Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Keluarga

Sesuai namanya, liburan keluarga pastinya diikuti oleh seluruh anggota keluarga, bisa jadi keluarga inti saja, atau bahkan keluarga besar.

Liburan keluarga adalah moment berharga.

Oleh karena itu, pastikan Sahabat Silir mempersiapkannya dengan baik agar liburan keluarga berjalan sukses. Kali ini, Sibuk Liburan bakal berbagi hal-hal yang perlu diperhatikan saat liburan keluarga.

1
Pilih destinasi wisata yang tepat untuk liburan keluarga

liburan keluarga

Sesuai namanya, liburan keluarga pastinya diikuti oleh seluruh anggota keluarga, bisa jadi keluarga inti saja, atau bahkan keluarga besar. Dalam kasus piknik bersama keluarga besar, Sahabat Silir sangat perlu memperhatikan peserta tour saat akan menentukan destinasi wisata yang tepat.

Maksudnya adalah Sahabat Silir harus memperhatikan betul peserta atau anggota keluarga yang tergabung dalam tour nantinya ditinjau dari segi usia juga kesehatannya. Hal ini sangat penting agar seluruh anggota keluarga dari berbagai rentang usia dapat dengan enjoy menikmati liburan bersama di destinasi wisata yang sudah dipilih.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Jakarta Terbaik untuk Keluarga dan Anak

Pastikan destinasi wisata tersebut ramah segala usia.  Dengan demikian, tak ada lagi cerita para oma dan opa yang ikut tour terpaksa hanya duduk di mobil atau di pintu masuk arena wisata lantaran keterbatasan kekuatan fisik.

2
Persiapkan Budget Ekstra

Belanja Bebas Bea Cukai
Belanja Bebas Bea Cukai

Sahabat Silir  bisa saja sangat berhemat bahkan sangat ngirit saat melakukan piknik sendiri atau solo traveling. Namun, hal ini sebaiknya tak selalu bisa diterapkan dalam hal liburan keluarga besar.

Pasalnya, peserta tour tak sedikit lagi pula kebutuhannya bermacam-macam. Mempersiapkan segala kebutuhan selama tour memang akan sangat baik.

Meski demikian, menyiapkan budget lebih banyak tetaplah solusi paling jitu untuk mengantisipasi hal-hal buruk. Sebut saja, tiba-tiba ada anggota keluarga yang lupa membawa dompetnya atau bahkan insiden kecopetan dan lain-lain.

3
Pilih Akomodasi dan Transportasi Terbaik

Jet Lag

Solo traveling akan memberikan pengalaman lebih banyak dalam banyak hal pula, termasuk soal akomodasi dan transportasi. Saat bertandang ke suatu daerah, bisa saja Sahabat Silir memilih untuk menginap di tempat penduduk atau menumpang mobil sayur atau truk di jalan yang melintasi destinasi wisata pilihan.

Selain akan irit pengeluaran, cara ini terbukti justru bakal membangun kedekatan emosional anatara traveler dengan lingkungan sosial di sekitar destinasi wisata. Namun,  cara ini tentu kurang tepat jika dipraktekan dalam liburan keluarga. Seyogyanya piknik keluarga menggunakan akomodasi dan transportasi terbaik.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Jambi Terbaik untuk Keluarga dan Anak

Kata ‘terbaik’ tak harus berarti yang ‘termahal’. Sahabat Silir dan keluarga bisa merundingkan sebelumnya untuk menggunakan transportasi yang akan digunakan agar seluruh anggota keluarga merasa nyaman selama perjalanan. Akomodasi atau penginapan yang akan dipilih juga bisa didiskusikan bersama, apakah akan memilih di hotel berbintang atau cukup menyewa home stay.

Dengan demikian, saat tiba di sekitar destinasi wisata tak perlu lagi meributkan penginapan dan semuanya bisa langsung beristirahat sebelum atau sesudah menghabiskan waktu berwisata.

Well, demikian dulu ulasan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Keluarga ala Sibuk Liburan. Happy family traveling! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru