter. Sangat indah!

Pulau yang kaya destinasi wisata non pantai

Sebuah pulau atau kepuluan dan memiliki primadona wisata pantai adalah hal wajar. Namun, sangat menarik jika sebuah kepulauan memiliki wisata non pantai yang sangat beragam. Nah, hal inilah yang terjadi di Hainan. Kepulauan mini di Tiongkok bagian selatan ini memiliki banyak tempat wisata non pantai yang patut Sahabat Silir coba kunjungi.

Di Hainan terdapat desa-desa nelayan yang asyik untuk ditelusuri. Bukan desa nelayan  yang kotor, melainkan desa nelayan yang maju dan bersih. Ada pula Semenanjung Luhuitou yang memiliki taman di puncak bukitnya. Dari tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan panorama Hainan dari ketinggian.

Tak kalah menarik, Taman Kawah Gunung Berapi atau Volcanic Crater Park juga bisa dijumpai. Menariknya, di Hainana Sahabat Silir juga bisa mengintip para kera di Pulau Monyet Nanwan. Pulau ini merupakan satu-satunya pulau di dunia yang diperuntukan bagi kera. Di pulau ini bakal tampak kawanan monyet asyik beraktivitas di habitat aslinya. Tak jauh dari pulau tersebut terdapat Sea Turtles 911 yang merupakan rumah sakit khusus penyu laut.

Keindahan flora pun dapat disaksikan langsung di Xinglong Tropical Botanical Gardens. Kebun raya seluas seluas 400.000 km2 itu merupakan habitat bagi lebih dari 1.200 spesies tanaman, termasuk kopi, lada, cokelat dan durian.

Kuliner yang Nyuz

Kuliner dan piknik tak bisa dipisahkan. Tak lengkap rasanya bukan berpetualang ke suatu tempat tanpa mencicipi kuliner setempat? Nah, di Hainan terdapat beragam kuliner yang siap menggoyang lidah Sahabat Silir. Para Muslim traveler pun tak perlu khawatir, karena ada pula makanan halal yang dijajakan. Beberapa kuliner Hainan yang populer antara lain Wenchang, bebek Jiaji dan Abalone.

Sangat beragam bukan wisata di Hainan. Jadi, kapan Sahabat Silir akan bertandang ke pulau mungil dengan berjuta pesona ini?! (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Kuil Wenwu, Primadona Wisata di Sun Moon Lake

Tak lengkap rasanya bertandang ke Taiwan tanpa mampir ke Sun Moon Lake. Ya, memang danau ini begitu terkenal. Keindahan alamnya memang membuat...

Tujuh Rekomendasi Wahana Terpopuler yang Ada di Shanghai Disneyland

Sibuk Liburan - Mengunjungi Shanghai Disneyland tentu ada banyak agenda yang harus disiapkan untuk menyerbu sejumlah wahana menarik yang ada di dalamnya....

Nyleneh! Pesawat Ini Punya Sayap di Buntut

Sudah  terpatri dalam benak banyak orang di dunia bahwa pesawat memiliki dua sayap di kedua sisinya yang berada di bagian tengah, serta...

Pantai Kusamba Bali dengan Pesona Lautnya yang Menenangkan

Apabila Anda ingin mengunjungi salah satu pantai indah yang masih bersih dan tenang di Bali, Pantai Kusamba di Bali bisa jadi pilihan...

Menyelami Keindahan Samosir di Acara Tahunan Horas Samosir Fiesta 2019

Sibuk Liburan - Danau Toba merupakan salah satu objek wisata memukau yang dimiliki oleh Tanah Batak. Keindahan danau vulkanik tersebut melebur bersamaan...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...