Heboh Fenomena Lubang Raksasa di Maros, Sulawesi Selatan

Lubang tersebut awalnya muncul hanya berdiameter 2 meter, tetapi kemudian sejak (24/12) lubang tersebut telah membesar menjadi 20 meter diameternya.

Jelang akhir tahun 2019, sebuah kehebohan terjadi di Maros, Sulawesi Selatan. Bukan atraksi baru di Taman Nasional Bantimurung, melainkan kehebohan munculnya fenomena lubang raksasa di Desa Lebbo Tengae, Maros, Sulawesi Selatan pada Senin (23/12/2019).

Dikutip dari detikTravel, (25/12/2019), lubang tersebut awalnya muncul hanya berdiameter 2 meter, tetapi kemudian sejak (24/12) lubang tersebut telah membesar menjadi 20 meter diameternya. 

Lubang tersebut pun memiliki kedalaman hingga 50 meter. Proses pembesaran lubang itu tampaknya masih terus berlangsung, mengingat tanah di pinggir masih tampak terkikis dan sedikit demi sedikit masuk ke dalam lubang. Padahal, awalnya lubang itu hanya seperti sumur biasa.

https://sulsel.inews.id/amp/berita/fenomena-lubang-raksasa-di-maros-ahli-itu-sinkhole-karena-pelarutan-bebatuan-tanah

Namun, karena lubang terus membesar, masyarakat sekitar akhirnya melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian. Masyarakat pun diimbau untuk tak terlalu dekat dengan lubang raksasa itu. Bagi masyarakat yang ingin melihat, mereka tidak diperkenankan mendekati lokasi hingga radius 150 meter. 

Warga sekitar menuturkan kemunculan lubang di persawahan itu diawali dengan suara gemuruh disertai dengan asap yang mengepul.  Hingga kabar ini diturunkan, tim geologi dari Universitas Hasanuddin (Unhas) masih belum bisa memastikan penyebab munculnya fenomena lubang berukuran jumbo itu.

Akan tetapi, merujuk pada pengamatan awal, mereka memperkirakan ada sebuah rongga besar di dalam gua yang menyerupai gua. Mereka pun mengimbai warga untuk tak mengaitkan fenomena ini dengan likuifaksi yang ada di Palu, Sulawesi Tengah.

Sebenarnya, fenomena munculnya lubang raksasa semacam ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Sebelum peristiwa di Maros tersebut, pada 2018 lalu di Sukabumi juga terjadi fenomena serupa. Kala itu, tanah di persawahan amblas ke dalam dan membentuk diameter hingga 6 meter.

Demikian halnya dengan amblasnya tanah kawasan karst di Gunung Kidul pada Februari 2018. Disimpulkan kala itu oleh Dosen Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta, Arif Rianto Budi Nugroho bahwa fenomena tersebut umum dijumpai di kawasan Karst.

Sementara itu, di banyak negara di dunia fenomena serupa juga banyak bermunculan. Uniknya, fenomena yang di luar negeri disebut sinkhole atau lubang jatuh itu justru menjadi objek wisata. 

Salah satu lubang raksasa itu ada di Harwood Hole, Selandia Baru. Tak tanggung-tanggung, lubang di Taman Nasional Abel Tasman itu memiliki kedalaman hingga 357 meter. Tempat ini malah menjadi favorit para traveler yang hobi melakukan vertikal caving. 

Tak jauh berbeda, lubang menghebohkan dunia juga ada di Sima de las Cotorras, persisnya di sisi barat Chiapas, Meksiko. Di lubang raksasa ini, traveler maslaah bisa turun ke dasar dan melihat gerombolan burung kakatua hijau yang merupakan satwa endemik.

Lubang raksasa pun dijumpai di The Devil’s Sinkhole, Texas, Amerika Serikat. Berbeda dengan Sima de Cotorras yang menjadi rumah kakatua cantik, lubang raksasa di Texas ini adalah surga bagi para kelelawar. Lubang itu berdiameter 15 meter dengan kedalaman mencapai 42 meter. Traveler ramai mendatangi tempat ini untuk melihat kelelawar munculk dari lubang besar itu. (y)

Tag: Heboh Fenomena Lubang Raksasa di Maros, Sulawesi Selatan, lubang raksasa, fenomena lubang raksasa Maros, Maros, Sulawesi Selatan, Taman Nasional Bantimurung, 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

4 Tempat Wisata Alam Terfavorit di Solo dan Sekitarnya

Bali memang primadona wisata Indonesia. Lombok memang memikat banyak mata datang kepadanya. Namun, Solo tak kalah mempesona. Kondang dari sisi historisnya—lantaran keberadaan...

Punya Destinasi Wisata Lengkap, Banyuwangi Cocok untuk Famtrip

Sibuk Liburan - Anda sedang merencanakan liburan akhir tahun ke tempat dengan destinasi wisata lengkap? Banyuwangi adalah jabawannya. Pasalnya, kabupaten yang berada di ujung...

Lava Tour Merapi: Pilihan Liburan Keluraga di Jogja

Sahabat Silir tengah merencanakan berlibur bersama keluarga dalam waktu dekat di dalam negeri? Apabila iya, artikel ini barangkali bisa menjadi bahan rekomendasi...

Melongok Keindahan Taman Oishi, Surga Wisata Jepang

Jepang identik dengan Gunung Fuji yang selalu menjadi magnet para wisatawan. Nah, di salah satu danau di dekat gunung tersebut (Danau Kawaguchi) ada taman...

Indonesia Resmi Batasi Kunjungan Masuk dan Keluar China

Indonesia resmi membatasi kunjungan masuk dan keluar China. Kebijakan ini dikeluarkan menyusul merebaknya virus corona yang notabene-nya berasal dari Negeri Tirai Bamb.

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...