Hindari Kebiasaan Makan Ini Saat Berkunjung ke 10 Negara Berikut

Sibuk Liburan – Etika makan merupakan salah satu tata cara yang begitu lekat pada masyarakat di wilayah atau negara tertentu. Setiap negara memiliki etika yang berbeda-beda dalam menyantap makanan.

Oleh karena itu, hindari beberapa cara makan berikut saat Sahabat Silir sedang berlibur ke negara tersebut:

Jepang – Salah Cara Menggunakan Sumpit

Memindahkan makanan dari sumpit satu ke sumpit lainnya, menancapkan sumpit secara vertikal di atas nasi, menusuk makanan dengan sumpit, hingga meletakan seluruh sumpit di atas mangkok nasi adalah hal yang tidak pantas. Selain itu, saat ujung pangkal atas sumpit dilarang saling bertemu/bersentuhan apalagi bersilangan.

Mexico – Memakan Taco dengan Alat Makan

tacos

Santaplah makanan yang satu ini dengan tangan kosong. Sahabat Silir bisa dianggap aneh dan bodoh jika menyantap taco menggunakan alat makan.

Italia – Meminta Tambahan Keju

Di Italia meminta tambahan keju dianggap hal yang tidak sopan, terlebih lagi jika makanan yang akan ditambahkan adalah jenis seafood.

Chili – Makan Langsung dengan Tangan

Berkebalikan dengan Indonesia, dimana makan menggunakan tangan langsung adalah hal yang lazim. Sebaliknya di Chili hal tersebut sangat disarankan untuk tidak dilakukan. Peralatan makan seperti sendok, pisau dan garpu harus digunakan meski pada makanan kecil sekalipun.

Inggris – Memasukan Sendok Secara Penuh ke Mulut

Memasukan sendok secara penuh ke dalam mulut dianggap menyalahi manner. Sendok umumnya digunakan untuk hidangan sup dengan cara menyesapnya dari tepi.

Thailand – Menyuap dengan Garpu

Menyuapkan garpu ke dalam mulut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan di Thailand. Garpu hanya berfungsi sebagai pendorong makanan ke dalam sendok. Sementara untuk menyantap mie, orang Thailand menggunakan sumpit.

PerancisMenurunkan Tangan dari Meja

Di Perancis, kedua tangan tetap harus berada di atas meja dan tak boleh diletakan di paha. Hal ini tetap berlaku meski acara bersantap sudah selesai.

Tanzania – Datang Tepat Waktu Saat Jamuan Makan

Tanzania memiliki aturan yang cukup unik dalam jamuan makan. Datang tepat waktu merupakan hal yang tidak sopan. Datang lebih telat dianggap lebih menghormati tuan rumah.

Portugal – Menambahkan Garam Pada Makanan

Menambahkan garam atau bumbu lainnya pada masakan dapat membuat koki atau orang yang memasak tersinggung. Mereka akan mengira menu yang mereka masak kurang enak.

India, Timur Tengah dan Sebagian Negara Afrika – Makan dengan Tangan Kiri

Sama seperti di Indonesia, beberapa negara dengan banyak penduduk Muslim biasanya melarang makan menggunakan tangan kiri karena digunakan untuk rutinitas kotor.

Demikianlah beberapa pantangan yang harus dihindari saat melakukan acara bersantap di sejumlah negara. Terapkan peribahasa “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”. Dengan menghormati budaya lain, Sahabat Silir juga akan mendapat perlakuan yang baik dari penduduk setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru