Indonesia Akan Kedatangan Gerhana Matahari Cincin Pada 26 Desember 2019

Menurut informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Gerhana Matahari Cincin akan mulai menampakan diri di beberapa wilayah Indonesia 26 Desember 2019.

Menurut informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), diperkirakan fenomena Gerhana Matahari Cincin akan mulai menampakan diri di beberapa wilayah Indonesia pada 26 Desember 2019 mendatang.

Namun begitu, disebutkan fenomena ini mungkin tidak dapat terlihat dengan jelas di wilayah Jakarta, Bogor, Depok , Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) menurut kutipan kabar dari  CNN Indonesia (16/12/2019).

Gerhana Matahari Cincin

Meski begitu, nyatanya warga yang tinggal di Jabodetabek dipastikan tetap bisa menyaksikan fenomena alam ini menarik ini dimulai dari pukul 10.43 WIB dan diperkirakan akan berakhir pada pukul 14.52 WIB. Hanya saja, pemandangan yang dilihat kemungkinan besar hanya berupa Gerhana Matahari Sebagian saja.

Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin

Meski begitu, warga di wilayah kota Tangerang dapat dipastikan masih bisa menyaksikan gerhana matahari cincin walau hanya dalam bentuk bulan sabit. Hal tersebut dipaparkan oleh Urip Setiyono selaku Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kota Tangerang pada Kompas.com (16/12/2019).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Urip, terdapat 8 wilayah di Provinsi Banten untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian, yaitu diantaranya wilayah Tangerang, Serang, Rangkasbitung, Pandeglang, Cilegon, Ciruas, Tigaraksa dan Ciputat dalam rentang waktu yang berbeda-beda.

BACA JUGA: Jumlah Wisatawan Indonesia ke Singapura Tempati ke-2, Terbanyak Setelah China

Di wilayah Sumatera, penampakan ini dapat disaksikan secara jelas pada beberapa daerah, seperti Sumatera Utara (Sibolga, Padang Sidempuan), Riau (Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, Pulang Rangsang), dan Kepulauan Riau (Batam, Tanjung Pinang).

Sementara itu di Kalimantan, gerhana matahari cincin dapat dilihat di Kalimantan Barat (Singkawang), Kalimantan Utara (Makulit, Tanjung Selor), dan Kalimantan Timur (Berau) seperti informasi yang dikutip melalui Liputan6.com (16/12/2019).

Gerhana matahari cincin sendiri merupakan fenomena alam yang terjadi saat bayangan bulan menutupi bagian tengah matahari, sehingga menyisakan pemandangan cincin api yang bisa dilihat dari bumi. Kondisinya cukup berbeda dengan gerhana matahari total, dimana bayangan bulan benar-benar membuat bayangan matahari tertutup seluruhnya.

Perlu dicatat, semua orang dilarang keras untuk melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. Melihat secara langsung disebutkan bisa membuat kerusakan permanen pada kedua mata.

Pada saat menatap langsung, panas yang terpantul dengan melihat gerhana matahari disebutkan bisa membuat kornea melepuh dan menghanguskan retina. Ditambah retina mata tidak memiliki reseptor rasa sakit, oleh karenanya kerusakan pada mata biasanya baru akan disadari secara terlambat.

BACA JUGA: Festival Wisata dan Budaya Menarik Hingga Akhir 2019 di Indonesia

Sampai saat ini, terdapat beberapa alat bantu lihat gerhana matahari yang bisa dipergunakan untuk menyaksikan fenomena dalam beberapa waktu sekali ini. Beberapa diantaranya adalah kamera pinhole (lubang jarum), kacamata matahari, teleskop, teropong, hingga kamera DSLR.

Oleh karena itu, semua warga di seluruh Tanah Air dihimbau untuk tetap melakukan pengamatan dengan lebih aman. Tak hanya itu, warga juga diharapkan untuk senantiasa tenang dan menjaga kebersihan saat melakukan pengamatan di tempat umum. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Uniknya Hotel Berbentuk Gitar di Florida yang Menyedot Perhatian

Dilansir dari Liputan6.com (15/11/2019), sebuah penginapan mewah Seminole Hard Rock Hotel & Casino baru saja resmi dibuka di Florida, Amerika Serikat. Dengan...

Pantai Cantik di Banyuwangi yang Asyik untuk Dikunjungi

Lama dikenal sebagai kota santet, Banyuwangi dalam beberapa tahun belakangan telah menjelma menjadi kota wisata. Banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi...

Dijamin Bikin Beda, 7 Tips Liburan Unik yang Perlu Dicoba

Waktunya berlibur! Entah pergi ke tempat-tempat unik di dalam negeri atau mancanegara, liburan selalu menyenangkan. Sayangnya, kenyataan kadang berkata lain. Liburan nyatanya tak selalu mulus...

The Entrepreneurs Society Berikan Apresiasi Pada Pengusaha Muda Melalui Community Launch and Award Night

Jakarta, 23 Januari 2020 – The Entrepreneurs Society (TES) yang merupakan sebuah komunitas pengusaha muda kini hadir kembali menjadi bagian untuk memajukan...

Berikut Adalah 5 Alasan Korea Utara Menarik Untuk Dikunjungi

Segala hal yang berbau dengan Korea pastinya selalu diidentikan dengan hal-hal yang berhubungan dengan negara Korea selatan, baik dari segi industri hiburan,...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...