Indahnya Pantai-pantai di Tanah Asal Phinisi

Sibuk Liburan – Membicarakan pantai di Kawasan Indonesia Timur memang tak ada habisnya. Pantai dengan pasir putih, pink bahkan hitam sekalipun tetap indah. Warna air lautnya yang biru hingga hijau pirus berpadu dengan birunya langit yang bersih tanpa polusi seolah membuat pengunjungnya tengah berada di sebuah negeri dongeng. Tak mengherankan jika banyak wisata bahari di Indonesia Timur tersohor.

Bukan hanya Bali, Lombok atau Raja Ampat, Sulawesi juga memiliki banyak pantai menakjubkan. Pantai-pantai tersebut diantaranya berada di Bulukumba. Kabupaten yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam dari Kota Makassar ini menyuguhkan panorama pantai yang berbeda dari banyak pantai lainnya. Seperti apa indahnya pantai-pantai di tanah asal perahu Phinisi itu? Berikut Sibuk Liburan hadirkan ulasannya, khusus untuk Sahabat Silir!

Pantai Bira
Pantai Bira

Pantai Bira adalah primadona wisata di Bulukumba. Diantara banyak pantai lainnya, nama Bira memang lebih moncer, tidak saja bagi turis domestik, melainkan juga bagi turis-turis asing. Terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Bira menyuguhkan panorama pantai yang sangat ciamik. Airnya tampak begitu jernih dan biru bersih.

Bibir pantainya tampak molek dengan pantai pasir putih yang menghampar cukup luas. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat tujuan wisata keluarga. Sahabat Silir bisa mengajak buah hati bermain air, pasir atau naik wahana yang tersedia di arena ini, seperti banana boat.

Di pinggir-pinggir pantai pun tersedia tempat banyak warung-warung yang menjajakan aneka jajajan  cemilan, minuman atau bahkan makanan besar. Apabila memiliki banyak waktu berlibur, cobalah menginap di penginapan yang ada di sekitar pantai dan rasakan sensasi syahdunya suasana pesisir kala pagi dan senja tiba. 

Masih dari kawasan Bonto Bahari, terdapat pula pantai yang tak kalah menawan. Namanya adalah pantai Marumasa. Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan spot menarik untuk digunakan berfoto, seperti ayunan, rumah adat, bentuk hati hingga bunga matahari nan cantik.

Nah, satu titik yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi di Bulukumba adalah Tanah Beru. Desa satu ini dikenal sebagai tempat asal Perahu Phinisi. Di tempat inilah para ahli pembuatan perahu tinggal. Dalam bahasa setempat sang ahli itu disebut sebagai Panrita Lopi. Berbeda dengan tukang membuat perahu kebanyakan, Panrita Lopi memiliki kekuatan magis yang berbeda yang diperoleh secara turun menurun.

Saat bertandang ke tempat ini, pastikan Sahabat Silir dan si kecil mengunjungi bibir pantai di mana para pengrajin perahu biasa menggarap perahu-perahu mereka. Ukurannya pun bermacam-macam, dari yang berukuran kecil hingga besar.

Puas bertandang ke Tanah Beru, Sahabat Silir bisa memilih melanjutkan perjalanan ke tempat yang agak menjorok ke dalam menujuk Pantai Lemo-lemo. Jalanan menuju pantai itu sudah cukup baik dan di sepanjang perjalanan akan disuguhkan dengan panorama tanah tandus namun sungguh unik untuk dilihat. Sesampainya di Lemo-lemo, Sahabat Silir akan menjumpai panorama pantai yang menakjubkan. Sembulan batu karang berpadu dengan pasir pantai berwarna putih, birunya air laut dan langit yang bersih sangat menakjubkan.

Di tempat ini terdapat goa yang airnya terasa tawar. Hal ini unik, mengingat lokasinya yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari bibir pantai. Benteng bekas kerajaan tampak sudah mulai rusak-rusak di sudut pantai tersebut. Di dekat masjid juga tampak makam-makam keturunan Raja Lemo-Lemo.

Lemo-lemo sendiri dulu merupakan kerajaan yang masyarakatnya memiliki keahlian membuat perahu Phinisi. Dalam perkembangannya, masyarakat Lemo-lemo kemudian melakukan eksodus ke Tanah Beru, sehingga sekarang tempat ini dikenal sebagai tempatnya para ahli membuat perahu.

Lemo-lemo sendiri dulu merupakan kerajaan yang masyarakatnya memiliki keahlian membuat perahu Phinisi. Dalam perkembangannya, masyarakat Lemo-lemo kemudian melakukan eksodus ke Tanah Beru, sehingga sekarang tempat ini dikenal sebagai tempatnya para ahli membuat perahu.

Seru bukan berwisata keluarga di tanah asal perahu Phinisi?! Tak hanya bisa menyaksikan keindahan alam, tetapi juga melihat Phinisi—warisan adi luhung bangsa yang sudah diakui dunia. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

6 Kuliner yang Wajib Dicoba Selama Berada di Shanghai

Shanghai bisa berbangga sebagai kota di China dengan kuliner terbaik. Makanan di salah satu kota kosmopolitan ini memang unik karena dipengaruhi oleh kota-kota di...

Menyelami Keindahan Samosir di Acara Tahunan Horas Samosir Fiesta 2019

Sibuk Liburan - Danau Toba merupakan salah satu objek wisata memukau yang dimiliki oleh Tanah Batak. Keindahan danau vulkanik tersebut melebur bersamaan...

Mewujudkan Gambaran Imajinasi Melalui Trickeye Museum di Korea Selatan

Ilusi optik merupakan jenis objek gambar yang menarik untuk disaksikan. Saat ini, ada begitu banyak tempat wisata berisi kumpulan mural 2D/3D/4D untuk...

Cuci Mata dan Berbelanja di Central Avenue Harbin

Kota Harbin di China menyimpan keunikannya tersendiri. Ya, kota di propinsi Heilongjiang ini kental dengan nuansa Rusia karena memang pernah menjadi bagian dari Rusia (dulu...

Serunya Belanja Oleh-oleh di Takayama

Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Shirakawago, Jepang pada musim dingin nanti?Apabila jawabannya iya, maka artikel ini...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp