Resmi Masuk Indonesia, Ikuti Tips Ini Agar Terhindar Virus Corona

COVER: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan konferensi pers terkait virus corona di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

0
358
Virus Corona Indonesia

Beberapa hari yang lalu Indonesia dihebohkan dengan kabar 2 warga yang positif terkena virus corona.

Tak sedikit warga yang memiliki ketakutan berlebihan, barangkali lantaran membandingkan dengan penyebarannya yang demikian massif di negeri asal virus corona, yaitu China.

Apalagi di Jepang dan Korea Selatan yang notabene-nya merupakan tetangga Negeri Tirai Bambu juga dilanda virus corona.

Korea Selatan corona
Foto: Petugan kesehatan Korea Selatan

Namun, masyarakat Indonesia tak sepantasnya memiliki kekhawatiran yang sangat berlebihan. Daripada merasa was-was yang tidak karuan, lebih baik ikuti beberapa tips berikut ini agar terhindar dari corona virus.

Ikuti Tips Ini Agar Terhindar Virus Corona

Menggunakan masker bisa menjadi salah satu langkah pencegahan yang terpenting. Para pakar kesehatan memang menganjurkan orang yag sedang sakit atu masalah pernafasan untuk menggunakan masker.

Apabila sedang flu sekalipun, gunakan masker agar tidak menulari teman atau anggota keluarga yang lain. Langkah mawas diri ini sebenarnya juga bisa berkontribusi besar untuk mencegah penularan virus corona.

Namun, perlu diingat pula jika usai menggunakan masker pastikan membuang masker pada tempatnya.

Jurus lain adalah menggunakan hand sanitizer untuk menjaga tangan agar tetap bersih dan higienis. Cuci tangan dengan sabun memang ‘lebih murah’, tetapi saat bepergian di mana kita tak selalu menemukan air bersih dan sabun, maka menggunakan hand sanitizer akan lebih praktis.

Disebutkan jikan virus corona menular jika seseorang berinteraksi langsung dengan orang yang terpapar tersebut atau memegang barang yang terkontaminasi virus tersebut. Sebut saja seperti handle pintu, pegangan di eskalator atau tangga-tangga di tempat umum dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Oleh karena itu, seusai bepergian setibanya dirumah sebaiknya segera cuci tangan dan ganti pakaian. Tentu saja, pakaian yang usai digunakan segera masuk ke bak atau keranjang penampungan baju kotor. Lebih baiknya lagi jika langsung dicuci.

Langkah ini sebenarnya bukan saja untuk mencegah corona virus, melainkan juga segala jenis penyakit yang diakibatkan kontak langsung.

Tips selanjutnya, jika memang badan dalam kondisi kurang fit, sebaiknya pilihlah untuk beristirahat daripada memaksakan diri bekerja atau beraktivitas. Berkaitan dengan corona virus, harus diketahui bahwa virus ini menyerang kekebalan tubuh.

Artinya orang yang kontak langsung dengan orang yang terkena virus corona bisa jadi tidak tertular jika sistem imunnya bagus. Akan tetapi, jika badan dalam kondisi lemah, tak menutup kemungkinan virus akan segera bersarang.

Oleh karena itu, jaga kondisi badan dan perkuat sistem imun tubuh. Mengkonsumsi makanan sehat dan bervitamin bisa jadi jurus wahid untuk menjaga kekebalan tubuh.

Satu lagi tips yang tak kalah penting, usahakan tidak berkunjung ke daerah atau negara yang memang tengah terpapar virus corona. Ingat, kesehatan lebih penting dari apa pun! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here